Sukses

Sikap Badan pada Renang Gaya Bebas adalah Telungkup dan Kaki Diayunkan

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki penguasaan benar untuk teknik dan sikap badan pada renang gaya bebas adalah akan mendatangkan manfaat bagi kesehatan. MindLab International mengungkap hasil penelitian tentang manfaat renang, termasuk dengan renang gaya bebas, olahraga renang sangat baik untuk tubuh dan pikiran.

Sikap badan pada renang gaya bebas adalah dilakukan dengan memperhatikan posisi meluncur, gerakan dalam air, dan pernapasan. Inti dari sikap badan pada renang gaya bebas adalah dilakukan dengan badan yang telungkup dan kaki diayunkan. Kaki diayunkan atau menendang dengan gerak naik-turun yang cepat dan padat (tendangan flutter).

Dalam buku berjudul Melesat di Air (2020) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), sikap badan pada renang gaya bebas adalah dilakukan dengan posisi seluruh anggota badan berada dalam satu garis lurus. Kemudian, gerakan lengan berada di permukaan air. Posisi dada menghadap ke permukaan air atau telungkup.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang sikap badan pada renang gaya bebas adalah badan telungkup dan kaki diayunkan, Minggu (25/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Sikap Badan pada Renang Gaya Bebas adalah Badan Telungkup dan Kaki Diayunkan

Memahami sikap badan pada renang gaya bebas adalah penting untuk keberhasilan gerak olahraga ini dilakukan di air. Renang gaya bebas adalah gerakan tercepat dalam olahraga air. Sikap badan pada renang gaya bebas adalah paling mudah dilakukan dan dikuasai.

Dalam buku berjudul Melesat di Air (2020) oleh Kemdikbud, sikap badan pada renang gaya bebas adalah dilakukan dengan posisi seluruh anggota badan berada dalam satu garis lurus. Kemudian, gerakan lengan berada di permukaan air. Posisi dada menghadap ke permukaan air atau telungkup.

Sikap badan pada renang gaya bebas adalah pada intinya dilakukan dengan sikap tubuh telungkup dan gerakan kedua kaki diayunkan dari atas ke bawah secara bergantian. Pada intinya, sikap badan pada renang gaya bebas adalah dilakukan untuk membuat tubuh mampu bergerak dengan cepat di dalam air.

Melansir dari Swimteach, hal-hal yang harus diperhatikan dari sikap badan pada renang gaya bebas adalah dimulai dengan sebagai berikut:

1. Mulailah sikap badan pada renang gaya bebas adalah dengan memperhatikan posisi kepala. Kemudian, pastikan air berada di sekitar garis rambut.

2. Sikap badan pada renang gaya bebas adalah perhatikan tatapan dengan difokuskan untuk melihat ke arah depan dan bawah.

3. Kepala harus tetap diam kecuali untuk mengambil napas. Sikap badan pada renang gaya bebas adalah ini ditujukan untuk menjaga keseimbangan gerakan.

4. Jangan melakukan gerakan kepala berlebihan. Gerakan kepala berlebihan untuk sikap badan pada renang gaya bebas adalah berisiko membuat anggota tubuh lain tidak seimbang dan seluruh gerakannya tidak efisien.

5. Bagian bahu, sikap badan pada renang gaya bebas adalah upayakan bahu tetap berada di permukaan dan bergerak seiring dengan pergerakan lengan.

6. Kemudian bagian pinggul, sikap badan pada renang gaya bebas adalah posisi pinggul harus dipertahankan sejajar dengan permukaan air dan posisi kaki sejajar dengan posisi tubuh.

7. Sikap badan pada renang gaya bebas adalah kombinasi, selaraskan, dan seimbangkan gerak tangan, dan kaki.

8. Menyelaraskan untuk sikap badan pada renang gaya bebas adalah memberikan efisiensi tubuh dan memungkinkan tubuh bergerak dengan lancar dalam air.

3 dari 3 halaman

Sikap Badan pada Renang Gaya Bebas Selanjutnya

Tidak hanya gerakan di dalam air, melakukan renang gaya bebas harus memperhatikan sikap badan pada renang gaya bebas adalah bagian persiapan dan pernapasan. Kemdikbud menjelaskan sikap badan pada renang gaya bebas adalah bagian persiapan atau teknik meluncur sebagai berikut:

1. Sikap badan pada renang gaya bebas adalah bagian meluncur dilakukan dengan berdiri di pinggir kolam dan salah satu kaki menempel pada dinding kolam.

2. Kemudian sikap badan pada renang gaya bebas adalah bagian meluncur, badan dibungkukkan ke depan sejajar dengan permukaan air dan kedua lengan diluruskan.

3. Sikap badan pada renang gaya bebas adalah bagian meluncur, tolakkanlah kaki yang menempel di dinding kolam sekuat-kuatnya dan pertahankanlah agar badan tetap lurus.

4. Pertahankan posisis, sikap badan pada renang gaya bebas adalah bagian meluncur pertahankanlah posisi kaki dan tangan tetap lurus sejajar dengan permukaan air sampai berhenti.

5. Perhatikan baik-baik, sikap badan pada renang gaya bebas adalah usahakan jangan mengambil napas ketika dalam keadaan meluncur.

6. Kemudian sikap badan pada renang gaya bebas adalah bagian meluncur, lakukan berulang-ulang sampai memiliki kecepatan meluncur ke depan.

Selain gerakan dan teknik meluncur, sikap badan pada renang gaya bebas adalah wajib memperhatikan bagian pernapasan di dalam air. Menguasai teknik pernapasan pada renang gaya bebas adalah kunci dari keberhasilan gaya renang ini dilakukan.

Kemdikbud menjelaskan, begini sikap badan pada renang gaya bebas adalah bagian pernapasan:

1. Sikap badan pada renang gaya bebas adalah mulailah dengan mengambil napas dengan memiringkan kepala hingga mulut berada di atas permukaan air.

2. Kemudian sikap badan pada renang gaya bebas adalah posisikan muka atau wajah kembali menghadap ke dalam air untuk mengembuskan napas.

3. Perhatikan baik-baik, sikap badan pada renang gaya bebas adalah mengambil napas hanya boleh dilakukan dengan memiringkan kepala ke satu arah, kanan atau kiri saja.

4. Terakhir dari sikap badan pada renang gaya bebas adalah gerakan mengambil napas dalam renang gaya bebas dilakukan bersamaan ketika tangan mendayung.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.