Sukses

26 Cara Mengobati Asam Lambung yang Efektif, Konsumsi Jahe & Air Putih

Cara mengobati asam lambung yang mudah dan praktis, secara alami dengan mengonsumsi air putih.

Liputan6.com, Jakarta Refluks asam dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan suara serak, di mana dapat menghasilkan gejala kronis yang dikenal sebagai gangguan refluks gastroesofageal, atau GERD. Gerd atau yang lebih dikenal dengan Asam lambung ini, merupakan kondisi kesehatan yang bisa dialami oleh orang dewasa atau anak-anak. Oleh karena itu, terdapat beberapa cara mengobati asam lambung yang mudah dan alami, tanpa obat - obatan, serta efek samping. 

Cara mengobati asam lambung bisa diatasi, dengan mengontrol derajat keasamannya bukan untuk menetralisir. Asam lambung yang naik dapat menyebabkan luka, karena memiliki senyawa disinfektan yang terdiri dari asam klorida, natrium klodira, dan kalium klorida. Disaat semua senyawa menumpuk di lambung maka akan muncul sensasi terbakar di dada, radang tenggorokan, hingga sering sendawa. 

Melansir dari laman healthline, cara mengobati asam lambung bisa dilakukan secara alami dan mudah, yaitu dengan permen karet modern yang terbuat dari karet getah atau damar dan chicle. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa buah seperti melon, semangka, pisang, yang membantu menetralkan keasaman di dalam lambung.

Berikut ini cara mengobati asam lambung yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (25/10/2022). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Mengobati Asam Lambung

1. Konsumsi Minuman Jahe

Cara mengobati asam lambung secara alami bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi minuman jahe. Ketika Anda mengonsumsi rempah-rempah seperti jahe, maka membantu Anda mengobati asam lambung. Minuman yang berkhasiat ini, baik untuk penderita asam lambung. Kandungan antiradang yang dimiliki oleh jahe, bisa mengatasi masalah pencernaan. Oleh karena itu, penderita maag dan GERD bisa mengonsumsinya ketika ada dalam masa pemulihan. 

2. Air Putih

Cara mengobati asam lambung secara alami bisa diatasi dengan air putih. Saat Anda mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh, secara otomatis bisa menyeimbangkan kadar pH. Selain itu, dengan buah seperti semangka dan melon akan lebih baik lagi. Saat tubuh tercukupi oleh cairan, maka pH lambung lebih seimbang dan bisa membantu usus bekerja lebih cepat. Minum air putih juga akan membantu proses hidrasi dan proses pencernaan.

3. Menurunkan Berat Badan

Cara mengobati asam lambung secara alami, yaitu dengan menurunkan berat badan. Saat seseorang memiliki berat badan yang berlebihan, maka adanya peluang besar untuk memicu asam lambung menjadi naik. Ketika Anda memilih untuk melakukan beberapa aktivitas olahraga untuk menurunkan berat badan, maka langkah ini adalah salah satu bentuk pemulihan yang sangat dianjurkan. Selain itu, hindari juga makanan berlemak yang memicu berat badan untuk meningkat.

4. Madu

Cara mengobati asam lambung secara alami dan cukup populer dilakukan adalah dengan madu. Agar bisa merasakan manfaatnya, maka Anda bisa secara rutin mengonsumsi madu sebanyak 1 sendok teh. Anda juga bisa mencampurkan madu bersama segelas air yang hangat. Akan tetapi, kandungan gula dalam madu cukup tinggi, sehingga takaran juga menjadi salah satu hal penting, agar tak ada efek samping buruk bagi kesehatan. 

 

 

3 dari 5 halaman

Cara Mengobati Asam Lambung

5. Permen Karet

Cara mengobati asam lambung selain dengan madu, bisa juga diatasi dengan permen karet modern yang terbuat dari karet getah atau damar dan chicle. Dalam sebuah penelitian di Journal of Dental Research, menyarankan untuk mengunyah permen karet bebas gula selama 30 menit setelah makan untuk menetralisir asam lambung tinggi. Selain itu, penelitian lain yang dilakukan Rebecca Moazzez dari Kings College di London, Inggris, juga menegaskan bahwa mengunyah permen karet selam 30 menit setelah mengonsumsi makanan berlemak tinggi dapat mengurangi peluang asam lambung naik ke kerongkongan.

6. Hindari Makan Berlebihan

Cara mengobati asam lambung bisa diatasi denbgan mudah, saat Anda menghindari makan makanan secara berlebihan. Perlu diketahui bahwa saat Anda makan, maka kerongkongan akan terbuka hingga ke perut. Oleh karena itu, hindari makan dalam jumlah yang banyak apalagi penderita yang sudah memiliki riwayat asam lambung. Perlu memperhatikan posisi tubuhnya setelah makan, dan beri jeda beberapa saat agar makanan yang masuk, tidak keluar kembali melalui tenggorokan. 

7. Oatmeal

Cara mengobati asam lambung juga bisa diatasi dengan oatmeal, di mana mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat menurunkan berat badan, mengurangi kadar gula darah dan kolestrol, bahkan dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Asam lambung dapat meningkat saat terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan manis, maka oatmeal sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena mengurangi kadar gula darah pada penderita asam lambung.

8. Lidah Buaya

Cara mengobati asam lambung juga secara alami dengan lidah buaya, karena memiliki kandungan mukopolisakarida di dalam lidah buaya yang berguna memulihkan radang, termasuk radang saluran pencernaan dan arthritis. Lidah buaya juga mengandung saponin yang mempunyai kemampuan antiseptic, sehingga berfungsi sebagai antibiotik, penghilang rasa sakit, juga dapat merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit.

 

 

4 dari 5 halaman

Cara Mengobati Asam Lambung

9. Licorice

Cara mengobati asam lambung juga bisa Anda atasi dengan licorice, di mana jenis akar Glycyrrhiza bisa mengobati asam lambung dengan baik. Kandungan dalam licorice dapat membantu menebalkan lapisan mukosa pada esofagus. Licorice juga diketahui dapat meredakan peradangan di saluran pencernaan dan tukak lambung. Anda bisa mengonsumsi teh yang diolah dari akar licorice namun dengan takaran secukupnya, agar tak menimbulkan efek samping yang buruk untuk tubuh. 

10. Peppermint

Cara mengobati asam lambung dengan pappermint yang memiliki efek antipasmodik. Dengan efek ini, mampu meredam mual, muntah, gangguan pencernaan, dan maag. Akan tetapi, perlu dipahami bahwa pappermint hanya dianjurkan untuk mengatasi masalah refluks, karena peppermint dapat mengendurkan katup pada bawah esofagus. 

11. Cuka Apel

Cara mengobati asam lambung juga bisa secara alami dengan cuka apel, untuk meredakan kenaikan asam lambung. Namun, sebenarnya belum ada penelitian yang dilakukan lebih lanjut, sehingga beberapa kasus mungkin akan membuat nyeri dada akibat asam lambung semakin terasa. Saat Anda mengonsumsi cukap apel dan muncul sensasi panas, maka hentikan dan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

 

5 dari 5 halaman

Cara Mengobati Asam Lambung Lainnya

Cara mengobati asam lambung lainnya yang bisa Anda lakukan adalah : 

a. Cara mengobati asam lambung bisa menggunakan buah pisang, dikarenakan pisang mengandung basa yang cocok dikonsumsi pengidap asam lambung.

b. Cara mengobati asam lambung  juga bisa dengan mengonsumsi sayuran hijau, karena dikenal menjaga derajat keasaman lambung.

c. Cara mengobati asam lambung juga bisa hindari tidur setelah makan. 

d. Cara mengobati asam lambung bisa dengan buah semangka, karena dapat menghidrasi tubuh secara alami, membantu menetralkan keasaman di dalam lambung. 

e. Melon juga memiliki kandungan basa yang cukup tinggi dari kandungan magnesium, sehingga dapat mengobati asam lambung

f. Apel adalah buah yang memiliki kandungan kalsium, magnesium, dan kalium, sehingga mampu mengobati asam lambung. Perlu juga membatasi kadar dalam mengonsumsinya. 

g. Cara mengobati asam lambung bisa dengan buah persik, karena memiliki kandungan asam rendah dan baik dikonsumsi pengidap refluks asam lambung.

h. Pepaya juga dapat meredakan asam lambung, karena mengandung vitamin K, beta-karoten, dan kalsium.

i. Cara mengobati asam lambung bisa dengan buah pir, di mana memiliki kandungan keasaman 3.5 hingga 4.6 yang memenuhi syarat sebagai buah yang bermanfaat untuk menurunkan keasaman di perut. 

j. Cara mengobati asam lambung juga dengan mudah Anda lakukan, adalah menarik nafas dalam-dalam, karena kadar udara yang masuk dapat menguatkan otot-otot yang berada di bawah tenggorokan, sehingga mampu mengurangi risiko naiknya asam lambung.

k. Cara mengobati asam lambung juga bisa dengan obat yang diformulasi dengan Hydrotalcite, Magnesium Hydroxide, dan Simethicone dalam meredakan gejala sakit mag dan asam lambung.

l. Cara mengobati asam lambung juga bisa dengan mudah Anda lakukan yaitu, kelola stres dan meminimalkannya. 

m. Cara mengobati asam lambung secara alami, bisa dengan berdiri setelah makan, agar kamu tetap dapat mengontrol keberadaan makanan pada lambung dan jumlah produksi asam lambung. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.