Sukses

Damage Artinya Kerusakan, Ini Contohnya dalam Bahasa Gaul Medsos

Liputan6.com, Jakarta Secara harfiah, damage artinya kerusakan. Damage sendiri merupakan kata yang berasal dari bahasa Inggris, yang kemudian populer di Indonesia dalam percakapan di media sosial.

Dalam percakapan di media sosial, penggunaan kata damage artinya bisa melenceng dari arti aslinya dalam bahasa Inggris. damage artinya bisa bermacam-macam tergantung konteks percakapannya.

Namun yang jelas, damage sebenarnya bukan istilah yang baru muncul belakangan. Bagi yang sering bermain video game, mungkin lebih familiar dengan istilah damage.

Dalam video game, damage artinya adalah dampak dari suatu serangan yang dapat mengurangi jumlah health point (HP) atau nyawa musuh yang diukur dengan angka.

Namun seiring berjalannya waktu, penggunaan kata damage artinya tidak hanya mengacu pada kerusakan atau dampak dari serangan yang mengurangi jumlah (HP). Bahkan sekarang damage artinya bisa jadi ekspresi dari perasaan kagum terhadap sesuatu atau seseorang.

Untuk lebih memahami damage artinya apa, penting bagi kita untuk memahami arti aslinya berdasarkan pengertian dari bahasa Inggris, termasuk contoh-contohnya dalam percakapan di media sosial.

Berikut adalah penjelasan mengenai damage artinya apa, berdasarkan sumber-sumber yang telah dirangkum Liputan6.com pada Selasa (4/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Damage Artinya

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, damage adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris yang artinya kerusakan. Menurut Merriam-Webster, damage adalah kata benda yang mengacu pada kerugian atau luka akibat cedera pada orang, properti, atau reputasi. Damage juga bisa menjadi kata kerja yang mengacu pada tindakan yang menghasilkan kerugian atau luka.

Dengan kata lain, damage artinya adalah hasil kerugian, cedera pada manusia, kerusakan pada benda, dan sebagainya.

Untuk lebih memahami damage artinya apa, berikut adalah sejumlah contoh kalimat menggunakan kata damage dalam bahasa Inggris.

(1) The items were carefully wrapped to protect them from damage during shipping.

Barang dibungkus dengan hati-hati untuk melindungi dari kerusakan (damage) selama pengiriman.

(2) The city sustained heavy damage during the war.

Kota ini mengalami kerusakan (damage) parah selama perang.

(3) The disease is known to cause permanent brain damage.

Penyakit ini diketahui menyebabkan kerusakan (damage) otak permanen.

(4) The scandal caused significant damage to her career.

Skandal itu menyebabkan kerusakan (damage) signifikan pada kariernya.

(5) You've said enough. Please leave before you do any more damage.

Anda sudah cukup mengatakannya. Silakan pergi sebelum Anda melakukan kerusakan (damage) lagi.

3 dari 5 halaman

Damage Artinya dalam Bahasa Gaul di Sosmed

Penjelasan sebelumnya merupakan arti damage menurut asal katanya dalam bahasa Inggris. Kemudian lambat laun penggunaan kata damage pun berkembang di media sosial. Kemudian, penggunaan kata damage di media sosial ini pun menimbulkan pergeseran makna atau munculnya makna baru yang bisa berbeda dari makna aslinya.

Sekarang, damage artinya tidak hanya mengacu pada kerusakan, cedera, maupun kerugian. Di media sosial seperti TikTok, Twitter, maupun Instagram, penggunaan kata damage artinya lebih mengacu pada ekspresi kekaguman pada sesuatu atau seseorang, baik itu karena kecantikan, ketampanan, atau tindakan mereka.

Untuk lebih memahami arti kata damage dalam konteks mengekspresikan kekaguman, penting bagi untuk mengetahui beberapa contoh kalimatnya, sebagai berikut.

(6) Cewek dengan rambut pendek dan pakai kaca mata damage-nya parah!

(7) Cowok yang wangi damage-nya parah banget!

Dari contoh dua kalimat tersebut dapat diketahui bahwa damage artinya adalah ekspresi untuk mengungkapkan rasa kagum dan terpesona pada paras seseorang atau sesuatu yang ada di dalam diri seseorang yang membuat orang lain menyukainya.

Namun, penggunaan kata damage juga tidak terbatas pada ungkapan rasa kagum pada seseorang saja, melainkan pada sesuatu yang lain.

(8) Aku sudah ditolak. Damage-nya parah sampai ke otak, hingga tak bisa tidur semalaman.

Dalam contoh kalimat tersebut, damage masih mengandung makna aslinya, yakni kerusakan, cedera, atau kerugian. Namun yang dimaksud dengan kerusakan dalam konteks kalimat tersebut bukanlah kerusakan secara fisik, melainkan kerusakan emosional.

4 dari 5 halaman

Bahasa Gaul di Medsos

Selain damage, masih ada banyak istilah lain yang cukup populer di media sosial. Berikut adalah daftar kosa kata bahasa gaul yang populer di medsos.

1. Mantap-mantap, artinya sebuah ungkapan kode menandakan keadaan pasangan yang sedang bermesraan atau bercumbu.

2. Enak-enak, sama halnya dengan kata mantap-mantap, Enak-enak juga menjadi sebuah kata yang lazim digunakan untuk mengganti kata bercumbu.

3. Mukbang, Mukbang dipakai saat akan makan. Biasanya mukbang berarti kenyang Atau menyantap dengan lahap dan dalam porsi banyak.

4. Anjir atau Anjay, beberapa mengartikannya sebagai anjing. Lebih sebagai pujian untuk sesuatu yang terlihat hebat, dan bukan sebagai makian.

5. Bosque, dibaca Bos ku. Istilah yang diucapkan untuk seseorang yang dihormati, atau lebih old.

6. Curcol, artinya curhat colongan. Istilah yang untuk sebuah kondisi dimana seseorang tiba-tiba curhat tanpa pemberitahuan sebelumnya.

7. Curhat, artinya curahan hati. Istilah untuk seseorang yang menceritakan masalahnya kepada orang lain.

8. Garing, istilah yang dipakai ketika tidak ada respon terhadap sesuatu. Ketika kita curhat, namun lawan bicara kita tidak merespon maka istilah untuk dia adalah garing banget.

9. Gercep, artinya gerak cepat. Istilah untuk seseorang yang melakukan segala sesuatu secara cepat, bahkan sudah jalan tanpa disuruh.

10. G-je (dibaca Geje), artinya gak jelas. Istilah ini digunakan jika kita tidak bisa menangkap maksud atau penjelasan dari seseorang.

11. Halu, artinya halusinasi. Istilah untuk seseorang yang sedang berkhayal, berimajinasi tinggi tapi tidak bisa mewujudkannya.

12. Jadul, artinya jaman dulu. Istilah yang dipakai untuk orang atau sesuatu yang masih kuno.

13. Japri, artinya jaringan pribadi atau jalur pribadi. Istilah yang digunakan ketika kita ingin berkomunikasi secara lebih privat, berdua saja.

14. Kid jaman now, Istilah yang dipakai untuk menyebut anak jama sekarang.

15. Komuk, artinya kondisi muka. Istilah yang digunakan untuk menyebut wajah atau muka seseorang.

16. Kudet, artinya kurang update. Istilah untuk orang yang tidak mengikuti perkembangan jaman.

5 dari 5 halaman

Bahasa Gaul di Medsos

17. Kuy, merupakan kebalikan dari yuk. Istilah yang digunakan untuk mengajak seseorang.

18. Leh uga, singkatan dari boleh juga. Istilah yang digunakan jika seseorang membolehkan sesuatu.

19. Mager, artinya malas gerak. Istilah untuk kaum rebahan, yang malas mengerjakan apapun.

20. Manjiw, artinya mantab jiwa. Istilah yang lebih kekinian dari mantul, boleh dikatakan sebagai mantul 2.0.

21. Mantul, artinya mantab betul. Istilah yang digunakan untuk memuji atau menggambarkan sesuatu yang hebat.

22. Monmaap, istilah ini merupakan singkatan dari mohon maaf.

23. Ntaps, artinya mantap. Istilah untuk memuji sesuatu.

24. Oldies, istilah yang dipakai untuk menyebut generasi tua.

25. OTW, artinya on the way. Istilah bagi orang yang mau atau sedang berangkat ke tujuan.

26. Pansos, artinya panjat sosial. Istilah ini digunakan untuk orang yang suka cari-cari perhatian baik di dunia nyata maupun di dunia maya.

27. Receh, artinya sepele, murahan atau tidak berkualitas. Istilah ini sering digunakan untuk lelucon atau humor yang sepele.

28. Rempong, artinya repot atau ribet. Istilah untuk menggambarkan keadaan yang menyusahkan.

29. Sabi, kata kebalikan dari bisa. Agar bisa kelihatan keren.

30. Santuy, istilah gaul untuk santai.

31. Unyu, artinya lucu atau imut. Istilah untuk menggambarkan kelucuan sesuatu.

32. Uwu, istilah yang digunakan untuk menggambarkan perasaan gembira atau lucu. Uwu juga bisa berarti sesuatu yang luar biasa imut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.