Sukses

15 Manfaat Pisang untuk Kesehatan Tubuh, Sehatkan Jantung Hingga Pencernaan

Manfaat pisang dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya yang melimpah.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat pisang sangat baik untuk kesehatan. Hal ini tidak terlepas dari kandungan nutrisinya yang melimpah. Pisang dapat menjaga kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan jantung, hingga mampu membantu menurunkan berat badan.

Pisang merupakan makanan atau buah-buahan yang aman dikonsumsi semua orang, bahkan dengan kondisi kesehatan tertentu. Hal ini karena pisang termasuk makanan yang nyaman di perut. Pisang juga memiliki rasa yang enak.

Manfaat pisang dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya yang melimpah. Pisang kaya akan kalium, magnesium, tembaga, mangan, vitamin C, dan B6. Pisang juga merupakan sumber serat dan karbohidrat sehat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (1/11/2022) tentang manfaat pisang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Pisang

Menyehatkan Pencernaan

Manfaat pisang yang pertama yaitu untuk menyehatkan pencernaan. Serat makanan telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk pencernaan yang lebih baik. Pisang berukuran sedang memiliki sekitar 3 gram serat, menjadikan pisang sumber serat yang cukup baik.

Pati resisten dalam pisang lolos dari pencernaan dan berakhir di usus besar. Di sini, ia menjadi makanan bagi bakteri menguntungkan di usus. Pisang mengandung air dan serat, yang keduanya meningkatkan keteraturan dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Mendukung Kesehatan Jantung

Manfaat pisang juga baik untuk jantung. Pisang kaya akan kalium. Kalium adalah mineral yang penting untuk kesehatan jantung, terutama pengontrol tekanan darah. Satu pisang ukuran sedang (118 gram) mengandung 9% jumlah yang disarankan. Orang yang makan banyak kalium memiliki risiko penyakit jantung hingga 27% lebih rendah. Selain itu, pisang mengandung magnesium dalam jumlah yang cukup, yang juga penting untuk kesehatan jantung.

Menurunkan Berat Badan

Pisang memang memiliki beberapa atribut yang membuatnya menjadi makanan yang ramah penurunan berat badan. Manfaat pisang ini didukung dengan kandungan kalorinya yang relatif sedikit. Makan lebih banyak serat dari sayuran dan buah-buahan seperti pisang berulang kali dikaitkan dengan penurunan berat badan.

Selain itu, pisang mentah dikemas dengan pati resisten, sehingga cenderung sangat mengenyangkan dan dapat mengurangi nafsu makan. Makan pisang tentunya bisa membantu mencegah kenaikan berat badan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Pisang

Menstabilkan Gula Darah

Manfaat pisang juga dapat menstabilkan gula darah. Pisang kaya akan pektin dan pati resisten. Baik pektin dan pati resisten dapat memoderasi kadar gula darah setelah makan dan mengurangi nafsu makan dengan memperlambat pengosongan perut. Selain itu, pisang juga memiliki peringkat rendah hingga sedang pada indeks glikemik.

Mengontrol Tekanan Darah

Kalium dapat membantu mengatur tekanan darah dan mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular. Pisang berukuran sedang menyediakan hampir 9% kebutuhan kalium harian seseorang. Kalium mengurangi efek natrium pada tubuh. Manfaat pisang dapat menurunkan tekanan darah karena kandungan kaliumnya yang tinggi.

Mendukung Kesehatan Ginjal

Manfaat pisang berikutnya adalah mendukung kesehatan ginjal. Kalium sangat penting untuk mengontrol tekanan darah dan fungsi ginjal yang sehat. Sebagai sumber makanan kalium yang baik, pisang bisa sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal. Makan pisang beberapa kali seminggu dapat mengurangi risiko penyakit ginjal hingga 50%.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat pisang berikutnya adalah menjaga kesehatan mata. Kandungan antioksidan, seperti vitamin A, C, E, dan karotenoid dalam pisang dapat melindungi serta memperbaiki sel yang rusak. Vitamin A dan C merupakan gizi penting bagi mata. Selain itu, kandungan lutein dalam pisang mampu menurunkan risiko degenerasi makula.

4 dari 5 halaman

Manfaat Pisang

Mencegah Anemia

Anemia merupakan salah satu kondisi yang dapat dicegah dengan manfaat pisang. Pisang mengandung zat besi, asam folat, dan vitamin B12. Semua nutrisi ini bermanfaat untuk mencegah anemia. Anemia terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah. Cara untuk mencegah anemia adalah dengan memenuhi nutrisi harian. Nutrisi untuk mencegah anemia ini bisa dipenuhi dengan pisang dan makanan sehat lainnya.

Aman untuk Penderita Asam Lambung

Manfaat pisang juga aman untuk penderita asam lambung. Pisang termasuk buah dengan kadar asam yang rendah. Ini dapat membantu mereka yang mengalami refluks asam dengan melapisi lapisan esofagus yang teriritasi. Konsumsi pisang membantu mengatasi ketidaknyamanan perut. Selain itu, karena kandungan seratnya yang tinggi, pisang juga dapat membantu memperkuat sistem pencernaan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat pisang selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Buah-buahan dan sayuran adalah sumber antioksidan makanan yang sangat baik, tak terkecuali pisang. Antioksidan bisa membantu menjaga kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh sangat penting untuk melawan virus, bakteri, dan organisme lain yang menyebabkan penyakit.

Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini ditandai dengan kulit kusam, flek hitam, garis-garis halus atau keriput, dan kulit yang mengendur. Manfaat pisang dapat mencegah kondisi-kondisi tersebut. Hal ini karena satu buah pisang mengandung vitamin C dan B6, yang merupakan antioksidan, sehingga dapat menolong kulit terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.

5 dari 5 halaman

Manfaat Pisang

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Melansir Journal of Physiology and Biochemistry, manfaat pisang dapat meningkatkan kesehatan tulang. Hal ini berkat kandungan fructooligosaccharides di dalamnya. Fructooligosaccharides merupakan karbohidrat non digestif penggerak priobiotik. Zat ini ramah terhadap pencernaan dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium.

Kalsium yang dapat terserap dengan baik oleh tubuh akan membantu meningkatkan kesehatan tulang. Termasuk dapat menghindarkan dari berbagai masalah kesehatan tulang manusia.

Melancarkan Aliran Oksigen ke Otak

Pisang kaya akan potasium, mineral yang penting bagi penjagaan fungsi jantung dan sirkulasi darah. Oleh sebab itu sirkulasi oksigen ke otak bisa terjamin dan stroke akibat tekanan darah tinggi bisa dicegah dengan manfaat pisang.

Memperbaiki Suasana Hati

Manfaat pisang juga baik untuk mengatasi bad mood atau suasana hati buruk. Pisang adalah makanan yang mendorong pembentukan hormon serotonin di dalam otak, di mana hormon ini menyebabkan timbulnya perasaan senang.

Mencegah Kram saat Olahraga

Pisang sering dijadikan buah pilihan bagi para atlet. Hal ini karena pisang kaya gizi dan dapat menjadi sumber energi yang baik. Manfaat pisang bagi para atlet adalah dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit, sehingga bisa menurunkan risiko kram saat olahraga. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.