Sukses

Cara Menanam Bunga Mawar dengan Proses Setek, Mudah dan Sederhana

Liputan6.com, Jakarta Cara menanam bunga mawar bisa dilakukan dengan berbagai langkah dan tahapan yang tentu mudah serta aman. Dengan melakukan setek pada bunga mawar, di mana proses ini adalah salah satu perkembangbiakan vegetatif dengan cara memotong bagian tubuh tanaman untuk ditanam sehingga menghasilkan tanaman baru. Perkembangbiakan ini dapat memperbanyak tanaman yang  tentu dimodifikasi dari pohon induk.

Cara menanam bunga mawar dengan proses setek atau menggunakan batang ini, perlu dilakukan dengan benar agar tanaman dapat bertumbuh sesuai dengan harapan. Sebelum mulai untuk melakukan proses menanam, maka Anda harus menyiapkan segala peralatan seperti bedengan tanah, gunting atau pisau yang tajam, bubuk hormon akar dan hal lainnya. 

Cara menanam bunga mawar dengan batang ini juga memerlukan perawatan yang bisa Anda lakukan secara berkala agar mawar bisa berkembang dengan baik. Cara menanam bunga mawar dengan batang yang benar tidak hanya memilih batang, media tanam namun membutuhkan waktu yang tepat.

Berikut ini cara menanam bunga mawar yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (5/10/2022). 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Memilih batang yang sehat

- Cara menanam bunga mawar yang pertama adalah memilih batang mawar merah yang sehat, kemudian potong batang di atas sepasang daun pertama dengan kemiringan 45°, dengan ukurabn kisaran 15 – 20 cm. Potonglah batang mawar pada pagi hari agar tanaman masih terhidrasi. Setelah itu Anda bisa mencelupkan batang mawar yang telah dipotong langsung ke dalam air.

- Setelah dipotong, segera celupkan batang mawar ke dalam segelas air dengan suhu ruangan sampai Anda siap untuk menanamnya. Buang semua daun kecuali yang berada di atas, lalu Anda bisa mencelupkan ujung setek mawar ke dalam hormon akar, agar membantu mempercepat pertumbuhan akarnya. Jangan lupa untuk membasahi pangkal batang terlebih dahulu sebelum dicelupkan ke dalam bubuk hormon.

3 dari 5 halaman

Memilih tanah yang baik

- Setelah memilih batang, maka langkah selanjutnya adalah pilih tempat yang terang untuk menanam setek mawar atau batang. Dengan menentukan tempat adalah salah satu langkah yang penting, karena untuk kelangsungan tumbuh kembangnya mawar. Pilih lokasi yang terang, tetapi tidak terkena sinar matahari langsung karena bisa membuat mawar mengering. 

- Setelah Anda bisa memilih batang mawar yang kuat dan sehat, maka siapkan bedeng tanah atau wadah untuk menanam setek mawar, di mana campuran tanah harus dibuat dari campuran pasir dan kerikil hortikultura (atau perlit), kemuudian Anda bisa mengaduk-aduk tanah hingga sedalam 10 – 15 cm sebelum ditanami. 

4 dari 5 halaman

Menumbuhkan akar yang kuat

- Beberapa orang lebih suka untuk menanam mawar pada bulan-bulan yang dingin, sementara yang lain menunggu sampai awal musim panas. Setek mawar bisa tumbuh pada musim apa saja, akan tetapi harus dipastikan untuk mawar disiram terus-menerus.  Untuk cara menanam bunga mawar, maka buat lubang dengan sumpit atau pensil sedalam 8 – 10 cm bagi setiap setek mawar. Pastikan lubangnya cukup lebar agar bubuk hormon akar tidak ikut tersapu saat setek mawar dimasukkan ke dalam lubang.

- Langkah berikutnya Anda bisa menanam bunga mawar dengan memasukkan setek mawar dengan hati-hati sedalam beberapa senti atau setengah dari tinggi batang. Setelah mawar ditanam, pampatkan tanah di sekelilingnya. Jagalah agar setek mawar tetap lembap, karena salah satu faktor terpenting agar setek mawar tumbuh dengan baik adalah kelembapan tanaman harus selalu dijaga.

 

5 dari 5 halaman

Perawatan bunga mawar

- Langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah sirami bunga mawar secara teratur beberapa kali dalam sehari jika suhu sedang panas, untuk membantu akar agar tumbuh pesat. Untuk memastikan agar kelembapan tanah terjaga, maka dengan meletakkan kantong plastik di sekeliling setek mawar setelah menyiramnya, karena akan menciptakan efek rumah kaca mini bagi mawar.

- Awasi terus setek mawar untuk memastikan tanaman terhidrasi dengan baik dan bisa berakar, serta memastikan apakah tanaman mulai berakar, maka Anda bisa menggoyangkan batang mawar dengan lembut. Jika mawar terasa sedikit kukuh saat digoyangkan pada 1 atau 2 minggu setelah ditanam, itu artinya akarnya sudah tumbuh dengan baik. 

Demikian cara menanam bunga mawar dengan stek batang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.