Sukses

10 Manfaat Teknologi Informasi di Kehidupan Sehari-hari, Termasuk Munculnya Lapangan Kerja Baru

Liputan6.com, Jakarta Musik yang kita dengarkan hari ini, film yang kita tonton hari ini, semuanya adalah sebagian dari manfaat teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi yang pesat sekarang ini telah memungkinkan kita untuk melakukan banyak dengan mudah.

Itu hanya sedikit dari manfaat teknologi yang bisa kita rasakan di kehidupan sehari-hari. Lebih dari itu masih banyak lagi manfaat teknologi informasi yang mungkin banyak yang belum kita sadari.

Cara kita membaca berita saat ini juga merupakan salah satu contoh dari manfaat teknologi informasi. Cara kita belajar saat ini, yang memungkinkan kita belajar dari jarak jauh, itu juga manfaat dari teknologi informasi.

Bagaimana kita berbicara dengan teman atau kerabat dengan saling melihat wajah masing-masing meski terpaut jarak yang jauh, itu juga merupakan manfaat teknologi informasi yang kita rasakan.

Tanpa perkembangan teknologi informasi yang pesat seperti sekarang, kita mungkin tidak bisa menikmati layanan streaming untuk mendengarkan musik atau menonton film. Kita mungkin masih menulis surat untuk teman, kekasih, maupun keluarga yang jauh.

Inilah sederet manfaat teknologi informasi, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (3/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

1. Akses Informasi

Disingkat sebagai www, World Wide Web telah mengubah dunia menjadi jejaring sosial yang luas. Itu karena, segala macam informasi tersedia di internet secara luas dari seluruh dunia. Manfaat teknologi informasi ini tidak hanya membuat kita bisa membaca berita tanpa harus membeli koran terlebih dahulu, kita juga bisa belajar banyak hal, termasuk belajar pemrograman dari internet.

Ini karena dengan teknologi informasi, semua orang di seluruh dunia tidak hanya bisa mengakses, namun juga berbagi pengetahuan dan keterampilan, dengan menuliskannya dalam bentuk artikel di website, maupun video tutorial yang diunggah di layanan streaming seperti YouTube.

2. Munculnya Jenis Pekerjaan Baru

Manfaat teknologi informasi juga menyediakan jenis lapangan kerja baru. Dengan berkembangnya teknologi informasi, maka semakin banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja yang ahli di bidang ini. Mungkin orang-orang di generasi sebelumnya merasa asing dengan pekerjaan seperti Digital Marketing, UI/UX Writer, Content Creator, Programmer dan sebagainya.

Munculnya jenis pekerjaan baru ini membuat kita memiliki banyak pilihan bidang pekerjaan yang bisa kita geluti. Dengan kata lain, manfaat teknologi informasi juga menghadirkan lapangan kerja baru.

3 dari 6 halaman

3. Menghemat Waktu

Sebelum adanya teknologi informasi sekarang ini, bisa dibayangkan berapa banyak waktu yang diperlukan untuk mengirimkan pesan untuk orang lain di luar kota. Kita harus menulis surat, memasukkannya ke dalam amplop, menempelinya dengan perangko, lalu pergi ke bis surat atau kantor pos untuk mengirimkannya ke alamat tujuan.

Butuh proses panjang dan waktu yang dihabiskan untuk mengirimkan sebuah pesan kepada teman atau keluarga yang berada di tempat yang jauh. Dengan perkembangan teknologi seperti sekarang, kita bisa merasakan manfaat teknologi informasi yang memungkinkan kita menghemat waktu.

Sekarang dengan adanya WhatsApp, surel, dan aplikasi perpesanan lainnya, kita bisa mengirimkan pesan dalam hitungan detik. Tidak hanya mengirimkan pesan, kita juga bisa mengirimkan sejumlah berkas secara singkat.

4. Hiburan

Musik yang kita dengarkan, fiml yang kita tonton, saluran podcast yang kita simak sambil bekerja, itu adalah sejumlah manfaat teknologi informasi dari segi hiburan. Yang menarik dari manfaat teknologi informasi yang satu ini, kita bisa memilih jenis hiburan apa yang ingin kita nikmati.

Sebelum teknologi informasi sebelum saat ini, saluran yang bisa nikmati hanya terbatas. Selain itu, kita juga harus menonton film atau serial di TV sesuai jadwalnya. Kita tidak bisa melakukan pause atau memutar ulang video di TV.

Jika tidak begitu, kita harus menontonnya melalui DVD. Jika ada banyak film yang ingin kita tonton, bayangkan berapa banyak tumbukan DVD yang harus kita persiapkan?

4 dari 6 halaman

5. Komunikasi

Teknologi modern telah menggantikan teknologi lama, itu fakta. Puluhan tahun yang lalu surat masih merupakan bentuk komunikasi yang paling umum, tetapi sekarang tidak ada yang akan berpikir untuk menulis surat. Selain karena membutuhkan waktu yang lama, Anda tidak bisa bertatap muka seperti yang bisa Anda lakukan dalam sebuah panggilan video.

6. Hemat Biaya

Beberapa tujuan utama perkembangan teknologi adalah penghematan. Berkat teknologi, orang-orang melihat efisiensi biaya akhir-akhir ini. Peralatan dengan nilai seperti itu tersedia dengan harga yang jauh lebih rendah yang tidak dapat kita bayangkan. Paling sering, ada persaingan antara dua atau lebih industri yang mengarah ke harga yang lebih rendah.

5 dari 6 halaman

7. Metode Belajar Baru

Anda dapat mengembangkan keterampilan mengajar Anda dan menggabungkan pendekatan penelitian yang akan memberikan inspirasi kepada siswa Anda. Sebagian besar aplikasi dan perangkat elektronik diterapkan untuk membantu mendidik siswa. Seseorang dapat dibuat kagum dengan contoh kalkulator yang paling sederhana. Solusinya hadir hanya dengan satu klik, dengan beberapa perhitungan dan operasi biner yang berbeda.

8. Memberdayakan Penyandang Disabilitas

Saat ini ilmu pengetahuan dan teknologi modern telah membuat hampir segalanya menjadi mungkin. Baru-baru ini, ditemukan brail yang beroperasi pada pulsa elektronik. Kaki palsu, tongkat pintar telah memudahkan penyandang disabilitas untuk melakukan apa yang kebanyakan orang bisa lakukan.

6 dari 6 halaman

9. Globalisasi

Manfaat teknologi informasi telah menghilangkan hambatan fisik antarnegara. Munculnya media sosial telah mendorong komunikasi, dan penggunaan Facebook, Twitter dan banyak platform jejaring sosial lainnya telah memungkinkan orang dengan beragam budaya untuk terhubung satu sama lain.

10. Transaksi yang Mudah

Tidak ada yang pernah membayangkan, kurang dari satu dekade yang lalu, bahwa mereka akan membayar dalam bitcoin daripada dolar. Berkat kegunaannya, Cryptocurrency baru-baru ini menjadi viral. Sekarang tidak ada yang harus mengantre hanya untuk membayar tagihan listrik. Segala bentuk tagihan sekarang bisa dibayarkan hanya dengan mengoperasikan smartphone.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.