Sukses

8 Cara PDKT Supaya Gebetan Bisa Menyukaimu

Pdkt adalah singkatan dari kata pendekatan dan merupakan tindakan yang sering dilakukan ketika seseorang menyukai atau tertarik dengan orang lain.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda memiliki seseorang yang Anda sukai? Apakah seringkali Anda merasa orang yang Anda sukai tidak memerhatikan Anda? Hal tersebut seharusnya tidak membuat Anda kemudian pantang menyerah. Sudah menjadi wajar bagi kita semua jika menyukai seseorang, seringkali membuat kita mencari cara pdkt atau pendekatan supaya setidaknya mendapatkan perhatiannya.

Menurut Psycho2Go sebuah saluran psikologi profesional dari Amerika Serikat menyebutkan jika Anda menyukai seseorang, emosi Anda dapat menjadi kacau dan sulit dipahami. Hal ini juga membuat jantung Anda berdetak dengan cepat dan atau seolah-olah ada kupu-kupu raksasa dalam perut Anda. Akan tetapi, hal ini jangan sampai membuat Anda terburu-buru kemudian keliru dalam menyusun cara pdkt dengan benar.

Ketika perasaan sudah lebih dalam lagi, mungkin Anda mengira-ngira apakah orang yang Anda suka juga menyukai Anda dan bagaimana dapat membuatnya suka kepada Anda. Banyak cara pdkt mungkin kemudian Anda lakukan untuk mendapatkan hatinya, tetapi bukan tidak mungkin cara pdkt Anda gagal dan berakhir cinta atau rasa suka yang tak terbalas. Oleh karena itu, liputan6 telah merangkum dari Psycho2Go tentang cara pdkt supaya orang yang Anda sukai menyukai Anda, pada Jum’at (30/9/222) 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara PDKT

 1. Memiliki Selera Humor

Semua orang pasti senang tertawa dan jika Anda memiliki selera humor, maka dapat menjadi salah satu cara pdkt Anda kepada seseorang yang Anda sukai. Peneliti dari Illinois State University dan DePaul University dalam studi mereka, ditemukan bahwa ketika Anda menggunakan humor saat awal mengenal seseorang, maka orang tersebut berpotensi akan lebih menyukai Anda. Mereka juga menambahkan bahkan dengan terlibat pada hal-hal yang lucu dapat meningkatkan ketertarikan romantis. Jadi, jika ingin orang yang Anda sukai juga menyukai Anda, maka Anda dapat mencoba melontarkan lelucon dan mungkin orang tersebut akan jatuh hati pada selera humor yang Anda miliki.

2. Tunjukkan Bahwa Anda Menyukainya

Apakah Anda pernah mendengar reciprocity of attraction, reciprocity liking atau timbal balik daya tarik? Ini merupakan istilah yang sering digunakan dalam bidang psikologi untuk menggambarkan seseorang yang mulai tertarik hanya dari mendengar atau mengetahui bahwa seseorang itu menyukainya. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1959 yang diterbitkan melalui Human Relations melakukan uji coba dengan memberi tahu pada subyek kelompok mereka bahwa individu-individu tertentu dalam kelompok mereka mungkin menyukai mereka.

Akhirnya setelah melakukan diskusi dengan kelompok tersebut, subyek menyatakan kepada peneliti siapa yang disukainya dan mereka memilih orang-orang yang mereka diberitahu oleh peneliti awalnya menyukai mereka. Jadi, cara pdkt yang selanjutnya adalah dengan membuat orang yang Anda suka mengetahui bahwa Anda menyukainya yang memungkinkan mereka akan memerhatikan Anda. Pada akhirnya hal tersebut tidak menutup kemungkinan  ia juga akan menyukai Anda.

3. Belajar Memainkan Alat Musik

Sebuah penelitian pada tahun 2014 menyatakan bahwa mereka yang dapat memainkan musik dan atau alat musik secara kompleks dapat dipandang lebih menarik oleh perempuan. Hal tersebut juga didukung dari penelitian di University College Dublin, bahwa kemampuan untuk memainkan atau membuat musik yang kompleks dapat menjadi tanda seseorang memiliki kemampuan kognitif yang lebih tinggi dan memungkinkan wanita memilihnya karena dapat memperoleh manfaat genetik dari memilih musisi yang dapat menciptakan musik kompleks sebagai pasangan mereka. Jadi, mulai sekarang Anda dapat belajar alat musik sebagai bagian dari rangkaian cara pdkt Anda.

3 dari 4 halaman

Cara PDKT dengan Memiliki Hewan Peliharaan

4. Mempunyai Hewan Peliharaan

Pernahkah Anda berpikir bahwa dengan memiliki hewan peliharaan akan membuat dia menyukai Anda? Ya, ini mungkin saja. Dua psikolog sosial asal Perancis pada tahun 2018 melakukan percobaan dengan menggunakan satu orang pemuda asal Perancis yang bernama Antoine. Antoine mencoba pdkt dengan 240 perempuan yang dipilih secara acak untuk mendapatkan nomor telepon mereka dan berharap dapat menjadi teman kencan.

Setengah jumlah perempuan tersebut didekati oleh Antoine hanya dengan diirinya saja dan setengah yang lainnya didekati oleh Antoine sambil membawa seekor anjing yang menggemaskan bernama Gwendu. Hanya 10% persen dari wanita yang didekati oleh Antoine seorang yang mau memberikan nomor teleponnya dan menjadi 30% peluang yang dipegang Antoine ketika membawa Gwendu bersamanya. Hal ini dapat dijelaskan bahwa kemungkinan adanya gagasan yang dipercaya bahwa dengan memiliki hewan peliharaan, seseorang dianggap lebih dapat bertanggung jawab, peduli, berkomitmen dan anjing itu sendiri yang juga sangat menggemaskan.

Cara pdkt yang satu ini juga didukung oleh penelitian dari University of Nevada oleh Antropolog Peter Gray, bahwa 36 % pria dan 35% wanita lebih tertarik pada mereka yang mempunyai hewan peliharaan. Sedangkan 49% pria dan 64% wanita lebih menyukai lagi jika seseorang mengadopsi hewan peliharaan. Di sisi lain bagi mereka yang tidak menyukai hewan peliharaan, 54% pria dan 75% wanita juga tidak akan mempertimbangkan untuk berkencan dengan individu tersebut.

5. Tunjukkan Kepercayaan Diri dan Body Language

Cara pdkt yang selanjutnya dapat Anda coba adalah dengan menunjukkan kepercayaan diri dan bahasa tubuh yang terbuka. Umumnya orang ingin percaya diri, sehingga ketika seseorang tersebut akan merasa kagum jika melihat seseorang yang percaya diri. Cara menunjukkan jika Anda percaya diri, salah satunya adalah dengan bahasa tubuh yang terbuka. Jaga dada dan tubuh Anda agar tetap tegap (tidak membungkuk) dan jangan menyilangkan tangan sebanyak itu. Hal ini karena bahasa tubuh yang tertutup memungkinkan kesan yang diterima orang lain adalah bahwa Anda tidak ingin berbicara. Komunikasi atau berbicara adalah satu hal penting untuk membuat orang lain mungkin tertarik juga kepada Anda.

4 dari 4 halaman

Cara PDKT Melalui Obrolan Mendalam

6. Deep Talk

Deep talk atau obrolan yang mendalam diperlukan dalam pdkt daripada hanya obrolan ringan. Hal ini didukung penelitian dari Harvard yang menyebutkan bahwa percakapan yang mendalam dan bermakna tentang diri Anda akan membantu dalam mengaktifkan daerah yang sama di otak layaknya makanan lezat. Studi tersebut mengemukakan bahwa selama 45 menit, suatu pasangan diminta untuk mengungkapkan diri dan membangun hubungan yang mana intensitasnya meningkat setiap saat.

Studi menyebutkan bahwa itu memungkinkan kedekatan pasca interaksi yang lebih besar daripada hanya mengobrol ringan. Obrolan ini dapat dimulai dengan membahas hasrat atau minat mereka. Memulai percakapan yang menarik dengan seseorang adalah hal yang bagus untuk memulai kencang atau nongkrong.

7. Menjadi Pemimpin

Bayangkan jika Anda menjadi ketua kelompok dalam suatu kelompok yang salah satu anggotanya adalah orang yang Anda sukai. Ini adalah salah satu kesempatan baik untuk menarik perhatiannya. Studi pada tahun 2014 yang dilakukan pada sebuah kelompok menghasilkan pendapat bahwa anggota kelompok menilai pemimpin mereka secara signifikan lebih menarik daripada pemimpin di luar kelompok mereka. Anda tidak perlu secara nyata menjadi pemimpin kelompok, Anda dapat menunjukkan sisi kepemimpinan Anda misalnya dengan menyumbang ide-ide, membantu yang lain dsb.

8. Melakukan Kontak Mata dengan Baik

Menjadi bagian dari body languange, melakukan kontak mata dengan baik menjadi salah satu cara pdkt yang perlu Anda pahami. Meskipun terlihat sepele, tetapi ini juga dapat memengaruhi proses pdkt Anda. Anda dapat mempertahankan jumlah kontak mata yang baik, dan jangan takut untuk menatap mata mereka. Sebuah artikel dari Your Tango dan New York Times menyebutkan bawah kontak mata yang berkelanjutan di antara dua orang dapat meningkatkan peluang keduanya akan saling jatuh cinta.

Nah, demikian cara pdkt agar seseoang yang Anda sukai menyukai Anda. Beberapa cara mungkin tergantung pada kondisi budaya dan lingkungan sosial yang yang ada.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini