Sukses

Kiyowo Artinya Lucu dan Imut dalam Bahasa Korea, Pahami Penggunaannya

Liputan6.com, Jakarta Untuk Anda yang gemar dengan drama Korea, pasti mengenal istilah 'kiyowo'. Hiburan dan tontonan Korea yang populer, membuat budaya dan bahasa Korea semakin dikenal oleh banyak orang. Bahkan dalam beberapa adegan film, kata ini sering digunakan. Kiyowo artinya imut dan lucu di mana kata ini dipakai untuk memuji orang lain.

Kiyowo artinya imut, manis atau lucu. Kata ini sekarang lagi ngetren di kalangan anak muda sekarang. Dengan manambahkan kata lain yang sering disebut happy kiyowo. Kata kiyowo yang sering digunakan untuk memuji penampilan orang ini, tidak hanya berlaku untuk wanita saja, namun para pria juga sering mendapatkan pujian seperti ini.  

Kiyowo artinya imut dalam Bahasa Korea ini, ternyata tidak bisa digunakan untuk kalangan, karena di Korea sendiri ada tingkatan tata krama atau kesopanan bahasa ketika berbicara dengan orang lain, baik itu secara informal, standar, dan formal. Berikut ini arti kiyowo dalam bahasa Korea yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (6/10/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Mengenal Arti Kiyowo

Kiyowo artinya lucu ini, dalam bahasa Korea penulisannya seperti ini 귀여워, dan dibaca gwieyowo atau kiyowo. Perlu dipahami bahwa kata ini bersifat informal atau kasual. Sehingga di Korea Anda tidak bisa menggunakannya ke sembarang orang. Anda hanya dapat mengucapkannya kepada orang-orang yang sangat dekat seperti teman, pacar, atau teman kencan Anda.

Namun sekarang istilah happy kiyowo sekarang diartikan sebagai luapan rasa senang atau bahagia. Kata ini semakin populer karena digunakan di berbagai media sosial oleh para penggemar K-Pop di Indonesia. Memang untuk sekarang belum ada kamus khusus yang memasukkan frasa happy kiyowo, namun istilah ini sudah cukup banyak digunakan oleh kalangan para remaja.

Kiyowo artinya lucu dan imut ini, bersifat informal dan hanya bisa digunakan kepada teman atau orang yang sudah dekat dengan Anda dalam suasana santai. Sehingga penggunaan 귀여워요 (gwiyeowoyo). Bentuk formal kiyowo lainnya adalah gwiyeowoyo yang artinya juga lucu. Meski terkenal formal, namun kata ini masih cukup santai untuk digunakan dalam suasana kasual atau semiformal. 

 

3 dari 5 halaman

Perbedaan Kiyowo dan Kyeopta

Bahasa Korea lucu tidak hanya kiyowo namun masih ada (귀엽다) kwiyeopda atau kyeopta, yang memiliki arti lucu namun penggunaan yang dilakukan, tentu pada objek yang berbeda. Jika Anda bisa menggunakan kiyowo pada orang lain, kyeopta hanya bisa digunakan untuk benda, binatang, atau makhluk hidup selain manusia.

Adapun contoh penggunaan yang bisa dilakukan adalah: A

- Anda ketika ingin memuji “lucu” pada pakaian, sepatu, anjing, kucing, bunga, atau lainnya, Anda bisa menggunakan kyeopta.

- Anda ingin menggunakan “lucu” sebagai kata sifat, maka kata yang cocok adalah 귀여운 (gwiyeoun) yang tentu diucapkan bersamaan dengan kata benda.

Misalanya,

- 그 신발은 귀엽다 (geu sinbal-eun gwiyeobda)

Sepatu itu lucu.

- 귀여운 강아지 (gwiyeoun gangaji)

Anak anjing yang lucu.

- 귀여운 아기 (gwiyeoun agi)

Bayi yang lucu.

Adapaun kata benda yang bisa digabungkan bersamaan dengan kata sifat gwiyeoun adalah:

- Kucing: 고양이 (goyang-i)

- Hewan: 동물 (dongmul)

- Gaun: 드레스 (deureseu)

- Sepatu: 신발 (sinbal)

- Pakaian: 차림새 (charimsae)

- Orang: 사람 (saram)

 

 

4 dari 5 halaman

Bentuk Formal Untuk Mengatakan Kiyowo

Penggunaan ungkapan kiyowo artinya dapat Anda gunakan dalam percakapan bahasa Korea sehari-hari, seperti: 

- 너무 귀여워!

(Neomu gwiyeowo)

Lucu sekali!

- 귀여운 강아지

(Gwiyeoun Kangaji)

Anjing yang imut.

- 귀엽죠?

(Gwiyeopjyo)

Lucu kan?

- 공원 안에 귀여운 강아지가 많아요

(Gongwon ane gwiyeoun gangajiga manayo)

Ada banyak anak anjing lucu di taman.

- 이 가수가 귀엽습니다

(i gasuga gwiyeopseumnida)

Penyanyi itu lucu/imut

- 강아지가 너무 귀여워요

(gangajiga neomu gwiyeowoyo)

Anak anjing ini sangat imut

- 너는 완전 귀여워!

(neoneun wanjeon gwiyeowo)

Kamu sangat imut!

5 dari 5 halaman

Penggunaan Bahasa Gaul Happy Kiyowo

Selain kiyowo masih muncul berbagai istilah yang digunakan dalam drama dan film korea seperti:

- Mian-hae

- Jamkkanman

- Jinjayo

- Bogoshipo

- Jalja

-  Baegopa

- Omo

- Aigo

- Saranghaeyo dan masih banyak lagi.

Adapun contoh penggunaan bahasa gaul happy kiyowo adalah:

- Beberapa hari ini aku sering sekali dilanda oleh masalah, namun masih tetap happy kiyowo.

- Meskipun merasa sedih, tapi harus tetap happy kiyowo dong.

- Banyak sekali deadline yang harus dituntaskan, namun harus happy kiyowo.

- Kemarin nangis terus karena pacar selingkuh, namun sekarang aku tetap happy kiyowo.

- Meskipun tuntutan hidup tak kunjung usai, tapi tetap harus happy kiyowo.

Demikian penjelasan tentang kiyowo artinya dalam Bahasa Korea.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.