Sukses

10 Contoh Campuran Homogen dalam Kehidupan Sehari-Hari, Lengkap dengan Cirinya

Ketahui campuran homogen dalam kehidupan sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta Homogen sendiri memiliki artian bahwa sama atau seragam, jika digunakan dalam frasa yang berbeda seperti masyarakat homogen berarti latar belakang, pekerjaan, hingga kebudayaan. Adapun contoh campuran homogen dicirikan oleh keseragaman di mana manusia tidak akan dapat dengan mudah mengidentifikasi bahwa itu adalah dua zat yang digabungkan. 

Contoh campuran homogen selalu digunakan untuk merujuk pada kombinasi dua zat yang berbeda, tanpa ada reaksi kimia di antara mereka. Akan tetapi masing-masing zat tetap mempertahankan sifat kimianya, yang memang tidak muncul suatu perubahan kimia sama sekali, karena tidak ada diskontinuitas di antara mereka.

Adapun istilah homogen ini, bisa Anda jumpai dalam pembelajaran kimia ataupun fisika. Contoh campuran homogen juga sangat berbeda dengan campuran heterogen di mana Anda dapat membedakan secara sekilas. Hal ini dikarenakan heterogen beraneka ragam, berbeda dengan homogen yang seragam.  

Berikut ini contoh campuran homogen yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (10/10/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Campuran Homogen

Campuran homogen merupakan salah satu bentuk campuran yang memiliki zat susun yang sempurna. Dalam buku berjudul Benda-Benda di Sekitar Kita (2018) oleh Desi Juwitaningsih, dijelaskan campuran homogen memiliki jenis, macam, sifat, dan watak yang sama. Adapun suatu campuran homogen tentu memiliki wujud ukuran yang sangat kecil, serta tak bisa dilihat dengan mikroskop biasa. 

Campuran homogen tampak seragam di mata, di mana bentuk campuran ini terdiri dari satu fase, baik itu cair, gas, atau padat, dan untuk mengambil sampelnya atau seberapa dekat Anda memeriksanya, maka komposisi kimianya sama untuk setiap sampel campuran. Nama lain campuran homogen adalah larutan, dan contoh campuran homogen secara sederhana adalah udara, dari senyawa H2, CO2, N, O2 serta banyak contoh lainnya. 

Dalam jurnal sebuah penelitian oleh Dwi Harwanto, dkk yang berjudul Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Unsur dan Senyawa Kimia (2019) Campuran homogen tersusun dengan sempurna, di mana terdapat zat tunggal yang tidak dapat dilihat secara fisik dan dibedakan. Ketika Anda mulai mencampurkan gula dengan segelas air, maka kedua zat tersebut tercampur dan tidak berubah menjadi zat lain. Meskipun sudah tidak tampak lagi, gula masih terasa manis dan air juga masih berbentuk cairan. 

 

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Campuran Homogen

Sebelum mengetahui contoh campuran homogen, maka Anda perlu mengenal ciri - ciri campuran homogen yang disusun oleh Desy Wijaya, dalam bukunya ''Taktik Tokcer Kuasai IPA SD/MI Kelas V (2018)''.

1. Adapun ciri-ciri campuran homogen yang pertama, merupakan rangkaian yang terdiri atas zat terlarut dan pelarut.

2. Ciri selanjutnya adalah campuran homogen serba sama, serta tidak ada bidang batas antara komponen-komponen penyusunnya.

3. Berikutnya campuran homogen adalah bentuk zat yang tidak dapat disaring.

4. Campuran homogen adalah salah satu zat yang tidak memiliki lapisan.

5. Ciri-ciri campuran homogen terakhir adalah adalah, bentuk ukuran partikel larutan sangat kecil dan tidak dapat dilihat dengan mikroskop biasa.

4 dari 4 halaman

Contoh Campuran Homogen

Adapun contoh campuran homogen yang dikutip dari buku yang sama adalah: 

1. Udara

Udara adalah salah satu contoh campuran homogen yang kerap dihirup manusia saat melakukan proses penarikan pernapasan. 

2. Sirup

Selanjutnya adalah sirup yang merupakan contoh campuran homogen, di mana sirup terdiri dari beberapa penyusunnya seperti gula buatan, perasa buah, dan pewarna makanan.

3. Perunggu

Contoh campuran homogen adalah keberadaan perunggu dalam benda-benda rumah tangga dalam susunan pembuatnya terdiri atas tembaga dan timah.

4. Besi Baja

Contoh campuran homogen adalah besi baja terbuat dari zat penyusun yaitu besi dan karbon.

Adapun contoh campuran homogen lain yang bisa Anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari dengan bentuk yang seragam, sehingga akan sulit untuk dibedakan:

- Anggur

Anggur adalah contoh campuran homogen, di mana zat ini mengandung air, gula, ragi dan buah-buahan yang dicampur secara seragam

- Perak Jerman

Contoh campuran homogen ini adalah bentuk padat yang terdiri dari seng, tembaga, dan nikel, semua zat yang tidak dapat dideteksi oleh mata telanjang.

- Kopi dengan susu

Saat menyiapkan kopi dengan susu, itu seperti campuran cairan homogen di mana kopi, air, dan susu tidak dapat diidentifikasi secara sekilas. Tapi kita melihatnya secara keseluruhan.

- Emas putih

Campuran padat ini terdiri dari setidaknya dua zat logam yang biasanya dibuat dari nikel, perak dan emas.

- Air dengan garam

Contoh campuran homogen selanjutnya adalah air dan garam, dalam hal ini garam diencerkan dalam air, sehingga tidak mungkin untuk mendeteksi kedua zat secara terpisah, tetapi keduanya terlihat seragam.

- Mayones

Mayones adalah saus yang mengandung zat seperti telur, lemon, dan minyak, yang tercampur rata.

Namun ada juga campuran homogen yang bisa menjadi bagian dari komponen campuran heterogen. Misalnya, bitumen (campuran homogen) adalah komponen aspal (campuran heterogen).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.