Sukses

Cara Mengetahui Weton, Ketahui Fungsi dan Watak Berdasar Neptu

Berikut adalah cara mudah mengetahui weton serta cara menghitung neptu. Ketahui juga watak seseorang berdasarkan neptunya.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengetahui weton sebenarnya cukup mudah. Bahkan sekarang sudah ada aplikasi online yang bisa digunakan untuk mengetahui weton dan neptu. Meski sekarang memutuskan sesuatu berdasarkan perhitungan weton sudah jarang dilakukan, namun sejak zaman dahulu weton digunakan oleh orang Jawa untuk mempertimbangkan baik buruknya suatu pilihan. Dengan kata lain, weton punya peran penting dalam hal pengambilan keputusan.

Bahkan weton punya peran penting dalam memilih jodoh. Keputusan dalam memilih jodoh didasarkan pada suatu perhitungan berdasarkan hari lahir dua pasangan. Hasil dari perhitungan tersebut dapat memperlihatkan kelebihan dan kekurangan jika keduanya menikah.

Jika Anda mencoba untuk melihat kecocokan dengan pasangan berdasarkan weton, penting untuk mengetahui weton Anda sendiri dan pasangan. Sekarang, cara menghitung weton tidak terlalu sulit, karena sudah aplikasi yang tersedia untuk mengetahuinya.

Dari aplikasi tersebut, Anda tidak hanya cukup memasukkan tanggal lahir Anda, lalu weton Anda akan muncul dengan sendirinya. Namun sebelum membahas mengenai tentang cara mengetahui weton, penting bagi kita untuk tahu apa itu weton. Berikut adalah pengertian weton dan neptu, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (28/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Weton

Pengertian weton sebenarnya sangat sederhana. Weton adalah hari lahir. Hari lahir yang dimaksud adalah gabungan dari hari berdasarkan kalender Masehi dan hari berdasarkan pasaran. Misalnya seseorang lahir di tanggal 8 Agustus 1998, maka weton atau hari lahirnya adalah Sabtu Kliwon Weton biasanya juga dikaitkan dengan neptu. Lalu apa itu neptu? Jadi begini, setiap hari masehi maupun hari pasaran memiliki nilainya masing-masing. Misalnya sebagai berikut:

Hari

Senin = 4

Selasa = 3

Rabu = 7

Kamis = 8

Jumat = 6

Sabtu = 9

Minggu = 5

Pasaran

Pon = 7

Wage = 4

Kliwon = 8

Legi = 5

Pahing = 9

Neptu adalah nilai dari weton. Misalnya seseorang lahir pada 8 Agustus 1998, berarti dia punya weton Sabtu Kliwon. Sabtu memiliki nilai 9, sedangkan kliwon memiliki nilai 8, maka 9 + 8 = 17. Nilai 17 merupakan neptu dari weton Sabtu Kliwon.

3 dari 5 halaman

Fungsi Weton

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, weton memiliki peran penting dalam pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan ini termasuk dalam memilih jodoh (menghitung kecocokan) dan mencari hari baik. Selain itu, weton juga dipercaya dapat menjadi metode untuk mengetahui watak dan perilaku seseorang. Berikut adalah fungsi weton sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan.

1. Menghitung Kecocokan Pasangan

Weton biasanya digunakan untuk menghitung kecocokan pasanga. Masing-masing pasangan akan dihitung neptunya masing-masing. Setelah itu neptu masing-masing pasangan dijumlahkan, nilainya akan menentukan apakah pasangan ini memiliki kecocokan atau tidak. Selain melihat kecocokan pasangan, weton juga dapat melihat berbagai potensi masalah yang akan terjadi di masa depan jika pasangan tersebut menikah.

2. Memilih Hari Baik

Setelah dinilai cocok, penting untuk memilih hari baik pernikahan. Pemilihan hari baik ini juga didasarkan pada weton. Penentuan hari baik berdasarkan weton pasangan ini memiliki tujuan untuk meminimalisasik potensi masalah yang akan datang di masa depan.

3. Mengetahui Watak dan Perilaku Seseorang

Selain bahan pertimbangan untuk memilih jogoh, weton juga dapat digunakan untuk membaca atau melihat perilaku dan watak seseorang. Cara kerja weton untuk mengetahui watak seseorang kurang lebih mirip seperti zodiak dan shio.

4. Menjauhkan Kesialan

Weton dianggap juga dapat menjauhkan seseorang dari kesialan dan mendatang keberuntungan. Untuk terhidar dari kesialan dan memperoleh keberuntungan, biasanya orang akan melakukan laku puasa di setiap weton-nya.

4 dari 5 halaman

Watak dan Karakter Berdasarkan Weton

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, weton memiliki fungsi untuk mengetahui watak atau karakter seseorang. Karakter seseorang ini dinlai berdasarkan jumlah neptunya, yakni penambahan nilai hari lahir secara masehi dan nilai hari lahir secara pasaran. Kedua nilai tersebut dijumlahkan dan menghasilkan neptu. Setiap neptu, konon memiliki karakter yang berbeda-beda, antara lains ebagai berikut.

1. Pandito Kang Lelaku

Pandito Kang Lelaku adalah watak atau karakter seseorang yang memiliki neptu 7. Orang jenis ini memiliki karakter suka bepergian jauh dengan tujuan tertentu, entah itu untuk urusan liburan ataupun karena pekerjaan. Mereka juga dipercaya memiliki sifa tyang pemalas dan sulit untuk berkomunikasi dengan baik.

2. Lakune Geni

Lakune Geni adalah watak atau karakter seseorang yang memiliki neptu 8. Orang yang memiliki neptu 8, konon memiliki karakter yang suka memendam perasaan. Seperti halnya bara api kecil yang kelak akan semakin membesar dan dapat membakar manusia.

3. Lakune Angin

Lakune angin adalah adalah watak atau karakter seseorang yang memiliki neptu 9. Orang dengan neptu 9 dipercaya sebagai orang yang mudah untuk dipengaruhi oleh orang lain, bahkan terkadang tidak memiliki pendirian dalam hidupnya.

4. Pandito Mbangun Tek

pandito Mbangu Tek adalah watak atau karakter seseorang yang memiliki neptu 10. Orang dengan neptu 10 dipercaya mempunyai karakter yang suka menasihati, tapi tidak suka menerima atau mendengarkan nasihat maupun saran dari orang lain.

5. Lakune Setan

Lakune Setan adalah watak atau karakter seseorang yang memiliki neptu 11. Orang dengan neptu 11 dipercaya tidak dapat dijadikan pemimpin, karena mempunyai watak yang plin-plan dan juga tidak memiliki jiwa pemimpin.

6. Lakune Kembang

lakune Kembang adalah watak atau karakter seseorang yang memiliki neptu 12. orang yang memiliki neptu 12 dipercaya mempunyai karakter yang suka mengalah kepada orang lain dan selalu menebarkan kedamaian.

7. Lakune Lintang

Lakune Lintang adalah watak atau karakter seseorang yang memiliki neptu 13. Orang dengan neptu 13 dipercaya mempunyai pesona yang luar biasa, tapi tidak cocok jadi pemimpin.

8. Lakune Mbulan

Lakune Mbulan adalah watak atau karakter seseorang yang memiliki neptu weton 14. Orang dengan neptu 14 dipercaya mempunyai karakter yang dapat memberikan solusi bagi banyak orang.

9. Lakune Geni

Lakune Geni adalah watak atau karakter seseorang yang memiliki neptu 15. orang ini dipercaya memiliki karakter yang identik dengan pendendam dan amarah.

10. Lakune Bumi

Lakune Bumi adalah watak atau karakter seseorang yang memiliki neptu16. Konon, orang dengan neptu ini mempunyai karakter yang mudah diatur dan juga mengayomi, membuat orang dengan neptu ini sangat cocok untuk menjadi seorang pemimpin.

11. Lakune Gunung

Lakune Gunung adalah watak atau karakter seseorang yang memiliki neptu 17. Orang dengan dengan neptu 17 mempunyai watak yang dapat mengatur suasana hati, pendiam, dan mudah diatur jika ada ada orang yang bisa meraih hatinya.

12. Lakune Paripurna

lakune Paripurna adalah watak atau karakter seseorang yang memiliki neptu weton 18. Orang dengan neptu 18 dipercaya mempunyai karakter yang mendominasi kekuasaan, di mana semua permintaannya harus dipenuhi.

5 dari 5 halaman

Cara Mengetahui Weton

Agar bisa menghitung neptu, tentu penting untuk mengetahui weton. Namun tidak setiap orang mengetahui weton. Cara mengetahui weton paling mudah adalah dengan bertanya pada orang tua. Namun bertanya pada orang tua juga berisiko ada kesalahan informasi, sebab orang tua bisa saja lupa.

Namun, cara mengetahui weton bisa dilakukan dengan mudah, yakni dengan menggunakan aplikasi semacam aplikasi kalkulator weton. Salah satu laman yang menyediakan kalkulator weton adalah Primbon.com.

Kunjungi laman tersebut. Di halaman beranda akan ditampilkan kolom di mana Anda bisa menginput tanggal lahir Anda. Input tanggal lahir Anda, lalu klik "Submit!" atau tekan enter.

Setelah itu, akan muncul tampilan laman yang akan menampilkan tanggal lahir Anda dalam kalender Masehi, weton, mongso, dan wuku. Di bawahnya akan ada ulasan singkat mengenai karakter seseorang berdasarkan weton dan mongso.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.