Sukses

11 Manfaat Bee Pollen untuk Kesehatan, Memiliki Kandungan Antioksidan Tinggi

Liputan6.com, Jakarta Bee pollen adalah campuran serbuk sari bunga, nektar, enzim, madu, lilin dan sekresi lebah, di mana serbuk sari lebah mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan untuk tubuh manusia. Akan tetapi dengan mengumpulkannya dapat berdampak buruk bagi kesehatan lebah dan bahkan menghancurkan koloni. Banyak orang menganggap manfaat bee pollen sebagai makanan super karena banyak nutrisinya. Namun mengonsumsi bee pollen mungkin tidak cocok untuk orang yang alergi akan sengatan lebah.

Serbuk sari bunga yang menempel pada kaki lebah ini ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan. Bee pollen tidak boleh disamakan dengan produk lebah lainnya seperti madu, royal jelly, atau sarang lebah. Produk ini juga mungkin tidak mengandung serbuk sari atau mungkin mengandung zat lain. Akan tetapi manfaat bee pollen juga memiliki antioksidan tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan. 

Manfaat bee pollen juga bisa menjadi terapi alami yang memiliki sifat anti-inflamasi, antimikroba, dan antivirus. Akan tetapi terlepas dari potensi manfaatnya bagi manusia, memanen serbuk sari untuk waktu yang lama dapat berdampak buruk pada lebah. Lebah madu yang mencari makan mengumpulkan serbuk sari dari tanaman dan membawanya ke sarang lebah, di mana ia disimpan dan digunakan sebagai makanan untuk koloni. Oleh karena itu, bee pollen digunakan seperlunya saja, sehingga tidak memiliki dampak buruk terhadap kelangsungan hidup lebah.

Berikut ini manfaat bee pollen yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (4/10/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Manfaat Bee Pollen

1. Nutrisi dengan 250 zat aktif

Manfaat bee pollen menawarkan profil nutrisi yang mengesankan, karena mengandung lebih dari 250 zat aktif biologis, termasuk protein, karbohidrat, lipid, asam lemak, vitamin, mineral, enzim dan antioksidan. Akan tetapi semua kandungan nutrisi serbuk sari juga tergantung pada sumber tanaman dan musim yang dikumpulkan. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa bee pollen yang dikumpulkan dari tanaman pinus memiliki sekitar 7% protein, sedangkan serbuk sari yang dikumpulkan dari kurma mengandung protein 35%. 

2. Memiliki antioksidan tinggi

Manfaat bee pollen untuk kesehatan juga sarat dengan berbagai macam antioksidan, di antaranya flavonoid, karotenoid, quercetin, kaempferol dan glutathione. Antioksidan melindungi tubuh dari molekul berbahaya yang disebut dengan radikal bebas. Akibat radikal bebas yang mengalami kerusakan, juga dikaitkan dengan penyakit kronis seperti kanker dan diabetes tipe 2.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung dan kolesterol 

Perlu diketahui bahwa penyebab utama kematian di seluruh dunia adalah penyakit jantung. Baik itu karena lipid darah tinggi dan kolesterol darah tinggi juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Menariknya, bee pollen dapat menurunkan faktor risiko ini. Pada orang dengan rabun jauh yang disebabkan oleh penyumbatan arteri, suplemen bee pollen menurunkan kadar kolesterol darah, yang meningkatkan bidang penglihatan mereka. Selain itu, antioksidan dalam bee pollen mampu melindungi lipid dari oksidasi. Ketika lipid dapat teroksidasi, maka akan menggumpal dan membatasi pembuluh darah serta meningkatkan risiko penyakit jantung.

4. Sifat anti-peradangan

Manfaat bee pollen telah digunakan secara tradisional untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan. Melansir dari laman healthline, sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak bee pollen mengurangi pembengkakan kaki tikus hingga 75%. Faktanya, efek anti-inflamasinya telah dibandingkan dengan beberapa obat antiinflamasi nonsteroid, seperti fenilbutazon, indometasin, analgin, dan naproxen. Bee pollen juga mengemas beberapa senyawa yang dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan, termasuk antioksidan quercetin, yang menurunkan produksi asam lemak omega-6 inflamasi, seperti asam arakidonat. 

 

3 dari 4 halaman

Manfaat Bee Pollen

 

5. Meningkatkan kekebalan tubuh dan membunuh bakteri

Manfaat bee pollen untuk kesehatan, salah satunya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta membantu menghindari penyakit dan reaksi yang tidak diinginkan. Melansir dari sumber yang sama, sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa itu dapat mengurangi keparahan dan timbulnya alergi. Penelitian lain juga menunjukan bee pollen terbukti secara signifikan mengurangi aktivasi sel mast. Sel mast, saat diaktifkan, melepaskan bahan kimia yang memicu reaksi alergi. Ekstrak bee pollen ditemukan untuk membunuh bakteri yang berpotensi berbahaya seperti E. coli, Salmonella, Pseudomonas aeruginosa, serta yang menyebabkan infeksi staph. 

6. Mencegah infeksi dan menyembuhkan luka

Manfaat bee pollen memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan, yang dapat membantu tubuh Anda dalam penyembuhan luka. Sebuah penelitian yang dilakukan kepada hewan menemukan bahwa ekstrak bee pollen sama efektifnya dalam mengobati luka bakar seperti sulfadiazin perak, standar emas dalam pengobatan luka bakar, dan menyebabkan efek samping yang jauh lebih sedikit. Sifat antimikroba bee pollen juga dapat mencegah infeksi, faktor risiko utama yang dapat mengganggu proses penyembuhan untuk goresan, luka, lecet, dan luka bakar. 

7. Sifat antikanker

Manfaat bee pollen mungkin memiliki aplikasi yang baik untuk mengobati dan mencegah kanker, yang terjadi ketika sel-sel berkembang biak secara tidak normal. Sebuah studi tabung telah menemukan ekstrak bee pollen untuk menghambat pertumbuhan tumor dan merangsang apoptosis yang menyebabkan kematian sel terprogram pada kanker prostat, usus besar dan leukemia. Serbuk sari lebah dari cistus dan willow putih yang terkandung mungkin memiliki sifat anti-estrogen, yang dapat menurunkan risiko kanker payudara, prostat, dan rahim.

8. Meringankan gejala menopause 

Menopause adalah suatu kondisi yang menandai berhentinya menstruasi pada wanita, juga disertai dengan gejala tidak nyaman seperti hot flushes, keringat malam, perubahan suasana hati, dan gangguan tidur. Sebuah tudi menunjukkan bahwa bee pollen dapat meringankan beberapa gejala menopause. Bahkan dalam penelitian lain, 65% wanita yang mengonsumsi suplemen serbuk sari mengalami lebih sedikit hot flash. Wanita-wanita ini juga menunjukkan peningkatan kesehatan lainnya, seperti tidur yang lebih baik, mengurangi iritabilitas, mengurangi nyeri sendi dan meningkatkan suasana hati dan energi. 

 

4 dari 4 halaman

Manfaat Bee Pollen

 

 

9. Alergi

Manfaat bee pollen paling umum adalah pengelolaan alergi musiman, seperti demam. Diperkirakan bahwa menelan serbuk sari akan membantu tubuh membangun resistensi terhadap alergen potensial ini dan, pada gilirannya, mengurangi gejala alergi. Meskipun sangat sedikit penelitian yang menguji penggunaan bee pollen sebagai obat untuk alergi musiman, beberapa penelitian berbasis hewan menunjukkan bahwa bee pollen dapat memberikan efek anti-alergi. Sementara bee pollen menjanjikan untuk mengobati alergi musiman, ada kekurangan penelitian pada manusia untuk mengkonfirmasi penggunaannya sebagai pengobatan alergi.

10. Osteoporosis

Manfaat bee pollen juga membantu pengobatan osteoporosis. Serbuk sari lebah menunjukkan harapan dalam pengobatan osteoporosis, dan hal ini juga dibuktikan dengan sebuah penelitian berbasis hewan yang diterbitkan pada tahun 2012. Dalam tes pada tikus, penulis penelitian menentukan bahwa bee pollen dapat membantu meningkatkan kadar kalsium dan fosfat tulang dan melindungi terhadap pengeroposan tulang terkait osteoporosis.

11. Dosis dan persiapan

Menurut National Institutes of Health tidak ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran dosis yang tepat untuk bee pollen, karena sekarang bee pollen juga dijual dalam bentuk butiran. Sebagai pendukung kesehatan alternatif merekomendasikan memulai dengan dosis 1/4 sendok teh, secara bertahap meningkat hingga 2 sendok makan sehari, dan memperhatikan gejala reaksi yang merugikan. Bee pollen harus disimpan di tempat yang sejuk dan gelap, seperti dapur, lemari es, atau freezer, dan jauhkan dari sinar matahari langsung, karena serbuk sari lebah dapat ditaburkan di atas sereal, yogurt, atau oatmeal, ditambahkan ke granola buatan sendiri, atau dicampur ke dalam smoothie.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.