Sukses

Volunteer adalah Orang yang Melakukan Sesuatu dengan Sukarela, Kenali Ciri-Cirinya

Liputan6.com, Jakarta Volunteer adalah istilah bahasa Inggris yang sudah dipahami kebanyakan orang Indonesia. Penggunaan kata volunteer sudah umum digunakan, sehingga kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan maknanya.

Volunteer adalah bahasa Inggris untuk relawan atau sukarelawan dalam bahasa Indonesia. Volunteer berkaitan dengan orang-orang yang melakukan sesuatu tidak karena diwajibkan atau dipaksakan.  Menjadi seorang relawan atau volunteer bisa dijadikan pilihan alternatif untuk mengisi waktu luang saat liburan semester atau setelah lulus kuliah.

Sukarelawan atau volunteer adalah orang yang ikut kegiatan sukarela. Banyak sukarelawan dilatih secara khusus di bidang pekerjaan mereka seperti dalam bidang medis, pendidikan, atau penyelamatan darurat (rescue). Ada juga sukarelawan yang melayani pada saat dibutuhkan saja, seperti jika terjadi bencana alam.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (29/9/2022) tentang volunteer.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Volunteer adalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sukarelawan atau volunteer adalah orang yang melakukan sesuatu dengan sukarela (tidak karena diwajibkan atau dipaksakan). Volunteer adalah individu yang mengambil peran atau melakukan kegiatan tertentu atas motif suka dan rela. 

Menurut kamus Oxford, volunteer adalah bekerja tanpa melibatkan transaksi uang. Jadi, secara bahasa, volunteer adalah orang yang bekerja sukarela membantu dalam pelayanan atau organisasi tertentu tanpa menginginkan atau melibatkan uang sebagai imbalan atas kerjanya.

Seseorang yang disebut sebagai sukarelawan atau volunteer adalah seseorang yang telah menyediakan waktunya tanpa dibayar, untuk melakukan sesuatu yang dapat berkontribusi positif bagi lingkungan, orang lain, atau suatu kelompok, yang notabene bukan semata orang terdekat sang relawan saja.

Ini berarti hal yang mendorong kerja volunteer adalah bukan kedekatan batin dengan pihak penerima bantuannya saja, tetapi ada motivasi lain yang mendorongnya, dan itu bukanlah uang. Memang benar ada beberapa organisasi yang memberikan sejumlah uang untuk para sukarelawan, tetapi biasanya sekedar untuk menutupi biaya akomodasi yang telah dikeluarkan relawan atau berupa sistem reimbursement. Akan tetapi, perlu diingat juga ada atau tidak adanya uang untuk aktivitas kerelawanannya itu tidak akan sama sekali memengaruhi kerja seoang sukarelawan.

Ketika seorang individu melakukan kegiatan volunteer maka individu tersebut akan merasa bahwa hidupnya memiliki makna. Ada banyak peluang untuk menjadi relawan di berbagai bidang mulai dari lingkungan, kemanusiaan, sosial, kesehatan, hingga pendidikan. Agar lebih mudah dan senang dalam menjalaninya, kamu bisa memilih jadi volunteer di bidang yang kamu sukai.

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Volunteer

Sukarelawan atau volunteer adalah seseorang atau sekelompok orang yang menolong, melibatkan komitmen untuk membantu individu, keluarga, atau masyarakat dalam memecahkan permasalahan sosial tanpa mengharapkan keuntungan. Kegiatan volunteer dapat berupa kegiatan yang sifatnya melayani, berkontribusi, dan bermanfaat untuk orang lain. Aktivitas volunteering bisa dimaknai sebagai kegiatan di mana seseorang memberikan waktunya secara sukarela untuk memberikan manfaat kepada orang lain.

Perilaku volunteer secara awam dikenal sebagai perilaku menolong seseorang yang sudah menjadi nilai-nilai yang diterapkan dalam hidup berbangsa dan beragama di Indonesia, disebut dengan budaya gotong royong. Perilaku volunteer ini juga memiliki pengaruh terhadap diri seseorang.

Mengutip pmisumut.or.id, ciri-ciri volunteer adalah sebagai berikut:

- Melakukan sesuatu hal dengan sukarela

- Mengorbankan waktu dan tenaga

- Aktivitas tersebut memberikan keuntungan positif bagi lingkungan atau organisasi yang dibantunya

- Tidak atas dasar motivasi atau mengharapkan imbalan uang.

4 dari 4 halaman

Manfaat Mengikuti Kegiatan Volunteer bagi Mahasiswa

Melansir laman undip.id, manfaat kegiatan volunteer adalah sebagai berikut:

Melatih Komunikasi

Manfaat mengikuti kegiatan volunteer yang pertama yaitu dapat melatih skill komunikasi kamu. Saat menjadi volunteer, kamu akan berhadapan dan bertemu dengan banyak orang. Hal ini membuat kemampuan komunikasimu akan diasah supaya bisa berinteraksi dengan baik dan lancar dengan orang-orang tersebut.

Memperluas Jaringan

Volunteer adalah waktu yang tepat untuk membangun dan memperluas jaringan. Pada kegiatan volunteer ini kamu akan bertemu banyak kenalan baru di luar kampus. Kamu bisa meminta kontak mereka, siapa tahu akan berguna saat kamu mencari kerja nanti.

Memperkaya CV

Bukan cuma pengalaman kerja dan pengalaman organisasi saja yang bisa memperkaya isi curriculum vitae (CV) kamu, volunteer juga bisa kamu cantumkan sebagai pengalaman yang bernilai di CV. Hal tersebut bisa menjadi nilai tambahmu, karena pengalaman menjadi volunteer memperlihatkan bahwa kamu sosok yang pernah mengambil peran nyata di masyarakat. Hal ini menjadi nilai tambah yang membuat kamu bisa dipercaya orang dan memberikanmu tanggung jawab penting.

Belajar Skill Baru

Volunteer adalah tempatnya kamu mempelajari hal-hal baru. Banyak skill yang bisa kamu dapatkan saat menjadi seorang volunteer. Misalnya, saat ada di divisi humas dan publikasi, kamu akan belajar untuk menghubungi orang-orang penting yang akan hadir dalam kegiatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.