Sukses

Contoh Poster Pendidikan yang Cocok Dipasang di Sekolah, Mulai Motivasi sampai Aturan

Berikut adalah sejumlah contoh poster yang cocok untuk dipasang di sekolah yang berisi motivasi hingga aturan yang mudah dipahami.

Liputan6.com, Jakarta Contoh poster pendidikan sebenarnya dapat kita temukan di sekolah maupun kampus. Tidak hanya itu, contoh poster pendidikan juga dapat ditemukan di tempat-tempat lain seperti lingkungan sekitar rumah dan ruang publik.

Poster pendidikan biasanya dibuat untuk menyampaikan pesan-pesan yang mendadak secara singkat namun menarik. Selain memberikan informasi, poster juga bertujuan untuk mempengaruhi orang untuk melakukan sesuatu sesuai isi dengan apa yang ada di dalam poster.

Poster tidak hanya berbentuk cetak, perkembangan teknologi membuat poster dapat berbentuk gambar grafis yang dipublikasikan di media sosial atau internet. Dengan kata lain, contoh poster juga dapat kita temukan di internet, termasuk di media sosial.

Baik dalam bentuk cetak maupun digital, poster umum dipasang di tempat-tempat strategis di mana ada banyak orang di sana. Jika berbentuk digital, poster biasanya diposting di akun sosial media, di mana memungkinkan untuk berbagai file gambar.

Yang jelas, poster dibuat untuk tujuan tertentu. Lalu apa tujuan poster dibuat? Sebelum menjawab pertanyaan itu, berikut adalah pengertian poster, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (12/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Pengertian Poster

Menurut Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, poster adalah kombinasi visual dari desain yang kuat dilengkapi dengan warna-warna dan pesan, bertujuan untuk menangkap perhatian masyarakat yang melihatnya serta menanamkan ide yang berarti dalam ingatannya.

Sementara itu menurut Azhar Arsyad, poster merupakan sebuah media dua dimensi visual yang berisi gambar serta pesan singkat tertulis yang bertujuan untuk menyampaikan hal-hal khusus dan mampu memengaruhi orang-orang yang melihatnya.

Pendapat lain dikemukakan oleh Sri Anitah yang mengatakan bahwa poster adalah gambar yang menggabungkan unsur-unsur visual, seperti garis, kata-kata, dan gambar yang memiliki tujuan untuk dapat menarik perhatian serta menyampaikan pesan secara singkat.

Dari sejumlah pendapat ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa poster adalah gabungan gambar dua dimensi dan kata-kata singkat, yang bertujuan untuk menarik perhatian dan menyampaikan pesan tertentu.

Poster dibuat untuk mencapai tujuan tertentu. Adapun fungsi dan tujuan poster antara lain adalah sebagai berikut:

1. Masyarakat menjadi tahu tentang kegiatan atau acara yang akan dilaksanakan.

2. Menjadikan produk atau jasa kita dikenal dan digunakan oleh masyarakat.

3. Mengingatkan masyarakat tentang hal yang seharusnya dilakukan.

4. Fungsi poster adalah untuk menyampaikan informasi.

5. Fungsi poster adalah media promosi barang ataupun jasa.

8. Sarana bagi para desainer grafis untuk berkreativitas.

9. Mengingatkan masyarakat agar menghindari hal-hal yang merugikan diri sendiri dan orang.

3 dari 8 halaman

Contoh Poster Pendidikan

Berdasarkan tujuan dan fungsinya, dapat diketahui bahwa poster merupakan media yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan, baik itu pesan promosi maupun pesan yang mendidik.

Ketika digunakan untuk menyampaikan pesan yang mendidik, poster pendidikan biasanya dipasang di tempat-tempat yang dianggap relevan. Poster pendidikan biasanya berisi kata-kata mutiara yang menginspirasi, nasihat tentang kebaikan, dan pesan-pesan motivasi.

Berikut adalah sejumlah contoh poster pendidikan sebagai tambahan referensi dan inspirasi dalam membuat poster sejenis.

4 dari 8 halaman

Contoh Poster Pendidikan untuk Semangat Belajar

Contoh poster tersebut merupakan poster yang berisi pesan untuk semangat belajar bersama di kelas baru. Dengan kata lain, poster ini berfungsi untuk memberikan motivasi untuk terus giat belajar.

Selain sebagai motivasi atau dorongan untuk belajar, poster ini juga memuat pesan selamat datang. Adapun pesan selamat datang tersebut bisa ditujukan kepada siswa yang baru saja naik di kelas baru atau sekolah baru.

5 dari 8 halaman

Contoh Poster Pendidikan Ajakan giat Membaca

Contoh poster pendidikan ini merupakan contoh poster yang bertujuan untuk memberikan motivasi untuk giat membaca. Sebab, semakin banyak membaca, maka akan semakin banyak pengetahuan yang akan kita dapatkan.

6 dari 8 halaman

Contoh Poster Pendidikan tentang Sejarah Seni Pahat

Jika contoh poster pendidikan sebelumnya bertujuan untuk memberikan motivasi, contoh poster pendidikan yang satu ini memiliki tujuan yang berbeda. Contoh poster pendidikan ini memuat salah satu materi dalam pelajaran kesenian. Dalam poster ini menyampaikan seluk beluk mengenai seni pahat, khususnya sejarahnya.

Dengan menggunakan poster, materi pelajaran yang terkesan membosankan jika dipelajari dengan membaca buku, akan terasa lebih menarik dan menyenangkan.

7 dari 8 halaman

Contoh Poster Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Seperti yang kita ketahui, Ki Hadjar Dewantara merupakan Bapak Pendidikan Nasional. Contoh poster pendidikan ini menunjukkan foto sang tokoh dengan filosofi pendidikannya, yang menjadi landasan pendidikan nasional hingga saat ini.

Filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara bahwa pendidikan setidaknya bisa memainkan tiga peran, yakni sebagai berikut

a. Ing ngarso sung tuladha, yang artinya di depan dapat memberi contoh atau teladan.

b. Ing madya mangun karsa, yang artinya berada di tengah membangun semangat, serta

c. Tut wuri handayani, di belakang memberikan dorongan.

8 dari 8 halaman

Contoh Poster Pendidikan tentang Aturan Kelas

Sebuah aturan jika ditulis dalam bentuk buku undang-undang mungkin akan terasa membosankan, terutama untuk anak-anak. Dengan begitu poster hadir sebagai media untuk membuat pesan-pesan yang tadinya terkesan rumit menjadi lebih mudah untuk dipahami dan lebih menarik.

Misalnya saja contoh poster pendidikan ini. Tata tertib atau pedoman ketika bersikap di dalam kelas disampaikan secara mudah dan menarik dalam bentuk poster.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.