Sukses

Gerakan Mengguling ke Depan Memerlukan Unsur? Simak Penjelasannya!

Gerakan mengguling ke depan memerlukan unsur keseimbangan agar gerakannya tetap lurus dan tidak berbelok.

Liputan6.com, Jakarta Gerakan mengguling ke depan memerlukan unsur keseimbangan. unsur keseimbangan ini adalah hal penting untuk mencapai keberhasilan dalam melakukan guling depan atau roll depan. Sebab, gerakan roll depan atau guling depan perlu dilakukan agar saat mengguling, tubuh bergerak di lintasan yang lurus.

Dengan tidak adanya keseimbangan, gerakan guling depan atau roll depan bisa miring atau berbelok. Jadi, gerakan mengguling ke depan memerlukan unsur keseimbangan.

Di samping itu masih ada beberapa unsur lain yang diperlukan dalam melakukan gerak guling depan atau roll depan. Gerakan mengguling ke depan memerlukan unsur kekuatan. Kekuatan merupakan unsur penting lainnya ketika melakukan gerakan roll depan atau guling depan.

Unsur kekuatan ini sangat penting dalam terutama dalam mengangkat beban tubuh, agar bisa berbalik sehingga terjadilah gerakan guling ke depan atau roll depan. Untuk lebih memahami apa itu gerak guling ke depan atau roll depan, berikut adalah penjelasan lengkapnya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (31/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Guling ke Depan atau Roll Depan

Dilansir dari laman Kemdikbud, Guling depan atau roll depan merupakan aktivitas tubuh dengan cara membentuk tubuh hingga membulat, sehingga dapat berguling ke arah depan menyerupai roda atau bola.

Gerakan roll depan dilakukan dengan posisi awal di mana badan dalam posisi jongkok menghadap ke matras.  Posisi kedua tangan ditekuk di samping badan dengan kedua telapak tangan berada di samping telinga dan menghadap matras.

Setelah itu, menundukkan kepala ke depan hingga dagu hampir menyentuh dada. Setelah itu dilanjutkan dengan melakukan gerakan berguling ke depan. Ketika panggul menyentuh matras, peganglah tulang kering dengan kedua tangan menuju posisi jongkok.

Setiap gerakan dalam guling depan atau roll depan harus dilakukan dengan sempurna. Sebab, jika gerakan tidak dilakukan dengan sempurna, tingkat risiko cedera tinggi, bahkan bisa mencederai tulang leher.

3 dari 4 halaman

Manfaat Roll Depan atau Guling Depan

Berlatih gerakan roll depan atau guling depan memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh. Gerakan roll depan tidak hanya melatih kekuatan, kelenturan, dan keseimbangan, melainkan ada beberapa manfaat lainnya. Gerakan roll depan dapat bermanfaat dalam membangun orientasi spasial, kontrol otot di sekitar perut, koordinasi, bahkan meningkatkan rasa percaya diri.

Orientasi Spasial

Gerakan roll depan dapat membantu membangun peta sensorik di otak atau di mana dia berada di suatu ruang pada waktu tertentu. Ketika anak-anak pertama kali belajar, mereka akan merasa pusing ketika otak mereka mencoba memahami di mana mereka berada dalam hubungannya dengan lingkungan mereka. Akan tetapi latihan roll depan akan membantu membangun dasar untuk keterampilan penting seperti membaca dan menulis.

Kontrol Otot di Sekitar Perut

Kekuatan core atau otot di sekitar perut anak sangat penting dalam membantu mereka duduk, merangkak, mengendarai skuter atau sepeda, atau bermain olahraga apa pun. Gerakan roll depan dapat mengaktifkan otot perut, yang pada akhirnya juga akan menstabilkan tulang belakang. Kontrol ini juga akan membantu anak-anak dalam mengoordinasikan lengan dan kaki mereka saat mereka melakukan roll depan.

Koordinasi

Berlatih roll depan, anak-anak harus mengerahkan kekuatan yang sama pada setiap sisi tubuh untuk berguling. Koordinasi ini membantu tugas-tugas sehari-hari seperti naik turun tangga, melompat-lompat atau bermain drum.

Membangun Kepercayaan Diri

Setiap keterampilan baru membutuhkan tekad dan ketekunan untuk dapat menguasainya. Namun, begitu keterampilan berhasil dikuasai, kepercayaan diri akan tumbuh. Roll depan relatif sederhana untuk dikuasai. Selain itu, roll depan juga merupakan gerakan yang tidak boleh dilakukan dengan setengah hati. Sehingga membutuhkan kepercayaan pada setiap gerakan untuk membuatnya berhasil.

4 dari 4 halaman

Unsur-Unsur dalam Gerakan Roll Depan atau Guling Depan

Gerakan mengguling ke depan memerlukan unsur keseimbangan, kekuatan, dan kelenturan tubuh. Tiga unsur ini mesti dipenuhi agar dapat melakukan gerakan roll depan atau guling depan yang baik.

Gerakan mengguling ke depan memerlukan unsur keseimbangan. Gerakan roll depan yang baik hendaknya ketika berguling, posisi tubuh hendaknya tetap lurus sehingga saat berguling, arah gulingan tidak berbelok. Untuk dapat mempertahankan posisi tubuh yang lurus agar arah gerakan tidak berbelok.

Gerakan mengguling ke depan memerlukan unsur kekuatan. Kekuatan ini diperlukan untuk mengangkat beban tubuh dan memberikan dorongan, agar agar gerakan roll depan atau guling depan bisa bergerak maju.

Gerakan mengguling ke depan memerlukan unsur kelenturan. Kelenturan merupakan salah satu unsur penting dalam melakukan gerakan roll depan atau guling depan. Ini karena saat melakukan gerakan guling depan atau roll depan, seseorang harus membentuk tubuhnya hingga membulat, sehingga dapat berguling dengan lancar. Selain itu, selain dapat berguling dengan lancar, membentuk tubuh dengan benar juga akan mengurangi risiko cedera.

Demikian adalah unsur-unsur dalam gerakan guling depan atau roll depan. Kesimpulannya ada tiga unsur penting dalam melakukan gerakan guling depan atau roll depan. Gerakan mengguling ke depan memerlukan unsur keseimbangan. Gerakan mengguling ke depan memerlukan unsur kekuatan. Gerakan mengguling ke depan memerlukan unsur kelenturan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.