Sukses

ARMY Indonesia Galang Dana untuk Korban Tragedi Kanjuruhan, Terkumpul Rp 400 Jutaan

Liputan6.com, Jakarta Duka masih menyelimuti Indonesia usai tragedi Kanjuruhan terjadi pada Sabtu (1/10/2022). Tak hanya Indonesia, dunia pun berduka dengan tragedi kelam tersebut karena menewaskan hingga 131 korban. Tragedi Kanjuruhan membuat sepak bola Indonesia tercoreng dan kini pihak berwajib sedang mengusut tuntas kejadian tersebut.

Duka mendalam dirasakan oleh masyarakat Indonesia saat mengetahui jumlah korban mencapai 131 orang. Kepedulian antar sesama ditunjukkan oleh beberapa kelompok untuk korban tragedi Kanjuruhan. Salah satunya fans BTS ARMY Indonesia yang bergerak cepat galang donasi untuk korban tragedi Kanjuruhan.

Aksi peduli sesama yang dilakukan ARMY Indonesia ini mengundang simpati warganet. Kini sumbangan tersebut telah selesai masa waktu donasinya dengan berhasil capai Rp447.545.567. Kepedulian ARMY Indonesia ini membuat banyak orang mengakui fans BTS sangat peduli sesama.

"Sebagai bentuk empati dan solidaritas antar keluarga setanah air, satu Bangsa Indonesia, kami ingin mengajak seluruh ARMY di Indonesia dan juga seluruh masyarakat untuk membantu dan mengirim do'a sebanyak-banyaknya bagi para korban. Bantuan dari ARMY dan #OrangBaik akan kami salurkan untuk santunan bagi keluarga korban terdampak, sebagai modal usaha bagi keluarga yang kehilangan sosok tulang punggung keluarga dan santunan pendidikan bagi anak-anak yang ditinggalkannya. Nantinya dana hasil donasi akan disalurkan langsung oleh tim ARMY Malang," tulis ARMY Indonesia di deskripsi KitaBisa.com.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber terkait fans BTS ARMY Indonesia galang dana untuk korban tragedi Kanjuruhan, Rabu (5/10/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Hanya 2 hari galang dana capai Rp 400 juta lebih

Tragedi Kanjuruhan menggerakan hati fans BTS di Indonesia. ARMY Indonesia bergerak cepat untuk menggalang dana untuk korban tragedi Kanjuruhan. Donasi dibuat oleh ARMY Indonesia melalui KitaBisa.com dari tanggal 3 Oktober 2022. Campaign tersebut berlangsung 2 hari dan berhasil mengumpulkan Rp 447.545.567. Donasi tersebut terkumpul dari 15.810 donatur.

Melalui Instagram, ARMY Indonesia pun mengucapkan terima kasih atas kepedulian para donatur. "Halo Teman Baik ARMY, untuk saat ini penggalangan donasi untuk korban Kanjuruhan sudah ditutup.Terimakasih banyak semoga menjadi tabungan kebaikan teman-teman semua. Untuk proses penyaluran donasi bisa dilihat dihalaman donasi ya teman-teman.Terimakasih banyak & sehat selalu," tulis @army_indonesiaa, Selasa (4/10/2022).

3 dari 4 halaman

Ungkapan terima kasih dari Aremania

Salah satu fanbase Arema FC yang ada di Twitter mengupdate perkembangan galang dana dari ARMY Indonesia. Fanbase dengan akun Twitter @aremafc ucapkan terima kasih ke seluruh fans BTS yang ada di Indonesia. Bentuk kepedulian ARMY Indonesia sangat berarti bagi Aremania.

"Terima kasih untuk BTS Army Indonesia yang sejak penggalangan dana dimulai 3 Oktober 2022 hingga sekarang mengumpulkan 200 juta dan masih terus bertambah. Ini kalau tidak salah fans club mas-mas Korea Selatan yang kemarin ada menu khususnya di McDonald," tulis akun Twitter @AremaFC.

4 dari 4 halaman

Komentar netizen

Unggahan akun Twitter @aremafc dikomentari oleh banyak warganet. Banyak yang salut dengan aksi galang dana dari ARMY Indonesia. Berikut beberapa komentar netizen terkait galang dana ARMY Indonesia untuk tragedi Kanjuruhan.

"Jungkook jd ketua PSSI aja enggak papa," tulis akun Twitter @ohwongayu.

"Dari sini bisa dilihat, ga melulu fans K-Pop itu toxic. Patut diapresiasi untuk dukungannya dalam hal ini. Humanity above all! Tetap jadi fans yang dewasa dan bijak, do what makes you happy dengan kehaluan kalian yang kadang suka bikin "hah" wkwk. Thank you BTS Army," temporaryppl_.

"Semoga berkah dan bermanfaat meskipun seberapa banyak nya nominal tidak bisa mengembalikan nyawa seseorang. Semoga keluarga yang ditinggalkan bisa lebih kuat, tabah dan ikhlas. Aamiin," tulis akun Twitter @Nunkocitorojoyo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.