Sukses

11 Cara Merias Wajah yang Aman untuk Pemula, Lengkap dengan Tahapannya

Cara merias wajah untuk tampil cantik di acara resmi.

Liputan6.com, Jakarta Cara merias wajah dapat membuat seorang wanita tampil lebih percaya diri dalam berbagai kegiatan. Selain itu dengan merias wajah, maka Anda akan tampil lebih percaya diri. Hal ini lantaran sebagian besar wanita merasa lebih percaya diri ketika merias diri. Sekarang tersedia berbagai brand make up yang semakin menunjang penampilan sehingga lebih sedap dipandang yang pada prinsipnya ketika merias wajah bisa membuat lebih segar bukan membuat menor.

Cara merias wajah tak hanya untuk mempercantik diri, hal ini juga untuk menghargai orang lain yang akan kalian temui. Selain itu, ketika mengaplikasikannya make up secara terampil dapat membuat semua perbedaan. Menerapkan produk dengan cara yang benar dapat menghasilkan dua hal yakni membantu tampilan semaki cantik juga memiliki hasil maksimal. 

Cara merias wajah yang aman untuk pemula bisa mengikuti beberapa tahapan sederhana. Selain itu, Anda juga bisa menonton tutorial YouTube dan berbagai video pendukung lainnya, namun semua itu akan semakin membuat Anda  bingung. Urutan penggunaan make up juga sebenarnya tergantung pada preferensi pribadi. 

Berikut ini cara merias wajah yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (3/10/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Merias Wajah

1. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan ketika ingin merias wajah adalah pastikan kulit yang bersih, dengan mencuci wajah menggunakan cairan pembersih, atau cukup gunakan toner untuk menyeka kotoran dari kulit Anda.

2. Oleskan pelembab ringan yang membantu kulit Anda, agar tidak terlalu berminyak di siang hari, dan akan membantu melembabkan bagian kulit yang kering. Sebagai opsional Anda bisa menggantinya, dengan coba formula berbasis gel yang akan diserap kulit Anda dengan cepat.

3. Aplikasikan sunscreen untuk wajah, terutama jika Anda melakukan aktivitas di luar ruangan. Sunscreen mempunyai manfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan UV. Pastikan memilih sunblock minimal SPF 15 untuk melindungi kulit.

4. Langkah selanjutnya Anda bisa menggunakan alas bedak ringan ke kulit, kemudian di oleskan hanya beberapa bintik dengan jari Anda ke dahi, pipi, hidung dan dagu, lalu ratakan dengan jari, atau sikat alas bedak. Pastikan untuk memilih alas bedak yang sesuai dengan warna kulit. Jika ingin lebih coverage, kamu bisa menggunakan makeup sponge untuk mengaplikasikannya, dengan teknik blending yang sama.

5 Anda bisa meletakkan sedikit concealer di bawah mata. Gunakan kuas runcing kecil untuk membuat titik di mana lingkaran di bawah mata paling gelap, biasanya di sudut dalam dan luar mata. Anda harus memiliki warna concealer yang sama dengan kulit, kemudian aplikasikan ke wajah dan ratakan. 

 

3 dari 4 halaman

Cara Merias Wajah

6. Langkah selanjutnya atur concealer dan pelembab dengan bedak transparan, dan oleskan ke wajah Anda, idealnya menggunakan bedak beludru yang berlawanan dengan kuas bedak, karena meninggalkan banyak bedak, dengan gerakan menekan.

7. Fokus selanjutnya pada pilihan eyeshadow untuk kelopak mata. Bagi pemula, cobalah satu warna netral seperti kelabu tua atau terang, dengan menggunakan kuas bayangan bulat atau jari pada kelopak mata, hingga ke tulang alis. Mungkin akan lebih mudah bagi Anda untuk menggunakan kuas datar yang lebih kecil jika Anda baru memulai.

8. Selanjutnya masih di mata, kemudian oleskan eyeliner dengan menggunakan pensil hitam atau coklat dan aplikasikan di sepanjang tepi garis bulu mata atas dengan sapuan pendek. Jika Anda baru mengenal eyeliner, maka lebih mudah mengaplikasikan eyeliner gel daripada menggunakan pensil. Eyeliner adalah salah satu area yang benar-benar bisa dicoba, namun pastikan tekstur, dan aplikasi garis dapat berdampak besar pada penampilan mata-mata Anda. 

4 dari 4 halaman

Cara Merias Wajah

9. Selanjutnya cara merias wajah agar tampil lebih cantik, Anda bisa menjepit bulu mata, kemudian aplikasikan maskara. Oleskan ke bulu mata atas dan bawah dengan ujung tongkat mengarah ke sudut luar mata Anda.

10. Selanjutnya adalah hal yang sangat digemari oleh wanita adalah menambahkan perona pipi atau blush on. Ketika ingin mengaplikasikan perona pipi, maka tersenyumlah saat Anda melakukan ini dan ratakan ke atas ke arah pelipis Anda. Cobalah perona pipi krim untuk mendapatkan kilau alami yang mudah dibaurkan.

11. Tahap terakhir adalah oleskan lipstik atau lip gloss, maka Anda bisa kerutkan bibir dan oleskan warna bibir ke bagian tengah bibir atas dan bawah Anda. Aplikasi pertama ini bisa langsung dari tabung, kemudian, gunakan jari Anda untuk membaur ke luar, tambahkan warna dengan ujung jari Anda sesuai kebutuhan.

Jika bibir Anda pecah-pecah sebelum menggunakan pewarna bibir, gosok dengan lembut dengan waslap hangat dan lembap dan kenakan lapisan tipis pelembap bibir. Untuk pemula, bibir adalah kesempatan bagus untuk menambahkan warna dan memvariasikan tatanan riasan Anda tanpa harus repot dengan teknik aplikasi. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.