Sukses

Mengapa Kita Harus Menghemat Energi? Ini 7 Alasan dan Cara Penghematannya

Alasan mengapa kita harus menghemat energi serta cara menghematnya.

Liputan6.com, Jakarta Terdapat banyak alasan mengapa kita harus menghemat energi, di antaranya adalah untuk menghemat uang hingga untuk melindungi alam dari kerusakan lebih lanjut. Menghemat energi adalah topik yang selalu diperdebatkan, karena kita semua menggunakan energi dalam kehidupan sehari-hari dan menghematnya mungkin akan membuat pekerjaan berkurang.

Namun pada kenyataannya menghemat energi tidaklah merugikan, namun sebaliknya dapat menyelamatkan energi untuk penggunaan di masa depan yang berkelanjutan. Hal ini lah yang membuat penting bagi kita untuk mengetahui alasan mengapa kita harus menghemat energi, salah satunya adalah untuk meningkatkan kesadaran kita.

Terdapat banyak alasan mengapa kita harus menghemat energi. Terdapat juga banyak manfaat dan cara menghemat energi yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Sayangnya masih banyak orang yang belum paham dan mengerti tentang pentingnya upaya menghemat energi.

Sebagai pedoman, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber dari berbagai sumber, alasan mengapa kita harus menghemat energi serta cara menghematnya, Rabu (19/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengapa Kita Harus Menghemat Energi?

Dengan pergeseran gaya hidup baru-baru ini, terutama dengan diperkenalkannya mobil listrik dan penggunaan sumber energi alternatif, terdapat beberapa alasan mengapa kita harus menghemat energi yang ada, berikut penjelasannya:

1. Kurangi Biaya Hidup

Menghemat energi biasanya mengurangi biaya hidup. Ketika masyarakat mengkonsumsi lebih sedikit bahan bakar atau listrik, penurunan permintaan menyebabkan harga turun. Selain itu, sebagian besar peralatan bertahan lebih lama jika orang menggunakannya lebih jarang. Ini mengurangi pengeluaran untuk perbaikan mobil, komputer, AC, dan peralatan dapur.

2. Menguntungkan Lingkungan Dan Melindungi Satwa Liar

Konsumsi yang lebih sedikit bermanfaat bagi lingkungan dan melindungi satwa liar. Ini mengurangi polusi udara langsung dari mesin, kendaraan dan pembangkit listrik. Konservasi juga mengurangi jumlah proyek ekstraksi berbahaya dan tumpahan terkait. Penambangan batu bara dan kecelakaan tenaga nuklir telah menyebabkan kerusakan serius pada lingkungan.

3. Pembangkit Listrik Lebih Sedikit

Jika masyarakat menghemat listrik, utilitas tidak perlu membangun pembangkit listrik sebanyak-banyaknya. Fasilitas ini seringkali tidak sedap dipandang, menimbulkan banyak kebisingan dan menimbulkan bahaya keamanan bagi penduduk sekitar. Bahkan turbin angin menghasilkan kebisingan dan membunuh burung yang secara tidak sengaja terbang ke dalamnya.

4. Meningkatkan Kesehatan

Dengan menghemat bahan bakar, orang dapat melindungi kesehatan sesama manusia juga. Polusi menyebabkan atau memperburuk berbagai masalah medis yang serius, seperti kanker paru-paru dan asma. Hal ini mengakibatkan penderitaan yang tidak perlu dan biaya perawatan kesehatan.

5. Mengurangi Ketergantungan

Kurang konsumsi mengurangi ketergantungan pada teknologi yang kompleks, sistem transportasi dan perjanjian perdagangan. Jika orang menghemat bahan bakar, kemungkinan kelangkaan bahan bakar akan berkurang ketika terjadi bencana alam, kecelakaan atau konflik militer. Konservasi membuatnya lebih layak untuk mengandalkan pasokan energi lokal dan regional.

6. Sumber Daya yang Terbatas

Beberapa sumber daya yang digunakan orang untuk menghasilkan listrik terbatas. Misalnya, planet ini tidak mampu menciptakan pasokan batubara atau uranium tambahan. Dengan menghemat daya listrik, orang dapat memastikan bahwa energi yang terjangkau tersedia untuk generasi mendatang.

7. Buat Dampak Positif

Tampaknya upaya pribadi terhadap konservasi memiliki dampak yang kecil, tetapi mereka dapat mencapai lebih banyak dengan memberikan contoh yang baik. Orang-orang lebih cenderung mengambil langkah untuk menghemat bahan bakar dan listrik ketika mereka melihat teman, tetangga, atau orang tua mereka melakukannya.

3 dari 3 halaman

Cara Menghemat Energi di Rumah

Setelah anda mengetahui dan memahami alasan mengapa kita harus menghemat energi, hal yang selanjutnya harus anda lakukan adalah mempraktekannya langsung dalam kehidupan dan kegiatan sehari-hari. Cara menghemat energi ini bisa dilakukan di rumah dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Mematikan lampu saat keluar kamar

Kebiasaan dasar yang harus ditumbuhkan dan dipupuk adalah memastikan bahwa anda selalu mematikan lampu saat meninggalkan ruangan. Buat pengingat untuk melakukannya sampai Anda terbiasa melakukannya secara tidak sadar. Anda dapat menghemat sebagian besar biaya listrik bulanan anda dengan melakukan sesuatu yang sederhana seperti ini secara teratur.

2. Gunakan lampu LED

Cara menghemat energi yang berikutnya adalah dengan menggunakan lampu LED. Banyak rumah beralih ke lampu LED pintar karena tidak hanya terlihat gaya dan terjangkau, tetapi juga jauh lebih efisien daripada lampu halogen.

3. Beralih ke peralatan yang efisien

Pengering dan lemari es adalah dua peralatan paling boros energi di rumah dan menggantinya dengan model yang lebih efisien dapat mengurangi penggunaan listrik hingga setengahnya, sehingga mengurangi tagihan listrik anda. Memasang pompa panas adalah ide lain untuk mengurangi konsumsi listrik. Secara umum, perawatan dan penggantian peralatan setiap beberapa tahun akan mengurangi beban penggunaan listrik anda.

4. Kurangi penggunaan air

Beberapa perbaikan mudah untuk mengurangi konsumsi air anda bisa mandi cepat, hanya menggunakan jumlah air yang dibutuhkan saat memasak dan mematikan keran yang mengalir saat tidak digunakan bahkan untuk beberapa detik.

5. Gunakan perangkat otomatis pintar

Perangkat otomatis pintar dapat menurunkan tagihan energi anda bahkan ketika anda lupa untuk mematikannya. Sistem otomatisasi pintar akan mendeteksi saat anda tidak lagi menggunakan perangkat dan mematikan catu daya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.