Sukses

5 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok untuk Pemula, Perbanyak Pengikut

Cara mendapatkan uang dari TikTok juga tidak sulit bila kamu memang benar-benar serius menjalaninya.

Liputan6.com, Jakarta Cara mendapatkan uang dari TikTok mungkin bikin banyak orang penasaran. Pasalnya, sekarang ini banyak orang memanfaatkan media sosial untuk mencari uang. TikTok menjadi salah satu media sosial yang banyak digemari dan juga menjadi tempat banyak orang mencari cuan.

Saat ini, TikTok sudah menjadi salah satu media sosial yang wajib diikuti oleh anak muda. Hal ini tentunya tidak mengherankan, karena aplikasi dengan format video pendek ini menawarkan konten-konten yang relate dengan banyak anak muda.

Cara mendapatkan uang dari TikTok juga tidak sulit bila kamu memang benar-benar serius menjalaninya. Namun, sebelum itu kamu tentunya perlu membentuk branding terlebih dahulu dan mendapatkan banyak pengikut. Hal ini bisa kamu capai dengan membuat konten yang disukai banyak orang dan masuk ke trending atau FYP.

Tentunya mendapatkan uang dari TikTok bukanlah kerja yang instan. Namun, dengan kreativitas dan kerja keras, hal ini tentu bukannya tidak mungkin kamu capai. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (24/10/2022) tentang cara mendapatkan uang dari TikTok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

1. TikTok Shop

Cara mendapatkan uang dari TikTok yang pertama yaitu dengan menjual barang atau jasa. Kamu bisa menggunakan fitur toko di TikTok untuk menjual barang dan jasa. TikTok Shop adalah fitur yang memungkinkan pengguna TikTok untuk menjual atau membeli produk melalui media sosial tersebut.

Jadi, jika ada seseorang yang tertarik dengan suatu produk yang tampil dalam video TikTok, baik penjual atau pembeli tidak perlu lagi membuka aplikasi lain untuk melakukan transaksi. Semuanya bisa dilakukan di TikTok.

2. TikTok Live

Menggunakan TikTok Live merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari TikTok. Melakukan siaran langsung dan mengumpulkan gift dari pengikut akun TikTok kamu juga bisa menjadi cara mendapatkan uang di TikTok. Nantinya, gift yang kamu terima dari penonton akan dapat ditukarkan dengan cara pembyaran sesuai dengan nilai mata uang yang berlaku. Orang-orang tentunya akan menonton live kamu bila memang kamu memiliki banyak pengikut dan konten yang kamu buat disukai banyak orang.

3 dari 4 halaman

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

3. TikTok Ads

Cara mendapatkan uang dari TikTok berikutnya yaitu dengan TikTok Ads. Fasilitas iklan dari TikTok ini tidak jauh berbeda dengan platform lainnya, berfungsi untuk mengembangkan monetisasi akun pengguna. Kamu yang sudah memiliki followers lebih dari sepuluh ribu tentunya perlu mengaktifkan monetisasi ini agar mendapatkan penghasilan dari konten-kontenmu. Untuk mengaktifkannya, kamu perlu membyar terlebih dahulu, namun jangkauan dari kontenmu tentu akan menjadi semakin lebar dan menghasilkan uang lebih banyak pula.

4. Membuat Konten dengan Sponsor

Konten dengn sponsor merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari TikTok berikutnya. Hal ini tentunya bisa kamu lakukan bila kamu memiliki pengikut yang banyak pula. Biasanya influencer dengan pengikut yang banyak menerima kerja sama dengan sponsor untuk membuat konten terkait sponsor tersebut. Contohnya saja bila kamu mempunyai kaun TikTok yang membahas tentang traveling, kamu bisa bekerja sama dengan Dinas Pariwisata, dan membuat konten yang disponsori langsung oleh Dinas Pariwisata.

5. Menautkan Link pada Konten di Platform Lain

Cara mendapatkan uang dari TikTok selanjutnya adalah dengan menautkan link pada konten di platform lain seperti Instagram, Facebook, maupun YouTube. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan banyak engagement organik dari TikTok pada platform sosial media lainnya, usai seorang pengikut melihat video TikTok yang kamu unggah. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi kamu yang aktif di banyak media sosial atau memiliki akun media sosial lain yang juga memiliki banyak pengikut.

4 dari 4 halaman

Cara Mendapatkan Pengikut yang Banyak di TikTok

Cara mendapatkan uang dari TikTok tentunya membuat kamu perlu memiliki pengikut yang banyak di TikTok. Melansir KapanLagi, berikut cara mendapatkan pengikut yang banyak di TikTok:

1. Maksimalkan Akun TikTok

Isi profil dengan lengkap. Tujuannya tentu semakin lengkap profil yang kamu isi, bisa jadi cara menarik pengguna lain untuk segera follow. Oleh karena itu memaksimalkan akun TikTok dengan melengkapi profil akun bisa jadi cara termudah untuk menambah followers TikTok.

2. Merencanakan Konten Secara Matang

Setiap platform media sosial seperti TikTok memiliki ciri khasnya tersendiri. Kamu bisa menjadikan konten yang diunggah sebagai media cara menambah followers. Membuat konten TikTok yang menarik tentunya dapat membantu meningkatkan jumlah pengikut akun TikTok kamu. Konten yang unik dan mudah diingat bisa jadi pilihan buatmu merencanakan ide konten.

3. Gunakan Hashtag

Cara menambah pengikut TikTok berikutnya adalah dengan menggunakan hashtag. Caranya sangat gampang, kamu hanya perlu menambahkan tanda # pada saat mengunggah konten di TikTok. Pilih hashtag yang sekiranya banyak digunakan oleh orang-orang sehingga memudahkan pengguna lain menemukan konten TikTok kamu.

4. Kolaborasi dengan Pengguna Lain

Cara menambah followers TikTok selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur kolaborasi. Untuk berkolaborasi kamu dapat menggunakan fitur TikTok misalnya live bareng, atau membuat konten kolaborasi secara virtual atau tidak bertemu langsung. Salah satunya manfaatkan fitur duet untuk berkolaborasi dengan konten kreator lainnya.

5. Unggah Konten di Waktu Tepat

Menentukan waktu yang tepat untuk mengunggah konten TikTok juga sangat penting. Memilih jam-jam yang tepat saat para pengguna tengah menggunakan TikTok bisa jadi pilihan. Sehingga dapat membantumu mempromosikan konten TikTok yang bisa meningkatkan jumlah followers.

6. Jangan Ragu Follow Pengguna Lain

Pasalnya tidak ada salahnya untuk follow akun lain yang memiliki kesamaan dengan konten kamu. Selain itu berusaha jadi followers aktif bisa membuat akun TikTok kamu bikin penasaran pengguna lain. Manfaatnya jika pengguna lain tertarik dengan konten TikTok kamu maka membuat mereka ingin segera follow.

7. Bangun Interaksi dengan Followers atau Pengguna Lain

Membangun interaksi dengan followers juga termasuk cara menambah followers yang efektif. Di mana kamu dapat aktif berinteraksi dengan para followers untuk membuat mereka tetap betah mengikuti konten-konten kamu. Misalnya saja dengan membalas komentar followers di TikTok. Selain itu ketika live TikTok bisa juga aktif menanggapi komentar mereka dengan tanggapan baik dan positif.

8. Promosikan Lewat Akun Media Sosial Lain

Cara menambah followers TikTok berikutnya adalah dengan mempromosikan konten TikTok di aplikasi media sosial lainnya. Gunakan fitur bagikan via media sosial untuk dapat digunakan sebagai cara menambah followers TikTok kamu. Apalagi jika konten yang kamu buat terbilang unik, maka bisa jadi menarik perhatian pengguna media sosial lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.