Sukses

Vibes Adalah Suasana Perasaan Seseorang, Pahami Makna dan Penggunaannya

Liputan6.com, Jakarta Vibes adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan suasana perasaan seseorang. Penggunaan istilah vibes menjadi populer karena sering dipakai sebagai bahasa gaul dan banyak ditemui di media sosial.

Vibes adalah sesuatu karakter, perasaan atau suasana hati suatu tempat atau situasi. Definisi lain, vibes adalah menggambarkan karakter tempat yang menarik, seru, menyasyikkan, maupun menyenangkan.

Meskipun istilah ini populer, tak sedikit pula yang belum mengetahui arti vibes. Padahal apabila penggunaannya kurang tepat, maka kalimat yang diucapkan menjadi salah makna dan rancu. Untuk itu, anda perlu mengetahui apa itu vibes.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai pengertian vibes beserta contoh penggunaan dan istilah gaul dalam bahasa inggris lainnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (29/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Arti dan Makna Vibes

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, arti vibes adalah berhubungan dengan suasana perasaan yang bersifat imajinatif dalam naskah drama yang diciptakan oleh pengarangnya.

Sedangkan mengutip dari Cambridge University Press, vibes adalah karakter, perasaan, atau suasana hati suatu tempat atau situasi. “Ini adalah kata-kata yang menggambarkan karakter, perasaan, atau suasana hati suatu tempat atau situasi,” dijelaskan.

Kata vibes sendiri berasal dari bahasa Inggris yaitu vibe yang memiliki arti atmosfer. Kata ini termasuk dalam jenis noun atau kata benda yang jika diterjemahkan secara langsung memiliki makna getaran atau atmosfer. Penggunaan kata vibes merujuk pada penggambaran suasana, objek atau sesuatu. Dengan begitu, makna vibes adalah suasana perasaan seseorang terhadap situasi yang sedang dihadapinya. 

3 dari 4 halaman

Contoh Penggunaan Kata Vibes

Vibes adalah istilah yang sering digunakan dalam bahasa gaul. Berikut contohnya:

1. Jadilah jiwa yang indah sehingga orang-orang mendambakan good vibes-mu.

2. "Hiduplah sehingga ketika anak-anakmu memikirkan keadilan, kepedulian, dan integritas, mereka memikirkanmu." - H. Jackson Brown, Jr

3. "Kebahagiaan bukanlah sesuatu yang sudah jadi. Itu berasal dari tindakanmu sendiri." - Dalai Lama

4. "Ketika kebahagiaan orang lain adalah kebahagiaanmu, itulah cinta." - Lana Del Rey

5. Percayalah pada getaran yang kamu dapatkan, energi tidak berbohong.

6. He feels that, by not telling his father about it, he was partly responsible, and has always paid attention to his vibes since then.

Artinya: Dia merasa bahwa, dengan tidak memberi tahu ayahnya tentang hal itu, dia ikut bertanggung jawab, dan selalu memperhatikan perasaannya sejak saat itu.

7. A majority of their instruments (vibes, glockenspiel, organ, violin, viola) are primarily used in classical music, and in some instances jazz.

Artinya: Mayoritas instrumen mereka (getaran, glockenspiel, organ, biola, biola) terutama digunakan dalam musik klasik, dan dalam beberapa kasus jazz.

8. Full of aggressive, dirty and equally tender vibes and melodies, with immersive textures that give each composition a different kind of depth and character.

Artinya: Penuh dengan getaran dan melodi yang agresif, kotor, dan sama lembutnya, dengan tekstur imersif yang memberikan setiap komposisi jenis kedalaman dan karakter yang berbeda.

9. Me and her were just vibing off that, and thought it would be really fun to do something just really simple.

Artinya: Saya dan dia baru saja menyadarinya, dan berpikir akan sangat menyenangkan untuk melakukan sesuatu yang sangat sederhana.

10. She also formed and managed her first group, consisting of organ, guitar, vibes and drums.

Artinya: Dia juga membentuk dan mengelola grup pertamanya, yang terdiri dari organ, gitar, getaran dan drum.

4 dari 4 halaman

Istilah Gaul dalam Bahasa Inggris Lainnya

1. Ghosting. Arti ghosting dalam bahasa gaul adalah menghilang secara tiba-tiba tanpa kontak sama sekali.

2. Down to earth. Menggambarkan sifat sederhana dan apa adanya.

3. Hang out. Artinya menghabiskan waktu bersama teman seperti jalan-jalan atau berlibur

4. Blow Me. Artinya ‘buat aku terkesan’

5. Feeling so blue. Menggambarkan rasa sedih atau sedang dalam kesedihan.

6. Creep/creepy. Menggambarkan orang yang aneh atau menyebalkan. Contoh “that man is such a creep, don’t be around him” artinya “orang itu sangat aneh, jangan dekat-dekat dia”

7. Crush on. Menyatakan naksir atau menggemari contoh: “I got crush on that boy” artinya “aku naksir cowok itu”

8. For real?. Menyatakan atau lebih tepatnya menanyakan kebenaran akan suatu hal. Contoh: ”you just moved there? For real?” artinya "kamu pindah ke tempat itu? Yang benar saja”

9. Hella. Menyatakan ‘sangat’ contoh “wow! She’s hella beautiful” artinya wow dia sangat cantik!

10. Bae. Bae memiliki arti mirip dengan baby artinya adalah kekasih, kesayangan atau belahan jiwa.

11. Savage. Istilah ini sudah kerap ditemu di berbagai kesempatan. Savage berati berani atau nekat tidak peduli dengan konsekuensi yang akan didapat.

12. Triggered. Artinya terpicu, terpancing atau menjadi marah.

13. Puppy love. Dalam bahasa Indonesia puppy love diartikan sebagai cinta monyet

14. Simp. Simp artinya sesorang yang melakukan terlalu banyak usaha untuk orang yang mereka sukai. Atau jika disederhanakan, tergila-gila. 

15. High-key dan Low-key. Low-key artinya dengan tenang atau rahasia. Kamu mungkin sering mendengar kalimat, "Keep it low-key" (Jaga ini sebagai rahasia). Sementara itu, high-key kebalikannya. "I high-key want to be there right now," (Aku sangat ingin berada di sana sekarang).

16. Hypebeast. Hypebeast digunakan untuk menggambarkan seseorang yang terlalu peduli pada hal-hal yang populer. 

Vibes adalah kata yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Jadi penting untuk memahami arti dan penggunaannya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.