Sukses

9 Manfaat Masker Spirulina untuk Kecantikan, Bantu Obati jerawat dan Cerahkan Kulit

Liputan6.com, Jakarta Manfaat masker spirulina untuk kecantikan wajah sudah tidak diragukan lagi. Masker spirulina dalam dunia kosmetik sangat baik untuk merawat kulit, terutama kulit sensitif. pirulina adalah sejenis ganggang laut yang mengandung beragam nutrisi. 

Masker spirulina yang mengandung banyak bahan antioksidan mampu mempercantik kulit wajah Anda. Tak heran, banyak para wanita yang menggunakan masker spirulina sebagai perawatan kulit wajah. Spirulina tersedia untuk konsumsi yang aman dalam bentuk kering, seperti bubuk atau serpih atau sebagai suplemen dalam tablet dan kapsul. 

Salah satu manfaat masker spirulina yang cukup populer adalah dapat membantu mengatasi jerawat dan meremajakan kulit secara alami. Manfaat masker spirulina bisa didapatkan kandungan nutrisi di dalamnya. Masker spirulina mengandung protein, asam lemak omega-3, vitamin B, hingga zat besi.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai manfaat masker spirulina untuk kecantikan wajah yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (30/10/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Manfaat Masker Spirulina untuk Kecantikan

1. Cerahkan Kulit Wajah

Manfaat masker spirulina yang terkenal yakni dapat mencerahkan kulit wajah. Dengan kandungan antioksidannya yang tinggi, masker spirulina bisa meningkatkan kecerahan kulit dan akan membuat kulit menjadi tampak lebih bercahaya.

2. Mencegah Penuaan Dini

Dengan menggunakan masker spirulina untuk kecantikan wajah, bisa mencegah terjadinya penuaan dini. Hal ini tidak lain karena kandungan antioksidan, vitamin E, serta beberapa zat lainnya yang ada di spirulina dapat bekerja untuk memperbaiki tanda-tanda penuaan seperti keriput, noda hitam, kerutan halus, dan lainnya. Bahkan masker spirulina juga dapat mengencangkan sel pada kulit.

3. Melembapkan Kulit Wajah

Masker spirulina baik untuk menjaga kelembapan kuli. Hal ini membuat kulit anda terjaga kelembapannya, sehingga dapat mencegah timbulnya kulit kering hingga bersisik. Selain melembapkan, masker spirulina juga akan meningkatkan elastisitas kulit. Hal ini karena di dalam spirulina terdapat kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan tersebut akan membuat kulit tetap terasa lembut dan kenyal.

3 dari 5 halaman

Manfaat Masker Spirulina untuk Kecantikan

4. Bersihkan Kulit Wajah

Jika kulit terlihat kusam dan kering, bisa jadi akibat paparan sinar matahari yang terlalu lama. Hal ini bisa menyebabkan penampilan menjadi sangat terganggu bahkan bisa menurunkan kepercayaan diri.

Dengan menggunakan masker spirulina yang diaplikasikan pada kulit, maka akan membersihkan kulit dari kusam. Hal ini karena di dalam spirulina memiliki kandungan klorofil yang akan mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam serta kasar.

5. Mengobati Jerawat

Kandungan berbagai senyawa pada spirulina memiliki sifat antibakteri. Hal ini bisa membantu untuk mengatasi jerawat, karena jerawat merupakan masalah medis pada permukaan kulit yang disebabkan infeksi akibat bakteri.

Adanya zat antibakteri pada spirulina tersebut akan menyingkirkan bakteri-bakteri penyebab jerawat. Apabila ingin mendapatkan hasil optimal maka Anda bisa mencampur madu dan spirulina untuk membuat masker yang ampuh untuk mengatasi jerawat.

6. Mengobati Peradangan Kulit Wajah

Spirulina mengandung antioksidan bernama phycocyanin. Kandungan phycocyanin pada masker spirulina tersebut bersifat antiinflamasi dan mampu mencegah sekaligus mengobati peradangan yang terjadi pada kulit wajah.

4 dari 5 halaman

Manfaat Masker Spirulina untuk Kecantikan

7. Merawat Kulit yang Berminyak

Meski kulit wajah dalam kondisi berminyak, bukan berarti tidak perlu dijaga kelembapannya. Sebab, kulit wajah berminyak juga bisa mengalami dehidrasi apabila tidak dirawat dengan baik dan tepat. Dengan menggunakan masker spirulina, maka akan sangat tepat untuk digunakan pada jenis kulit wajah apapun. Agar lebih optimal hasilnya, maka Anda bisa mencampuranya dengan madu. Penggunaan madu juga akan meningkatkan hasil optimal yang berdampak baik pada kulit.

8. Atasi Pigmentasi Kulit

Salah satu jenis masalah kulit yang kerap dikeluhkan banyak orang adalah pigmentasi kulit. Manfaat masker spirulina akan mengatasi pigmentasi kulit yang ditandai oleh berbagai gejala seperti munculnya bintik hitam. Namun efektif atau tidaknya hasil yang didapatkan bisa berbeda-beda bagi tiap orang.

9. Menghilangkan Bekas Jerawat

Efek mencerahkan pada spirulina dapat menyamarkan noda hitam atau bekas jerawat di wajah. Dengan menggunakan masker spirulina dapat membantu menghilangkan bintik hitam secara bertahap.

Klorofil pada spirulina membantu mengurangi lingkaran hitam dan bintik-bintik pada kulit. Spirulina juga mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang menyebabkan bintik hitam dan kusam pada kulit.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Masker Spirulina

Bagi Anda yang ingin mencoba manfaat masker spirulina, penting untuk mengetahui cara membuat masker spirulina. Berikut bahan dan langkahnya:

Bahan:

1 sendok makan madu organik

1 sendok makan bubuk spirulina

Cara mengunakan:

1. Sebelum menggunakan masker pastikan kamu telah membersihkan kulit dengan benar.

2. Campurkan kedua bahan hingga membentuk konsistensi pasta.

3. Oleskan dengan ujung jari atau kuas khusus masker ke wajah dan leher.

4. Biarkan masker selama 20 menit dan kemudian bilas dengan air hangat atau lap.

5. Gunakan pelembab setelah membersihkan wajah untuk menambah hidrasi kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.