Sukses

15 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Lakukan di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi hidung tersumbat bisa dilakukan ketika pilek atau alergi. Hidung tersumbat terjadi ketika peradangan mempengaruhi pembuluh darah di dalam hidung, dan jaringan hidung membengkak. Ada banyak cara mengatasi hidung tersumbat. 

Pilek, alergi, infeksi sinus, dan flu adalah penyebab umum penyumbatan hidung. Apapun penyebabnya, selalu ada cara mengatasi hidung tersumbat. Dengan cara mengatasi hidung tersumbat, ketidaknyamanan bisa diredakan. Cara mengatasi hidung tersumbat bisa dilakukan dengan menggunakan uap, hidrasi tubuh, sampai mengubah posisi tidur.

Cara mengatasi hidung tersumbat ini bisa dilakukan di rumah. Berikut cara mengatasi hidung tersumbat, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(28/6/2022).

2 dari 6 halaman

Cara mengatasi hidung tersumbat

Menghirup uap

Menghirup uap bisa membantu mengatasi hidung tersumbat. Uap bisa didapat dengan menaruh air panas di mangkuk biasa lalu wajah didekatkan pada mangkuk. Air bisa diberi tambahan minyak chamomile atau peppermint. Kehangatan dan kelembapan dapat menenangkan selaput di dalam hidung, memberikan kelegaan sementara.

Kompres hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat selanjutnya adalah menggunakan kompres hangat. Menerapkan kompres hangat dapat membantu meringankan rasa sakit akibat hidung tersumbat dan meningkatkan sirkulasi di sinus. Rendam kain lap dalam air yang hangat tapi tidak panas. Peras dan tempelkan pada hidung atau dahi.

Mandi air hangat

Uap dari air hangat membantu mengencerkan lendir di hidung dan mengurangi peradangan. Mandi air hangat dapat membantu pernapasan kembali normal, setidaknya untuk sementara waktu. Cara mengatasi hidung tersumbat ini intinya sama dengan menghirup uap.

3 dari 6 halaman

Cara mengatasi hidung tersumbat

Hidrasi

Minum cukup air membantu mengurangi hidung tersumbat. Mempertahankan tingkat hidrasi yang optimal dapat membantu mengencerkan lendir di saluran hidung. Cara mengatasi hidung tersumbat ini bisa mendorong cairan keluar dari hidung dan mengurangi tekanan di sinus. Lebih sedikit tekanan berarti lebih sedikit peradangan dan iritasi.

Teh Peppermint

Peppermint mengandung mentol yang bertindak sebagai dekongestan. Ini karena sifat anti-inflamasinya dan membantu meredakan gejala hidung tersumbat

Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba. Ini menjadikannya pilihan terbaik untuk mengobati hidung tersumbat. Jahe membantu mengurangi pembengkakan hidung dan melawan mikroba penyebab flu.

4 dari 6 halaman

Cara mengatasi hidung tersumbat

Hindari makanan pemicu lendir

Hindari makanan yang bisa membentuk lendir seperti gula, gluten, dan produk susu. Lakukan percobaan satu minggu hingga 10 hari menghindari makanan ini dan lihat perubahannya.

Ubah posisi tidur

Hidung tersumbat sering terasa lebih buruk di malam hari. Salah satu alasan utamanya adalah saat berbaring telentang, gravitasi menyebabkan lendir menggenang atau kembali ke atas alih-alih mengalir. Untuk mengatasi masalah ini, letakkan satu atau dua bantal tambahan di bawah kepala. Untuk mengencerkan lendir dan mendorongnya untuk mengalir, jalankan humidifier di samping tempat tidur.

Humidifier

Menggunakan humidifier atau cold mist humidifier adalah cara mengatasi hidung tersumbat yang sederhana dan efektif. Menghirup udara lembap membantu menenangkan jaringan hidung yang teriritasi, mengurangi peradangan sinus, dan mengencerkan lendir. Mesin kabut hangat dan kabut dingin sama efektifnya untuk meningkatkan tingkat kelembapan dan mengurangi kemacetan.

5 dari 6 halaman

Cara mengatasi hidung tersumbat

Beri tekanan pada hidung

Cara mengatasi hidung tersumbat selanjutnya adalah dengan menerapkan tekanan ringan ke batang hidung dengan ibu jari dan jari telunjuk dengan lembut memijat sinus dengan jari. Ini juga dapat membantu mencegah hidung tersumbat.

Minyak kayu putih

Minyak kayu putih berasal dari daun pohon kayu putih. Menghirup kayu putih secara langsung atau atau melalui diffuser dapat membantu mengurangi gejala hidung.

Antihistamin

Terkadang, reaksi alergi menyebabkan hidung tersumbat. Obat alergi sering mengandung antihistamin bisa menghalangi reaksi ini. Sebuah tinjauan Cochrane 2015 menyimpulkan bahwa antihistamin dapat membantu mengelola keparahan gejala pada orang dewasa dengan flu biasa pada hari pertama atau kedua penyakit.

 

6 dari 6 halaman

Cara mengatasi hidung tersumbat

Dekongestan

Mengonsumsi dekongestan merupakan cara mengatasi hidung tersumbat yang terbaik. Dekongestan menyebabkan pembuluh darah kecil di hidung menyempit. Ini mengurangi pembengkakan di lapisan hidung dan mengurangi rasa tersumbat. Obat dekongestan dapat membantu mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit yang terkait dengan saluran hidung yang teriritasi. Banyak dekongestan tersedia tanpa resep dokter.

Semprotan saline

Menggunakan semprotan saline dapat membantu mengurangi peradangan jaringan di hidung dan mengurangi hidung tersumbat. Uji coba 2016 yang sama yang melihat efektivitas inhalasi uap juga melihat dampak irigasi hidung. Para penulis menyimpulkan bahwa irigasi hidung dengan semprotan garam tampaknya memiliki beberapa manfaat bagi orang-orang dengan hidung tersumbat akibat sinusitis kronis.

Neti pot

Membilas saluran hidung menggunakan alat seperti neti pot dapat membantu melonggarkan lendir yang kental dan menghilangkan iritasi, alergen, dan kuman. Menurut Food and Drug Administratino (FDA), neti pot aman digunakan selama mengisinya dengan air steril atau air suling. Jangan pernah menggunakan air keran kecuali telah merebus dan mendinginkannya.