Sukses

10 Cara Mengatasi Flu dengan Cepat dan Alami, Kurangi Peradangannya

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi flu dengan cepat perlu untuk diketahui. Flu atau yang biasanya disebut sebagai influenza adalah infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Pada umumnya, penderita flu akan mengalami demam, sakit kepala, pilek, hidung tersumbat, hingga batuk.

Flu dapat menyerang siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Meskipun begitu, flu dapat sembuh dengan sendirinya. Namun dalam beberapa kasus, flu membutuhkan perawatan medis secara khusus. Untuk itu, perlu memahami cara mengatasi flu dengan cepat.

Cara mengatasi flu dapat dilakukan sendiri di rumah. Selain itu, anda juga dapat mencegah terjadinya flu dengan menjaga pola hidup sehat dan kebersihan. Kebiasaan ini jika diterapkan, akan dapat membantu penyembuhan dengan cepat.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara mengatasi flu dengan cepat yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (27/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Gejala Flu

Sebelum mengetahui cara mengatasi flu, penting mengenali penyakit ini. Flu adalah infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus (kuman). Influenza paling sering terjadi selama musim dingin dan mudah menyebar dari orang ke orang. Kebanyakan orang yang terkena influenza merasa sakit selama satu atau dua minggu dan sembuh. Pada beberapa orang, flu menyebabkan infeksi paru-paru yang lebih serius atau memperburuk kondisi yang mendasarinya, seperti gagal jantung atau emfisema.

Dikutip dari Mayo Clinic, berikut ini terdapat beberapa gejala flu yang dapat anda kenali yaitu:

1. Demam

2. Otot sakit

3. Kedinginan dan keringat

4. Sakit kepala

5. Batuk kering dan terus-menerus

6. Sesak napas

7. Kelelahan dan kelemahan

8. Hidung berair atau tersumbat

9. Sakit tenggorokan

10. Sakit mata

11. Muntah dan diare, tetapi gejala ini lebih sering terjadi pada anak-anak daripada orang dewasa

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Flu dengan Cepat

1. Banyak minum air

Cara mengatasi flu dengan cepat adalah banyak minum air. Ketika gejala flu mulai muncul, maka sebaiknya anda segera minum lebih banyak air. Dengan begitu, anda akan terhindar dari gejala dehidrasi seperti hidung tersumbat maupun sakit tenggorokan.

2. Berkumur menggunakan air garam

Salah satu cara mengatasi flu yang selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi air hangat yang telah ditambahkan setengah sendok teh garam dapur. Apabila tidak suka mengkonsumsi air mineral dengan garam dapur, maka aanda bisa berkumur-kumur dengan menggunakan air garam. Hal ini karena air garam mampu menarik keluar kelebihan air pada jaringan tenggorokan, membersihkan lendir, mengurangi peradangan serta meringankan iritasi pada tenggorokan.

3. Istirahat

Pada faktanya, tubuh tidak akan mampu melawan virus dengan baik apabila tubuh tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Setelah gejala flu muncul, sebaiknya anda segera beristirahat. Meskipun akan sulit untuk tidur nyenyak, tetapi istirahat yang cukup akan membantu meredakan gejala flu. Jika ingin tidur lebih nyenyak ketika mengalami flu, anda bisa mandi dengan air hangat lebih dulu.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Flu dengan Cepat

4. Memenuhi kebutuhan gizi dengan baik

Cara mengatasi flu dengan cepat berikutnya adalah dengan memenuhi kebutuhan gizi dengan baik. Pola makan yang sehat akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, anda perlu memenuhi kebutuhan gizi yang mencakup protein dan nutrisi lainnya.

Kandungan protein bisa didapatkan dengan mengkonsumsi ikan, kacang-kacangan, gandum, beras merah, daging tanpa lemak dan sebagainya. Selain itu, anda juga bisa mengkonsumsi sayuran yang berwarna, sebab sayuran berwarna kaya akan antioksidan.

5. Melakukan latihan fisik ringan

Cara mengatasi flu yang lainnya yaitu dengan melakukan latihan fisik ringan. Meskipun saat sakit flu badan akan terasa lemas dan lelah, namun tak seharusnya anda bermalas-malasan. Latihan fisik ringan pun diperlukan oleh tubuh karena akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Mandi air hangat

Cara mengatasi flu dengan cepat yang selanjutnya adalah dengan mandi air hangat beberapa kali sehari atau cukup nyalakan shower dan duduk di kamar mandi selama beberapa menit sambil menghirup uapnya. Cara lainnya adalah dengan menggunakan alat penguap uap (vaporizer) atau pelembab udara (humidifier). Bersihkan alat tersebut sesering mungkin untuk memastikan bebas dari jamur dan lumut.

7. Campuran madu, jahe, lemon

Selain itu, campuran madu, jahe dan lemon juga dapat menjadi salah satu cara mengatasi flu. Jahe dapat menghilangkan racun yang berlebihan dan membantu tubuh untuk pulih dengan baik. Sementara, madu memiliki sifat antibakteri yang luar biasa.

Caranya, anda dapat mengambil satu sendok makan jahe segar parut dan letakkan dalam mangkuk air panas mendidih. Biarkan selama lima menit. Saring air menjadi secangkir air jahe hangat. Tambahkan satu sendok makan perasan lemon segar dan satu sendok makan madu.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Flu dengan Cepat

8. Hirup uap air panas

Cara mengatasi flu dengan cepat yang berikutnya adalah dengan menghirup uap air panas. Caranya yaitu dengan didihkan sepanci air dan angkat dari api. Lalu tutup kepala dengan handuk kecil agar uap menyeba dengan baik di sekitar hidung Anda dan tarik napas dalam-dalam melalui hidung selama 30 detik. Ketika melakukan cara ini, pastikan Anda untuk tidak menghirup uap yang terlalu panas. Uap yang terlalu panas dapat membuat lapisan rongga hidung terbakar.

Saat ingin melakukannya, Anda disarankan untuk menambahkan satu atau dua tetes minyak peppermint atau eycaliptus ke dalam air sebagai daya penghilang lendir ekstra. Ulangi cara-cara ini sesering yang diperlukan untuk mengurangi hidung tersumbat akibat flu. Tapi perlu diperhatikan, cara mengatasi flu dengan cara menghidup uap hangat ini tidak dianjurkan dilakukan oleh anak-anak demi keamanan.

9. Sup ayam

Semangkuk sup ayam akan membuat flu lebih cepat sembuh. Selain menghangatkan, kandungan gizinya baik untuk kesehatan. Sup ayam kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Walaupun sudah teruji, andaa tetap harus memperhatikan jumlah konsumsi bahan alami tersebut dalam batas wajar. Jika dalam 2 atau 3 hari mengonsumsi bahan-bahan tersebut flu dan batuk belum kunjung reda, segera periksakan kondisi anda ke dokter.

10. Teh herbal

Teh herbal seperti jahe, chamomile, dan lemon juga bisa menjadi cara mengatasi flu dengan cepat. Bahan-bahan ini dikenal sangat baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Jahe telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional China untuk menghilangkan sumbatan sistem pernapasan dan menghilangkan penyebab sakit dan nyeri.

Chamomile juga sangat bagus bagi kesehatan karena memiliki sifat antivirus dan antibakteri. Selain itu, menghirup aroma teh chamomile punya efek menenangkan. Sedangkan lemon sendiri mengandung vitamin C yang berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.