Sukses

Mirip Terminator, Pria Ini Ubah Rongga Mata Kanannya Jadi Senter

Aksi nyeleneh membuat senter di bekas mata kanan.

Liputan6.com, Jakarta Film punya beragam dampak bagi si penonton. Mulai dari sebuah teori, kata-kata yang mempengaruhi kehidupan, hingga mempraktikkan adegan film dalam kehidupan sehari-hari. Hal inilah yang dilakukan seorang pria yang terobsesi dari The Terminator, film fiksi ilmiah yang pertama kali rilis pada tahun 1984. 

Melansir dari Mashable, seorang pria dikabarkan telah mengisi rongga mata kanannya dengan sebuah senter. Aksi ini dilakukan langsung oleh Brian Stanley yang berasal dari California Selatan. Ia memang sengaja mengubah mata kanannya menjadi sebuah perangkat senter. 

Penampilannya sekilas terlihat mirip dengan robot cyborg Terminator dalam film yang punya banyak sekuel itu. Uniknya, lampu senter yang tertanam dalam bola mata kanannya itu punya fungsi yang sangat bermanfaat untuk aktivitas hariannya. Potret hasil ciptaannya ini bahkan ia bagikan lewat media sosial yang seketika mencuri perhatian. 

“Dia menyebut teknologi itu sebagai "Lampu Tengkorak Titanium", dan menambahkan bahwa itu "sempurna untuk membaca dalam gelap", mungkin selain membantunya menavigasi ruang gelap tanpa memerlukan lampu atau senter pada orangnya,” kutip dari Mashable (27/10/2022).

Bukan tanpa alasan, Bryan Stanley mengubah matanya menjadi lampu senter ini akibat komplikasi medis yang menimpa mata kanannya itu. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kehilangan Bola Mata Karena Kanker

Meski punya penampilan yang keren, Brian Stanley sebelumnya mengalami cacat mata. Ia pernah berjuang mempertahankan mata kanannya yang punya sel kanker. Namun nahas, keberuntungan belum berpihak pada Stanley, keseluruhan bola mata kanannya harus diangkat akibat kanker yang kritis. 

“Saya kehilangan mata saya karena kanker jadi saya membuat ini dan mengubah kepala saya menjadi senter,” kata Brian Stanley yang berkreasi lewat mata kanannya. 

Stanley tak ingin berlarut akan takdir yang mengharuskan ia kehilangan satu mata. Diketahui dia merupakan seorang insinyur dan bergelut di bidang prototipe tak kehabisan akal. Daripadanya dia memanfaatkan keterampilannya itu untuk mengkreasikan rongga mata yang kosong usai pengobatan kanker mata.

Menariknya, Stanley punya motivasi kuat untuk menjadikan mata kanan yang hilang itu jadi sesuatu yang lebih bermanfaat. 

3 dari 3 halaman

Jadi Mirip Terminator hingga ‘Sharingan’ Naruto

Lewat video pribadi yang diunggah Stanley, kamu dapat melihat bagaimana cahaya lampu mata kanannya itu bersinar terang. Lampu senter di rongga mata kanannya itu dihidupkan oleh sensor jarak, dan lebih mengesankannya lagi, ia mengklaim bahwa alat tersebut punya daya tahan baterai sekitar 20 jam dan bahkan dapat beroperasi tanpa memanas.

Meski punya kesan yang keren, hingga sukses mencuri perhatian, mata senter Stanley sangat menarik dalam arti bahwa ia memiliki fungsi yang sangat berguna. 

Menelusuri video-videonya yang lain, tampaknya Stanley juga telah banyak bereksperimen pada mata palsunya di masa lalu. Ia menggunakan warna dan desain yang berbeda untuk mendapatkan tampilan yang menarik. 

Misalnya, Brian Stanley membuat desain serupa mata "Sharingan" dari Naruto, tampilan mata T800 dari Terminator, dan banyak lagi lainnya yang membuatnya mendapatkan pujian atas kreativitas dan kejeniusannya.

@bsmachinist

A brief demonstration of my Titanium Cyborg Eye as a flashlight! #technology #eyes #flashlight #led #prostheticeye #prosthetics #ocularprosthetics #oneeyegang #oneeye #cyborg #cyborgeye #cyberpunk #cyberpunkedgerunners

♬ Phonky Tribu - Funk Tribu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.