Sukses

10 Tempat Wisata di Jakarta Utara yang Hits & Populer, Cocok Dikunjungi Saat Liburan

Liputan6.com, Jakarta Jakarta Utara adalah salah satu Kota Administrasi dengan pusat pemerintahan yang berada di Jakarta Pusat. Tak hanya itu, Jakarta Utara juga terkenal karena memiliki budaya yang mencerminkan ciri khas serta keindahan alam yang memukau. Selain memiliki banyak pusat perbelanjaan, terdapat juga deretan tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu tempat wisata di Jakarta Utara yang sangat populer juga instagramable adalah Taman Impian Jaya Ancol.

Tempat wisata di Jakarta Utara juga sarat dengan wisata sejarah, budaya, edukasi, hingga wisata religi yang tak pernah sepi dari pengunjung. Suasana alam yang masih belum terjamah, membuat kekayaan alam yang tersaji masih tersembuyi. Masyarakat Jakarta Utara juga terkenal ramah, sehingga pengunjung wisata bisa nyaman berinteraksi, melihat pengrajin juga deretan musisi tradisional. 

Jangan khawatir, karena tempat wisata di Jakarta Utara memiliki fasilitas yang memadai yang bisa digunakan oleh pengujung. Selain itu, banyak spot foto menarik yang bisa Anda coba, dengan berbagai latar belakang yang tak kalah indahnya. Wisata alam kota Jakarta Utara juga memiliki air yang jernih dan udara yang segar, sehingga ampuh menghilangkan rasa lelah setelah sibuk melakukan aktivitas sehari hari.

Berikut ini tempat wisata di Jakarta Utara yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/11/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Jakarta Utara

1. Taman Impian Jaya Ancol

Tempat wisata di Jakarta Utara yang sangat populer, serta tak pernah sepi dari pengunjung adalah Taman Impian Jaya Ancol. Siapapun pasti tahu dengan kawasan wisata ini, karena selalu menjadi destinasi favorit saat ingin menghabiskan liburan singkat. Saat Anda berkunjung ke Taman Impian Jaya Ancol, tersedia objek wisata menari seperti Dufan, Ocean Dream Samudera, Ocean Eco Park, Atlantis Water Adventure dan Sea World. Tak hanya itu saja, namun tersedia juga Allianz Eco Park yang memiliki suasana alam yang asri juga indah, dengan tarif masuk perorang sebesar Rp 25.000. Sedangkan untuk kendaraan mobil sebesar Rp 25.000, motor sebesar Rp 15.000 dan bus dikenakan tiket sebesar Rp 45.000. Tempat ini juga menjadi rekomendasi untuk piknik bersama keluarga, menikmati wahana juga fasilitas yang tersedia di tempat ini. 

2. Museum Bahari

Wisata di Jakarta Utara yang cukup populer, serta wajib dikunjungi adalah Museum Bahari. Destinasi wisata ini, memiliki koleksi berbagai benda yang memiliki hubungan erat dengan kelautan dan perikanan. Museum ini terletak di depan Pelabuhan Sunda Kelapa ini dulunya merupakan gudang rempah-rempah yang akan dijual ke Eropa milik VOC. Bagi Anda yang penasaran dengan perkembangan kelautan dan perikanan bangsa Indonesia, maka Museum Bahari adalah tempat yang cocok. Saat berada di sini, pengunjung akan disuguhkan beberapa miniatur kapal tradisional dan modern, meriam, jangkar, teropong, dan lain-lain. Tempat ini sekarang berlokasi di Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara.

3. Wisata Sentra Belanja Mangga Dua

Lokasi tempat ini berada di Pademangan DKI Jakarta Utara Jakarta, serta memiliki pesona keindahan yang tak ada duanya. Saat Anda berkunjung, akan disambut dengan baik oleh penduduk lokal daerah Jakarta Utara, yang ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Tempat ini adalah salah satu pusat perbelanjaan retail dan grosir, serta sudah terkenal sejak tahun 1741. Anda bisa menemukan berbagai kebutuhan elektronik, fashion, juga berbagai macam keperlua tersedia di sini. 

4. Wisata Taman Suaka Margasatwa Muara Angke

Taman Suaka Margasatwa Muara Angke berlokasi di Penjaringan DKI Jakarta Utara Jakarta. Tak hanya memiliki pesona tempat yang indah dan memukau, namun penduduk lokal daerah sangat terbuka menerima wisatawan. Hutan Mangrove yang dinamakan Suaka Margasatwa Muara Angke (SMMA) ini, terdapat kera-kera ekor panjang (Macaca fascicularis), yang bisa menyambut Anda di pintu masuk. Namun Anda taak perlu khawatir, karena tempat ini memiliki penjagaan yang cukup baik, serta kera yang dipelihara juga jinak. Terdapat juga board walk yang terbuat dari kayu, yang bisa diakses oleh pengunjung. Anda juga akan melihat berbagai pohon bakau dengan akar tunjang yang bercabang-cabang, dengan tinggi mencapai 0,5 sampai 2 meter.

 

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Jakarta Utara

5. Taman Wisata Mangrove

Bagi Anda sambangi sekadar foto-foto, juga melepas penat, maka Taman Wisata Alam Angke Kapuk adalah tempat yang cocok. Tempat ini berlokasi di Jalan Garden House, Kamal Muara, Penjaringan. Saat berkunjung, Anda akan menikmati udara segar khas pesisir pantai serta menjadikan hutan mangroove sebagai latar belakang foto yang instagrammable. Hanya membayar Rp 30.000 per orang untuk weekday dan Rp 35.000 per orang untuk weekend, Anda sudah bisa menikmati pesona alam yang indah dan memukau, sambil swafoto dengan banyak background. 

6. Kampung Marunda

Berbeda dengan destinasi sebelumnya, tempat wisata ini adalah salah satu kampung nelayan dengan suasana yang tenang juga damai. Bagi Anda yang ingin memanjakan diri dari hiruk pikuk kota, maka tempat ini sangatlah cocok, karena semilir angin pantai sejuk membuat Anda bisa menghilangkan rasa penat. Pengunjung juga bisa menyewa alat pancing ataupun menikmati sajian kuliner yang tersebar disekitar tambak. Tempat wisata ini berlokasi di Kampung Marunda, Kec. Cilincing, Kota Jakarta Utara.

7. Taman Ismail Marzuki

Tempat wisata di Jakarta Utara ini adalah salah satu pusat kesenian dan kebudayaan, di mana adan banyak seniman yang kerap menampilkan karya terbaiknya, seperti lukisan hingga drama teater. Selain itu, Taman Ismail Marzuki ini selain lukisan yang dipamerkan, juga menyelenggarakan pertunjukan seni musik dan  tari. Bahkan untuk pengelola wisata, juga menyediakan berbagai fasilitas yang memadai di mana tersedia gedung bioskop, galeri, balai pameran, juga gedung arsip. 

 

 

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Jakarta Utara

8. Amped Trampoline Park

Saat berkunjung ke tempat ini, tersedia trampolin-trampolin yang dapat digunakan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Trampolin tak hanya membuat Anda bisa melompat-lompat dengan gembira, namun juga memberikan efek positif yang baik untuk kesehatan tubuh. Tempat wisata ini berlokasi di jalan Artha Gading Sel. No.8, Kelapa. Gading Barat, Kec. Kelapa. Gading, Kota Jakarta Utara.

9. Kampung Tugu

Kampung Tugu berlokasi di pinggir Batavia, Jakarta Utara. Saat berkunjung, Anda akan melihat makam orang-orang komunitas tugu saat pertama kali menginjakkan kaki di kampung ini. Selain itu, tersedia beberapa rumah tempat tinggal para pendeta gereja tugu, lonceng kuno pemberian Belanda, serta terdapat tempat ibadah bagi umatnya. Bagi Anda yang ingin melakukan wisata rohani, maka tempat ini berlokasi di Kampung Tugu, Semper Barat, Kec. Cilincing, Kota Jakarta Utara.

10. Jakarta Islamic Center (JIC)

Tempat wisata di Jakarta Utara selanjutnya yang juga bisa dikunjungi pelancong untuk wisata rohani adalah Jakarta Islamic Center. Tempat ini menjadi salah satu pusat pendidikan agama islam yang menjadi kebanggaan masyarakat Jakarta, di mana Anda bisa memperdalam pengetahuan tentang agama islam. Jakarta Islamic Center dulu merupakan tempat hiburan malam yang terkenal, namun sekarang telah dilakukan renovasi menjadi pusat pendidikan agama Islam yang memiliki fasilitas lengkap diantaranya yaitu tempat ibadah, tempat pertemuan, dan perpustakaan. Tempat wisata ini berlokasi di Kramat Jaya Raya, Tugu Utara, Kec. Koja, Kota Jakarta Utara.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.