Sukses

9 Manfaat Sagu Bagi Kesehatan, Sumber Energi Hingga Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Sagu tidak hanya bermanfaat sebagai sumber karbohidrat, tetapi juga berpotensi dalam bidang kesehatan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat sagu tidak hanya bisa dijadikan sebagai makanan pokok, tetapi juga berperan dalam beberapa bidang kesehatan lainnya. Sagu sendiri merupakan zat tepung atau jenis pati yang diekstrak dari jenis pohon palem tropis. Dilansir dari Healthline, sagu menjadi sumber utama karbohidrat di beberapa bagian dunia, termasuk Indonesia.

Ini karena sagu merupakan karbohidrat kompleks yang terdiri dari banyak molekul glukosa yang saling berkaitan. Glukosa berperan sebagai sumber energi. Salah satu jenis pohon untuk mendapatkan sagu adalah Metroxylon sagu. Jenis ini banyak ditemukan di Indonesia, Malaysia, Filipina dan Papua Nugini.

Sagu merupakan jenis pati yang bebas gluten. Ini menunjukkan bahwa  manfaat sagu juga sebagai pengganti tepung dan biji-bijian berbasis gandum yang baik bagi mereka yang sedang menjalani diet. Salah satu olahan sagu yang paling Anda kenal mungkin adalah sagu mutiara. Ya, sagu mutiara merupakan olahan tepung sagu yang berbentuk bola-bola kecil. Ini biasanya ditambahkan dalam berbagai minuman dan makanan manis.

Sagu merupakan jenis tepung yang memiliki gizi lebih rendah daripada yang lainnya. Sagu mungkin tidak mendapatkan perhatian karena nilai gizinya yang sangat bagus, tetapi mungkin karena kandungan kalorinya yang sangat tinggi. Berikut liputan6.com rangkum tentang manfaat sagu bagi kesehatan dari Healthline dan berbagai sumber, Selasa (8/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Potensi Manfaat Sagu Bagi Kesehatan

1. Penambah Berat Badan

Bagi Anda yang sedang dalam upaya menambah berat badan, maka manfaat sagu yang satu ini dapat menjadi pertimbangan untuk mengkosumsinya. Sagu dapat menjadi cara yang baik dan murah untuk menambah berat badan dengan cepat. Terdapat sekitar 350 kalori di setiap 100 gram sagu. Berdasarkan penelitian oleh Rekha S.Singhal dkk pada tahun 2008 menyebutkan bahwa Anda dapat mengolah zat tepung yang satu ini menjadi puding atau makanan padat kalori lainnya yang dapat memberikan energi yang Anda butuhkan dan berfungsi secara normal untuk mendapatkan berat badan kembali.

2. Kaya Akan Antioksidan

Manfaat sagu yang pertama berkaitan dengan kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan merupakan molekul yang berguna untuk mentralkan molekul yang berbahaya atau yang dikenal dengan radikal bebas. Radikal yang terlalu tinggi pada tubuh dapat menyebabkan kerusakan sel dan bahkan terkait dengan penyakit kanker dan jantung. Penelitian oleh Lidya Irma Momuta dkk pada tahun 2016 menyebutkan bahwa kaya akan polifenol yang dapat meningkatkan kekebalan, mengurangi peradangan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Akan tetapi, penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

3. Sumber Pati Resisten yang Baik

Sagu adalah sekitar 7.5% pati resisten. Pati resisten merupakan jenis pati yang dapat melewati saluran pencernaan tanpa dicerna.Pati resisten dapat mencapai usus besar tidak tercerna dan memberi makan bakteri usus sehat. Nantinya, bakteri ini akan memecah pati resisten tersebut dan menghasilkan senyawa, termasuk asam lemak rantai pendek yang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk menurunkan kadar gula darah, mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pencernaan. Sementara kaitan manfaat sagu dengan diabetes secara lebih lanjut, penelitian berikutnya masih diperlukan.

3 dari 4 halaman

Potensi Manfaat Sagu Bagi Kesehatan

4. Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Sebuah penelitian dengan tikus yang diberikan sagu memiliki kadar kolesterol dan trigliserida yang lebih rendah daripada tikus yang diberi makan pati tapioka. Disebutkan bahwa hal ini berkaitan dengan kandungan amilosa yang tinggi pada sagu. Studi pada manusia dan hewan, menunjukkan bahwa diet yang lebih tinggi pada amilosa berkaitan dengan penurunan kadar kolesterol dan lemak darah serta peningkatan kontrol gula darah.

5. Sumber Energi Tambahan

Dilansir dari Alodokter, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sagu adalah sumber karbohidrat yang dapat dicerna dengan mudah dan diserap oleh tubuh dengan mudah pula. Ini yang memungkinkan sagu dapat memberikan energi tambahan bagi tubuh, terutama bagi mereka yang melakukan aktivitas berat seperti berolahraga.

 

6. Tingkatkan Kinerja Olahraga

Sebuah penelitian pada jurnal National Library of Medicine oleh Asok Kumar Ghosh dkk pada tahun 2010 yang melibatkan delapan pengendara motor menunjukkan bahwa minum minuman yang mengandung sagu dan protein sagu serta kedelai selama berolahraga menunda kelelahan dan meningkatkan daya tahan olahraga masing-masing sebesar 37% dan 84% dibandingkan dengan plasebo. Ini karena sagu merupakan sumber karohidrat yang nyaman dan cepat. Manfaat sagu dalam meningkatkan kinerja olahraga karena pada dasarnya mengonsumsi karbohidrat sebelum atau selama olahraga dapat memperpanjang aktivitas daya tahan dan mengonsumsi setelahnya dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk pulih.

4 dari 4 halaman

Potensi Manfaat Sagu Bagi Kesehatan

7. Atasi Hipertensi

100 gram sagu mengandung sekitar lima miligram potasium. Kandungan potasium di dalam sagu diyakini dapat meningkatkan sirkulasi darah dan sistem kardiovaskular secara keseluruhan. Demikian alasan mengapa manfaat sagu dalam mengatasi hipertensi.

8. Baik untuk Tulang

Meskipun mineral yang ada dalam sagu hanya dalam jumlah kecil, tetapi terdapat sedikit besi dan kalsium. Senyawa mineral tersebut berperan dalam pembentukan tulang, mencegah osteoporosis dan mencegah peradangan di seluruh tubuh. Sagu juga dapat meningkatkan produksi glukosamin yang dapat memengaruhi kepadatan tulang, fleksibilitas dan gerakan sendi.

9. Redakan Panas saat Demam

Manfaat sagu yang selanjutnya dapat Anda temukan sebagai pereda panas ketika demam. Ini karena sagu mempunyai efek pendinginan yang menenangkan tubuh dengan mengontrol kelebihan produksi empedu. Oleh karena itu, tidak jarang sagu digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi penyakit karena suhu tubuh terlalu tinggi, termasuk demam.

Nah, demikian manfaat sagu bagi kesehatan. Meskipun sagu memiliki banyak manfaat, Anda tidak direkomendasikan untuk mengonsumsinya secara berlebihan.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini