Sukses

8 Cara Mengobati Sakit Pinggang Secara Alami, Efektif dan Mudah Dicoba

Liputan6.com, Jakarta Cara mengobati sakit pinggang secara alami dapat dilakukan sendiri di rumah. Sakit pinggang yang disebabkan karena terlalu lama duduk maupun aktivitas berat dapat mengganggu kegiatan sehari-hari.

Cara mengobati sakit pinggang perlu untuk diketahui sebagai pengobatan awal supaya tidak bertambah parah. Sakit pinggang adalah sebuah kondisi kesehatan yang bisa terjadi pada siapa saja. Namun, biasanya sering dialami oleh orang dewasa dan lansia.

Salah satu cara mengobati sakit pinggang secara alami dapat dilakukan dengan mengubah beberapa kebiasaan harian. Hal ini bisa dimulai dari posisi tidur maupun posisi duduk ketika sedang bekerja.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara mengobati sakit pinggang secara alami yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (26/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Penyebab Sakit Pinggang

Sebelum mengetahui cara mengobati sakit pinggang, penting mengetahui penyebabnya. Dikutip dari Healthline, terdapat beberapa penyebab sakit pinggang yang wajib anda ketahui adalah sebagai berikut:

1. Otot tegang

Otot yang tegang sering menyebabkan sakit pinggang. Ketegangan biasanya terjadi dengan pengangkatan benda berat yang salah dan gerakan yang tiba-tiba. Ketegangan juga bisa diakibatkan oleh aktivitas yang berlebihan. Contohnya adalah rasa pegal dan kaku yang terjadi setelah beberapa jam bekerja di halaman atau berolahraga.

2. Radang sendi

Osteoartritis tulang belakang juga merupakan penyebab potensial nyeri pinggang. Hal ini juga disebabkan oleh kerusakan dan penurunan tulang rawan sendi di punggung bawah Anda. Seiring waktu, kondisi ini dapat menyebabkan penyempitan tulang belakang, atau stenosis tulang belakang.

3. Osteoporosis

Hilangnya kepadatan tulang dan penipisan tulang, yang disebut osteoporosis, dapat menyebabkan patah tulang kecil di tulang belakang Anda. Fraktur ini dapat menyebabkan rasa sakit pada pinggang yang serius dan disebut sebagai fraktur kompresi.

3 dari 6 halaman

Cara Mengobati Sakit Pinggang Secara Alami

1. Letakkan Bantal di Bawah Lutut

Cara mengobati sakit pinggang yang pertama adalah dengan meletakkan bantal di bawah lutut saat Anda tidur. Tidur dalam posisi telentang memberikan tekanan pada tulang belakang. Sehingga, dengan mengangkat kaki pada saat tidur akan membantu mengurangi sedikit tekanan yang terjadi di punggung saat Anda tidur. Caranya adalah dengan meletakkan bantal di bawah lutut pada saat Anda tidur dalam posisi telentang.

2. Tingkatkan Asupan Kalsium dan Vitamin D

Cara mengobati sakit pinggang yang berikutnya adalah dengan meniingkatkan asupan kalsium dan vitamin D harian. Tulang yang kuat dapat membantu mencegah timbulnya osteoporosis. Osteoporosis salah satu penyebab paling umum dari sakit pinggang di kemudian hari, terutama bagi wanita. Untuk itu, jaga selalu kondisi tulang belakang agar tetap kuat dengan mengonsumsi banyak kalsium dan vitamin D.

Kalsium bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan seperti susu, yogurt, sayuran berdaun hijau, dan suplemen vitamin. Sementara, vitamin D bisa didapatkan pada ikan berlemak, kuning telur, hati sapi dan keju.

4 dari 6 halaman

Cara Mengobati Sakit Pinggang Secara Alami

3. Stretching

Cara mengobtai sakit pinggang yang berikutnya adalah dengan melakukan stretching atau peregangan. Berdiri, duduk, atau berbaring di satu tempat untuk waktu yang lama tentu tidak sehat untuk kondisi punggung dan pinggang. Anda bisa menghilangkan ketegangan tersebut dengan bangun, berjalan-jalan, dan melakukan beberapa gerakan stretching atau peregangan sederhana. Hal ini akan membantu meningkatkan sirkulasi ke pinggang dan juga dapat meredakan ketegangan atau nyeri yang terjadi karena kondisi tubuh yang tidak aktif saat bekerja di depan komputer.

4. Kompres dengan Es

Cara mengobati sakit pinggang yang lainnya adalah dengan mengkompres bagian yang sakit menggunakan es. Bungkuslah es dengan handuk lalu kompreslah bagian yang sakit selama kurang lebih 20 menit, kemudian ulangilah setiap 2 sampai 3 jam sekali. Biasanya, es paling baik jika punggung Anda terganggu akibat pembengkakan atau peradangan.

5 dari 6 halaman

Cara Mengobati Sakit Pinggang Secara Alami

5. Kompres Hangat

Setelah itu ganti kompres dingin dengan kompres hangat setelah 2–3 hari. Kompres air hangat berguna untuk mengurangi peradangan, meningkatkan aliran darah, dan melemaskan otot. Lakukan kompres dengan air hangat selama 20–30 menit, tiap 2 atau 3 jam.

6. Kurangi Barang Bawaan

Cara mengobati sakit pinggang yang lainnya adalah dengan mengurangi beban barang-barang yang dibawa setiap harinya. Mengangkat barang dengan cara yang tidak benar atau yang memiliki berat berlebih adalah penyebab umum sakit pinggang. Hal ini tidak hanya terjadi pada Anda yang mengangkat beban berat saat bekerja. Membawa tas laptop besar, koper, kamera, atau barang belanjaan juga bisa membuat punggung tegang.

Bila memungkinkan, kurangi beban yang dibawa atau distribusikan beban secara merata ke kedua sisi tubuh. Anda juga bisa memindahkan beban yang dibawa dari bahu ke bahu. Pertimbangkan juga untuk menggunakan keranjang atau tas dengan roda untuk beban yang lebih berat seperti tas belanjaan dari supermarket.

6 dari 6 halaman

Cara Mengobati Sakit Pinggang Secara Alami

7. Terus Bergerak

Cara mengobati sakit pinggang yang bisa dilakukan secara alami dan aman adalah menggerakan otot tubuh. Cobalah untuk mengikuti tingkat aktivitas dan gerakan harian seperti yang biasa Anda lakukan, bisa berupa jalan cepat selama 30 menit maupun melakukan olahraga dan peregangan singkat. Sebab ketika Anda tidak melakukan aktivitas, hal ini dapat memungkinkan otot-otot di sekitar tulang belakang dan pinggang menjadi lemah dan menyebabkan rasa sakit jangka panjang.

8. Menggunakan Minyak Essensial

Cara mengobati sakit pinggang secara alami yang berikutnya adalah dengan menggunakan minyak essensial. Dalam studi kasus, menunjukkan bahwa minyak essensial atau salep yang terbuat dari capsaicin dapat membantu mengurangi rasa sakit pada pinggang. Capsaicin adalah bahan alami dari paprika yang membuatnya panas. Bahan-bahan ini dapat menurunkan kepekaan saraf di daerah yang terkena dan mengurangi rasa sakit yang Anda rasakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.