Sukses

10 Unsur-Unsur Lingkaran dalam Matematika, dari Titik Pusat hingga Diameter

Lingkaran adalah bentuk yang terdiri dari semua titik dalam bidang yang berjarak tertentu dari titik pusat.

Liputan6.com, Jakarta Unsur-unsur lingkaran merupakan bagian yang harus dipahami dalam materi geometri di bidang matematika. Lingkaran adalah bentuk yang terdiri dari semua titik dalam bidang yang berjarak tertentu dari titik pusat.

Unsur-unsur lingkaran ini kerap kali dijumpai saat dahulu masih sekolah. Unsur-unsur lingkaran dalam geometri biasanya menjadi materi pelajaran matematika SD. Dengan adanya unsur-unsur lingkaran ini dapat membentuk bidang lingkaran yang sempurna.

Unsur-unsur lingkaran adalah unsur-unsur yang membentuk dan membangun lingkaran. Setiap unsur-unsur lingkaran dapat menjadi karakteristik yang membedakan bangun datar lingkaran dengan bangun datar lainnya.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai unsur-unsur lingkaran dalam matematika yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (1/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Lingkaran

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian lingkaran adalah garis melengkung yang kedua ujungnya bertemu pada jarak yang sama dari titik pusat. Lingkaran merupakan bidang yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. 

Dalam penggunaan sehari-hari, istilah "lingkaran" dapat digunakan secara bergantian untuk merujuk pada batas gambar, atau keseluruhan gambar termasuk bagian dalamnya. Lingkaran juga dapat didefinisikan sebagai jenis elips khusus di mana dua fokus bertepatan dan eksentrisitasnya adalah 0, Untuk membuatnya melingkar dengan sempurna terdapat unsur-unsur lingkaran.

Lingkaran adalah macam-macam bangun datar yang terbentuk dari himpunan semua titik persekitaran yang mengelilingi suatu titik asal dengan jarak yang sama. jarak tersebut biasanya dinamakan r, atau radius, atau jari-jari. Lingkaran memiliki simetri lipat dan simetri putar yang tak terhingga jumlahnya. Dalam matematika, terdapat beberapa rumus lingkaran yang dapat anda pahami. Berikut ini rumus-rumusnya:

Luas lingkaran : π x r2

Keliling lingkaran : π x d atau 2x π x r

Volume lingkaran : π x r2 x t

Keterangan:

Ï€ = phi = 3,14 atau 22/7

d = diameter (2 kali jari-jari)

r = jari-jari lingkaran

t = tinggi lingkaran

3 dari 4 halaman

Unsur-Unsur Lingkaran

1. Titik pusat

Unsur-unsur lingkaran yang utama adalah titik pusat. Pusat lingkaran adalah jarak yang sama dari titik-titik di tepi. Pusat lingkaran didefinisikan sebagai titik di tengah lingkaran. Titik-titik yang membentuk kurva merupakan lingkaran dengan jarak sama dari titik tengah. Titik pusat merupakan titik tengah lingkaran, di mana jarak titik tersebut dengan titik manapun pada lingkaran selalu tetap.

2. Jari-jari atau radius

Unsur-unsur lingkaran berikutnya yakni jari-jari. Jari-jari atau radius merupakan garis lurus yang menghubungkan titik pusat dengan lingkaran. Setiap interval yang menghubungkan titik pada lingkaran ke pusat disebut jari-jari. Jari-jari adalah jarak dari titik pusat ke lingkaran, jarak ini selalu sama dalam satu lingkaran. Jari-jari memiliki setengah ukuran diameter lingkaran. Rumus dari jari-jari adalah:

Rumus jari-jari lingkaran dengan diameter

r = d/2

r: jari-jari

d: diameter

Rumus jari-jari lingkaran dengan keliling

r = K / 2 x

K: Keliling Lingkaran

r: Jari – Jari Lingkaran

Ï€: 22/7 atau 3.14

Rumus jari-jari lingkaran dengan luas

r = akar L/Ï€

L: luas lingkaran

r: jari-jari

Ï€: 22/7 atau 3.14

3. Diameter

Diameter adalah jarak dari satu sisi lingkaran ke sisi lain lingkaran. Diameter merupakan tali busur terbesar yang panjangnya adalah dua kali dari jari-jarinya. Diameter ini membagi lingkaran sama luas. Berikut rumus dari diameter, antara lain:

d = 2r

atau

d = k / π

d: diameter

r: jari-jari

k: keliling

Ï€: 3.14 atau 22/7

4. Busur

Busur pada unsur-unsur lingkaran adalah garis lengkung bagian dari keliling lingkaran yang menghubungkan dua titik pada lingkaran. Busur merupakan garis lengkung baik terbuka, maupun tertutup yang berimpit dengan lingkaran. Busur adalah segmen garis yang menghubungkan dua titik pada lingkaran.

5. Tali busur

Tali busur merupakan garis lurus di dalam lingkaran yang memotong lingkaran pada dua titik yang berbeda. Tali busur adalah ruas garis yang menghubungkan kedua titik ujung busur lingkaran. Tali busur merupakan garis lurus yang terletak di lengkungan lingkaran. Tali busur ini menghubungkan dua titik dalam lingkaran. Unsur-unsur lingkaran ini dapat membuat lingkaran berbentuk sempurna.

4 dari 4 halaman

Unsur-Unsur Lingkaran

6. Juring

Juring atau sektor merupakan salah satu unsur-unsur lingkaran berupa daerah yang dibatasi oleh dua jari-jari dan busur lingkaran. Sudut pada juring lingkaran adalah fraksi dari sudut 360 derajat. Ini adalah bagian lingkaran yang dibentuk oleh sebagian dari keliling (busur) dan jari-jari lingkaran di kedua titik ujung busur.

7. Tembereng

Tembereng merupakan daerah pada lingkaran yang dibatasi oleh sebuah busur dengan tali busurnya. Tembereng dengan busur yang dipotong kurang dari setengah lingkaran disebut tembereng kecil. Tembereng dengan busur berpotongan lebih besar dari setengah lingkaran disebut tembereng besar.

Luas tembereng dapat ditemukan dengan mengambil selisih luas bidang dan luas segitiga yang ada di dalamnya. Atau, dapat ditemukan dengan mengurangi luas ruas tertentu (mayor atau minor) dari luas lingkaran.

8. Apotema

Apotema merupakan garis terpendek antara tali busur dan pusat lingkaran. Apotema adalah garis tinggi terhadap segitiga yang menjadi batas luas daerah juring dan tembereng. Apotema merupakan garis tinggi, maka garis yang dibentuk bersifat tegak lurus dengan tali busur.

9. Sudut pusat

Unsur-unsur lingkaran yang lainnya adalah sudut pusat. Sudut pusat adalah daerah sudut yang dibatasi oleh dua jari-jari lingkaran yang titik sudutnya merupakan titik pusat lingkaran.

10. Sudut keliling

Keliling lingkaran merupakan busur terpanjang pada lingkaran. Sudut keliling adalah daerah sudut yang dibatasi oleh dua tali busur yang berpotongan di satu titik pada lingkaran dan titik sudutnya teletak pada keliling lingkaran. Unsur-unsur lingkaran ini biasanya digunakan untuk menghitung keliling lingkaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.