Sukses

Cara Membuat Kupu-Kupu dari Kertas Origami, Baik Untuk Melatih Sistem Motorik

Cara membuat kupu kupu dari kertas origami yang mudah dan praktis.

Liputan6.com, Jakarta Origami adalah bentuk seni melipat kertas, yang biasanya dibuat menjadi berbagai macam bentuk. Kegiatan ini membutuhkan keterampilan serta koordinasi antara mata dan tangan. Selain itu ketelitian, hingga tingkat kerapian juga menjadi poin penting.

Adapun bentuk origami yang cukup populer dibuat adalah bentuk burung dan kupu-kupu. Cara membuat kupu-kupu dari kertas origami ini, cukup mudah untuk dilakukan karena memiliki metode yang sederhana. 

Cara membuat kupu-kupu dari kertas origami bisa dilakukan oleh siapa saja, baik itu orang dewasa maupun anak kecil. Kreativitas membuat kupu - kupu menggunakan kertas origami ini, akan membantu sistem motorik yang dimiliki oleh anak. Sehingga bentuk kerjainan ini, akan mudah Anda temukan di beberapa sanggar seni khusus anak - anak, maupun sekolah formal seperti TK atau Taman Kanak-Kanak. 

Sebelum mengetahui cara membuat kupu-kupu dari kertas origami yang mudah, maka Anda perlu menyiapakan alat dan bahan yang bisa digunakan untuk membuatnya. Meskipun memiliki bentuk yang sederhana, namun semakin indah jika Anda gunakan sebagai hiasan dinding. 

Berikut ini cara membuat kupu-kupu dari kertas origami yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (3/11/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Siapkan Alat dan Bahan

Sebelum mengetahui cara membuat kupu-kupu dari kertas origami yang mudah dan praktis, maka terlebih dahulu siapkan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat kupu - kupu. 

- Siapkan kertas origami dengan ukuran 12 cm x 12 cm berbagai warna, sesuai kebutuhan

- Lem yang memiliki daya rekat kuat.

- Tusuk sate (Opsional)

- Kabel bekas panjang lebih kurang 10 cm, kemudian diambil kawat tipis di dalamnya

- Gunting

- Double tape

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Kupu-Kupu dari Kertas Origami Untuk Hiasan Dinding

Cara membuat kupu-kupu dari kertas origami  yang mudah, bisa Anda lakukan dengan beberapa tahap diantaranya:

- Siapkan 2 helai kertas origami dengan ukuran 12 cm x 12 cm.

- Untuk membuat sayap besar kupu-kupu, maka ambillah kertas warna merah dan lipat pada salah satu diagonalnya sampai membentuk segitiga, dan lipat seperti lipatan kipas kertas pada salah satu lapisan segitiga

- Langkah selanjutnya, Anda bisa melipat pada kedua sisi lainnya sehingga seluruh kertas terlipat dengan lipatan kipas kertas. Usahakan untuk melipat kertas serapi mungkin agar hasilnya nanti maksimal.

- Berikutnya lipat menjadi dua bagian yang sama di tengah-tengah panjang kertas, sehingga terbentuk seperti sayap. Jnagan lupa untuk sisihkan bagian sayap.

- Selanjutnya, dengan lembaran kertas selanjutnya, bisa digunakan untuk membentuk sayap bawah dan badan kupu-kupu. Anda bisa ambil kertas origami berwarna orange (opsional).

- Berikutnya lipat menurut sisi panjangnya, lalu bagi menjadi dua bagian yang sama besar, lalu ambil salah satu bagian kertas orange (opsional), lalu tempatkan di bawah sayap besar yang berwarna merah yang telah dibuat sebelumnya.

- Anda bisa potong kertas orange, sehingga panjangnya lebih kurang separuh dari lipatan sayap merah yang besar di atas, bisa diukur panjangnya sekitar 8 cm.

- Lipat kertas orange tersebut menjadi 2 pada bagian tengah, lalu pada sudut bawah digunting hingga menjadi bulat. Setelah itu, Anda bisa buka lipatan kertas orange yang baru dipotong.

- Langkah selanjutnya, lipat lagi kertas tersebut menurut sisi panjangnya dengan lipatan kipas kertas, kemudian lebar lipatan harus sama besar dengan lipatan sayap merah. Lalu Anda bisa lipat membentuk sayap bawah di bagian tengah kertas.

- Setelah itu, Anda sudah bisa mengikat sayap-sayap dan membuat badan kupu-kupu, dengan menyatukan setiap bagian-bagian.

- Ambil kabel bekas lalu kupas, dan ambillah kawat halus di dalamnya kemudian ikat lipatan tengah kedua sayap kupu-kupu menggunakan kawat. Anda bisa merapikan ujung-ujung kawat dengan gunting.

- Udah membuat badan kupu - kupu, maka ambil sisa kertas orange (opsional), lalu gulung dengan bantuan lidi, dan jangan lupa unutk satukan kedua sayap (merah dan orange).

- Gunakan kawat halus atau lem, yang kemudian bisa Anda potong pada badan kupu-kupu yang baru digulung.

- Rekatkan dengan lem yang kuat, lalu biarkan lem mengering untuk beberapa menit dan potong sisa kawat halus untuk membuat lebih rapi.

- Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan jika kupu-kupu sudah terbentuk, dan masing-masing bagian menyatu dengan baik, maka Anda bisa tambahkan irisan tipis kertas untuk membuat antena kupu-kupu. Setelah itu, tempelkan irisan tipis kertas ini di bagian kepala kupu-kupu dengan lem hingga mengering dan merekat kuat.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Kupu-Kupu dari Kertas Origami Bentuk Mariposa

Cara membuat kupu-kupu dari kertas origami selanjutnya bisa Anda lakukan dengan metode berikut. 

- Siapkan kertas origami dan lem, kemudian untuk membuatnya Anda bisa merapikan bagian sisi bawah kertas sampai rata dengan menggunakan tangan.

- Langkah selanjutnya lipat kertas bagian atas dan doronglah kertas tersebut dari dua belah sisi.

- Berikutnya, Anda bisa melipat kertas dari bawah ke bagian atas, lalu balikkan lipatan tersebut dan lipatlah bagian tengah kertas melewati bagian titik kertas.

- Langkah selanjutnya, lipatlah bagian atas kertas sampai membentuk kepala, lalu tekuk bagian kanan dan kiri kertas untuk membentuk sayap.

- Langkah terakhir, kupu kupu dari kertas origami yang mudah sudah bisa Anda gunakan sebagai hiasan dinding. 

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Kupu-Kupu dari Kertas Origami

Cara membuat kupu-kupu dari kertas origami bisa Anda lakukan dengan beberapa metode berikut:

- Langkah pertama, Anda bisa melipat kertas secara diagonal dua arah, kemudian lipat kertas menjadi dua, dua arah.

- Langkah selanjutnya lipat keempat sudut ke tengah, lalu balikkan kertas dan lipat lagi keempat sudut ke tengah.

- Berikutnya, Anda bisa membuka ke langkah sebelumnya, dan balikkan model ke sisi yang lain. Setelah itu, lipat sisi kanan ke tengah dan sisi kiri ke tengah juga.

- Sambil memegang kertas di tengah, Anda bisa tarik tutup kanan ke kanan, lalu tarik sayap kiri dengan cara yang sama.

- Langkah berikutnya ratakan bagian atas dan buat sayap kanan dan kiri yang sama untuk bagian bawah.

- Anda bisa ratakan lipatan sehingga membentuk seperti segi enam, agak horizontal, kemudian lipat bagian atas di belakang.

- Langkah selanjutnya ratakan kertas dan balikkan layer kanan ke bawah, setelah itu balikkan sayap kiri ke bawah.

- Lipat bagian kecil ke dalam, lalu lipat kertas menjadi dua ke kanan.

- Langkah yang terakhir, lipat bagian kecil ke tempat yang ditunjukkan lalu buka lapisan belakang ke kiri. Anda bisa memalikkan lipatan sisi kiri lipatan yang baru saja dibuat.

- Perlu Anda ketahui bahwa, jika kupu-kupu Anda tidak sesuai seperti ilustrasi maka coba ulagi lagi. Biasanya masalah ada pada lipatan yang tidak setepat atau sesimetris yang seharusnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.