Sukses

17 Cara Mengobati Gigi Berlubang dan Penyebabnya, Efektif Redakan Nyeri

Berikut adalah cara mengobati gigi berlubang yang efektif redakan nyeri.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengobati gigi berlubang sebenarnya banyak sekali, setidaknya untuk meredakan rasa sakit yang ditimbulkan. Gigi berlubang memang sangat mengganggu, apalagi jika sudah sampai menyerang saraf gigi. Sebab jika telah menyerang saraf gigi, maka bisa menimbulkan rasa sakit yang sangat mengganggu.

Dalam istilah medisnya, gigi berlubang disebut sebagai karies gigi. Dalam kondisi yang belum parah, dental caries biasanya tidak menyebabkan rasa sakit. Oleh karena itu banyak yang tidak menyadari bahwa gigi mereka telah berlubang.

Namun ketika lubang gigi sudah semakin membesar, makan tak jarang timbul rasa sakit yang tidak tertahankan. Makan tidak mengherankan banyak orang mencari cara mengobati gigi berlubang, setidaknya untuk meredakan rasa sakitnya.

Sebenarnya, cara mengobati gigi berlubang itu banyak sekali, mulai dari menggunakan obat sampai dengan cara yang alami. Hanya saja, kebanyakan cara itu hanya meredakan rasa sakitnya untuk sementara waktu. Jika tidak mendapat tindakan lanjut secara medis, besar kemungkinan nyeri akibat gigi berlubang akan datang lagi suatu hari.

Selanjutnya dalam artikel ini akan dibahas mengenai sejumlah cara mengobati gigi berlubang yang efektif untuk meredakan rasa nyerinya. Namun sebelum itu, berikut adalah penjelasan mengenai gigi berlubang dan penyebabnya, seperti yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (17/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Apa itu gigi berlubang?

Gigi berlubang memiliki istilah medis yang disebut dental caries. Dental caries adalah masalah gigi yang disebabkan oleh infeksi bakteri kariogenik, yang melekat pada gigi, terutama Streptococcus Mutans. Bakteri tersebut dapat mengubah gula untuk menghasilkan asam. Asam ini dalam jangka waktu yang lama akan merusak gigi.

Menurut WHO, dental caries atau gigi berlubang merupakan masalah kesehatan yang hampir dialami oleh sebagian besar orang di seluruh dunia. Dental caries dapat dicegah dengan menghindari makanan yang mengandung gula.

Dental caries atau gigi berlubang yang sudah parah dapat menyebabkan ketidaknyamanan, termasuk kesulitan makan dan tidur. Pada stadium lanjut, gigi berlubang dapat menyebabkan nyeri dan infeksi sistemik kronis atau pola pertumbuhan yang merugikan.

Nyeri yang ditimbulkan oleh gigi berlubang adalah hal yang sering dikeluhkan banyak orang. Sebab nyeri ini sangat mengganggu, bahkan bisa membuat seseorang tidak bisa tidur dan kesulitan untuk makan. Meski demikian, nyeri yang timbul akibat gigi berlubang dapat dihilangkan dengan segera.

Berikut adalah sejumlah cara mengobati gigi berlubang, mulai dari cara alami sampai menggunakan obat-obatan.

3 dari 6 halaman

Cara Mengobati Gigi Berlubang

1. Kumur dengan Air Garam

Cara mengobati gigi berlubang bisa menggunakan air garam. Caranya, larutkan garam dengan air hangat. Lalu larutan tersebut digunakan untuk berkumur. Air garam dapat berfungsi sebagai antibaketeri dan dapat membantu mengurangi pembengkakan serta rasa sakit.

2. Kantong Teh Peppermint

Cara mengobati gigi berlubang selanjutnya adalah dengan menggunakan kantong teh peppermint. Cara pemakaiannya cukup dengan menempelkan kantong teh bekas yang masih hangat ke daerah yang terasa sakit selama beberapa menit. Kemudian, lakukan hal tersebut sampai rasa sakit pada gigi mulai berkurang.

3. Thyme

Cara mengobati gigi berlubang bisa juga menggunakan thyme. Thyme memiliki kandungan yang disebut timol, yang memiliki sifat antibakteri serta antioksidan yang kuat. Caranya, teteskan minyak esensial thyme pada kapas, selanjutnya oles ke daerah yang sakit. Anda juga dapat meneteskan minyak thyme tersebut ke dalam segelas air lalu digunakan untuk berkumur.

4. Minyak Cengkeh

Cara mengobati gigi berlubang bisa menggunakan minyak cengkeh. Ini karena cengkeh memiliki kandungan yang disebut eugenol, yang merupakan jenis antiseptik alami.

Caranya, teteskan minyak cengkeh pada kapas yang bersih, lalu cukup tempelkan pada gigi dan gusi yang sakit. Minyak cengkeh sendiri bisa didapatkan dengan mudah dan dijual bebas di pasaran.

 

4 dari 6 halaman

5. Cuka Apel

Cuka apel bisa membantu menjaga kebersihan gigi dan mulut. Asam yang terkandung di cuka apel bisa mengendalikan bakteri dalam rongga mulut. Caranya cukup larutkan cuka apel ke dalam air dan gunakan untuk berkumur. selain itu, cuka apel bisa juga diteteskan ke dalam gulungan kapas kecil dan tempelkan ke bagian yang sakit.

6. Lidah Buaya

Cara mengobati gigi berlubang bisa juga dengan menggunakan lidah buaya. Gel yang ada pada lidah buaya ampuh untuk meredakan rasa sakit. Cara penggunaannya cukup dengan mengoleskan sedikit gel lidah buaya pada daerah yang sakit, lalu pijat dengan lembut.

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki kualitas antibakteri alami yang baik serta ampuh untuk menghancurkan kuman penyebab kerusakan pada gigi. Maka dari itu cara menghilangkan sakit gigi dengan lidah buaya sangat direkomendasikan.

7. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antiseptik dan antibiotik alami yang ampuh untuk membantu melawan infeksi. Kandungan senyawa allicin yang ada dalam bawang putih juga dapat akan mengurangi rasa nyeri di gigi.

Caranya, siapkan satu siung bawang putih kupas, lalu potong jadi dua bagian. Selanjutnya, letakkan potongan bawang putih mentah tadi ke bagian gigi yang sakit. Anda juga bisa mengunyah langsung bawang putih tersebut selama beberapa menit.

8. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji memiliki sifat antiradang yang bisa membantu sembuhkan luka. Daun jambu biji juga punya sifat antimikroba yang akan membantu melindungi kesehatan gigi serta mulut.

Cara mengobati gigi berlubang dengan daun jambu biji adalah dengan mengunyah daun jambu biji segar yang sudah dicuci bersih. Apabila tidak bisa mengunyah daun jambu biji mentah, bisa menambahkan daun jambu biji yang dihaluskan ke dalam air mendidih. Kemudian, gunakan larutan tersebut untuk obat kumur.

5 dari 6 halaman

9. Bawang Merah

Apabila tidak ada bawang putih, atau kurang suka aroma dari bawang putih, maka bawang merah bisa jadi alternatif cara mengobati gigi berlubang. Kandungan antimikroba serta antiseptik dalam bawang merah bisa menghilangkan rasa nyeri. Cara penggunaannya hampir sama dengan bawang putih, yaitu dengan dikunyah langsung atau dihaluskan dan tempel ke bagian yang sakit.

10. Daun Sirih

Cara mengobati gigi berlubang bisa juga dengan menggunakan daun sirih. Daun sirih merupakan resep tradisional sejak zaman nenek moyang yang terbukti ampuh sebagai cara menghilangkan sakit gigi.

Daun sirih berguna sebagai penguat gigi, menghentikan pendarahan pada gusi, menghilangkan bau mulut, dan juga sebagai antiseptik alami. Anda bisa menggunakannya dengan cara mengunyah daun sirih atau merebusnya kemudian digunakan untuk berkumur

11. Asam Jawa

Asam Jawa juga merupakan salah satu bahan alami berikutnya yang bisa digunakan sebagai antiseptik alami. Cara mengobati gigi berlubang dengan asam Jawa adalah dengan menyangrai biji asam Jawa lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

12. Air Kelapa

Air kelapa juga berguna sebagai antiseptik alami. dengan kata lain, air kelapa juga bisa digunakan sebagai cara mengobati gigi berlubang. Caranya air kelapa digunakan untuk berkumur setiap setelah gosok gigi.

6 dari 6 halaman

13. Obat Pereda Rasa Sakit/Pain Killer

Obat yang dijual bebas, seperti acetaminophen, paracetamol dan ibuprofen, dapat meredakan nyeri sementara untuk sakit gigi. Beberapa salep obat juga dapat membantu mengurangi nyeri sakit gigi. Gel dan salep mati rasa OTC yang mengandung bahan-bahan seperti benzokain dapat membuat area tersebut mati rasa.

14. Obat Kumur

Obat kumur juga dapat digunakan dalam cara mengobati gigi berlubang. Namun pilihlah obat kumur yang memiliki kandungan benzydamine HCl yang sangat berguna untuk meringankan peradangan dalam rongga mulut.

Untuk mendapatkan obat ini bisa kamu dapatkan di apotek atau toko obat lainnya. Cara pakainya juga cukup mudah, yaitu dengan berkumur sebanyak 1½ sendok makan selama 60 detik, 2-3 kali sehari.

15. Kompres Dingin

Penggunaan kompres dingin juga bermanfaat dalam cara mengobati gigi berlubang. Kompres dingin tersebut akan menyempitkan pembuluh darah dan dapat memperlambat aliran darah yang menuju daerah yang sedang sakit.

Caranya dengan mengambil beberapa bongkah es batu. Kemudian lilit es batu dengan kain bersih dan tahan di samping pipi minimal 20 menit.

16. Tambal dan Cabut Gigi

Sejumlah cara yang telah disebutkan sebelumnya memang sangat efektif untuk menghilangkan rasa nyeri akibat gigi berlubang. Namun efeknya hanya sementara. Dengan kata lain, jika gigi berlubang tidak ditangani secara medis, makan rasa nyeri itu bisa datang lagi di kemudian hari.

Cara mengobati gigi berlubang tergantung dengan tingkat keparahannya. Jika gigi berlubang masih belum terlalu parah, dokter biasanya menyarankan untuk melakukan penambalan. Namun jika gigi berlubang sudah terlalu parah, makan pencabutan perlu dilakukan agar infeksi tidak menyebar.

Rasa nyeri yang timbul di sekitar gigi berlubang ini sebenarnya akibat dari infeksi yang sudah menyebar hingga ke saraf gigi. Jadi cara mengobati gigi berlubang agar nyerinya bisa hilang secara permanen adalah dengan menambal atau mencabut gigi yang berlubang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.