Sukses

10 Tempat Wisata di Macau Paling Populer, Serasa di Portugal

Ada banyak tempat wisata di Macau yang justru memberikan kesan bahwa kamu seperti sedang berada di Portugal.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar orang mungkin lebih mengenal Macau sebagai rumah bagi para penjudi. Tentu saja anggapan seperti itu, tidak salah. Kenyataannya, Macau memang memiliki banyak rumah judi yang sangat terkenal di seluruh dunia. Namun jangan salah, ada banyak tempat wisata di Macau yang bisa menjadi pilihan menarik bagi kamu yang berencana untuk liburan ke luar negeri.

Macau adalah sebuah kota dan daerah administratif khusus di Republik Rakyat Tiongkok yang berada di bagian barat Delta Sungai Mutiara yang bermuara di Laut Tiongkok Selatan. Kota ini memiliki daya tarik yang mungkin agak sedikit berbeda dari kebanyakan kota di Asia Timur, yang memiliki nuansa oriental.

Ada banyak tempat wisata di Macau yang justru memberikan kesan bahwa kamu seperti sedang berada di Portugal. Bagaimana tidak, di Macau masih terdapat banyak peninggalan arsitektur kolonial yang terpelihara dengan baik. Bahkan di sana masih ada jalanan berbatu yang sangat klasik dan menarik untuk dijelajahi.

Di macau juga terdapat banyak reruntuhan katedral, yang menunjukkan betapa kayanya kota itu. Maka tidak mengherankan jika Macau telah dimasukkan dalam daftar Situs Warisan Dunia paling penting di Tiongkok.

Menariknya lagi, tempat wisata di Macau memiliki lokasi yang saling berdekatan, sehingga akan lebih mudah bagi turis untuk mengunjunginya. Kamu dapat menjelajahi banyak situs dengan berjalan kaki, berjalan melalui jalan yang berkelok-kelok.

Berikut adalah daftar tempat wisata di Macau yang wajib dikunjungi, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (17/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Reruntuhan Katedral St. Paul

Tempat wisata di Macau pertama yang wajib dikunjungi adalah Reruntuhan Katedral St. Paul. Katedral St. Paul pernah dianggap sebagai bangunan Kristen terbaik di Timur Jauh. Daya tarik dari wisata Macau ini tentu saja gaya arsitekturnya yang memiliki tangga granit yang luas.

gereja ini pernah dihancurkan pada 1601, namun kemudian dibangun lagi hingga selesai pada 1637. Katedral St. paul dibangun dengan meniru gaya arsitektur gereja Gesù di Roma dan dibangun oleh orang Kristen yang diusir dari Jepang.

Gereja ini kemudian mengalami kerusakan lagi akibat angin topan dan kebakaran yang terjadi pada 1835. Akan tetapi fasad yang tersisa masih menampilkan sedikit kejayaan katedral sebelumnya. Fitur-fitur penting termasuk prasasti di atas pintu yang mendedikasikan gereja untuk Bunda Allah, figur orang-orang kudus Jesuit, dan banyak sekali ornamen relief.

2. Senado Square

Jika kamu ingin menikmati waktu dengan berjalan-jalan santai, maka tempat wisata di Macau ini wajib kamu kunjungi. Senado Square adalah area pejalan kaki yang menyenangkan, di mana kamu bisa memulai perjalanan di Macau. Di sini kamu bisa menemukan gedung Senat tua yang mengesankan, yang dianggap sebagai contoh terbaik arsitektur kolonial Portugis di Macau.

Gedung tersebut dibangun pada 1784. Gedung ini mengalami beberapa kali renovasi, yang pertama pada 1870 dengan menambahkan fasad bangunan yang indah. Kemudian pada 1940 dipugar sepenuhnya agar bisa difungsikan sebagai tempat kerja para Dewan Kota. Yang menarik dari gedung ini adalah interior Ruang Dewan yang dipenuhi panel kayu. Tidak hanya itu, gedung ini juga memiliki perpustakaan yang memiliki koleksi lebih dari 50.000 manuskrip langka, beberapa di antaranya berusia lebih dari 500 tahun.

Senado Square juga merupakan tempat yang cocok untuk belanja dan kulineran. Di sana kamu bisa menemukan berbagai macam jenis masakan mulai dari masakan ala eropa maupun Chinese Food. Tempat wisata di Macau ini juga menjadi rumah bagi tempat wisata lainnya seperti Gereja St. Dominic.

3 dari 6 halaman

3. Kuil A-Ma

Didedikasikan untuk dewi Matsu, Kuil A-Ma dibangun di Semenanjung Makau pada tahun 1488 dan menjadi inspirasi untuk penggantian nama kota oleh Portugis beberapa dekade kemudian. Tempat wisata di Macau ini merupakan kuil Buddha.

Kuil ini terdiri dari enam bagian bangunan yang terdiri dari Paviliun Gerbang, Aula Doa, Lengkungan Peringatan, Aula Kebajikan, Zhengjiao Chanlin, dan Aula Guanyin. Wisata di Macau ini menampilkan banyak hal menarik untuk dilihat, mulai dari singa batu yang tampak garang dan patung-patung dewi Matsu ke tempat-tempat teduh untuk berhenti dan merenungkan ketenangan pekarangan vihara, serta pemandangan teluk yang spektakuler.

4. Fortaleza do Monte

Dibangun pada tahun 1626, Fortaleza do Monte telah menjadi markas militer Portugal selama masa kolonial. Kemudian, tempat wisata di Macau ini difungsikan sebagai kediaman gubernur hingga tahun 1749. Saat ini, Fortaleza do Monte telah menjadi tempat wisata di Macau, di mana terdapat Museum Makau.

Museum tersebut didedikasikan untuk arkeologi dan antropologi Makau dengan penekanan pada bagaimana orang Tionghoa, Portugis, dan Makau datang untuk hidup dan bekerja bersama.

4 dari 6 halaman

5. Museu Marítimo de Macau

Menempati sebuah bangunan modern di seberang Kuil A-Ma, Museum Maritim (Museu Marítimo de Macau) menjadi salah satu tempat wisata di Macau yang wajib dikunjungi. Museum ini memiliki banyak daya tarik termasuk koleksi lengkap materi tentang sejarah maritim Makau, model kapal, dan peralatan memancing.

Yang juga menarik adalah pameran yang mengilustrasikan perkembangan instrumen bahari dan meteorologi, termasuk sejumlah diorama yang menggambarkan peristiwa penting di masa lalu pelayaran kota.

Di depan museum terdapat Inner Harbor (Porto Interior) yang melintasi perbatasan antara Makau dan Cina, di mana Anda akan melihat perahu naga Cina yang telah dipugar, sampan, perahu bunga, dan alat pancing yang digunakan oleh orang-orang yang melarikan diri dari Vietnam.

6. Macau Tower

Macau tower adalah tempat wisata di Macau yang menjadi pusat hiburan. Tidak hanya itu, Macau Tower juga menjadi salah satu landmark kota yang paling dikenal, serta tempat wisata di Macau yang populer. Berdiri setinggi 338 meter dan dibangun untuk telekomunikasi dan penyiaran, daya tarik menara ini adalah dek observasi yang menampilkan pemandangan kota yang fenomenal, serta sejumlah restoran, teater, dan tempat belanja.

Untuk yang suka tantangan, ada Macau Tower Skywalk, di mana kamu bisa jalan kaki di sepanjang tepi luar tingkat observasi. Selain itu kamu juga bisa melakukan bungee jumping dari ketinggian 233 meter.

5 dari 6 halaman

7. Paviliun Panda Raksasa

Paviliun Panda Raksasa terletak di Cotai dan agak jauh dari pusat kota. Dengan kata lain, tempat wisata di Macau ini sepi. Namun justru itulah sisi menarik dari Paviliun Panda Raksasa.

Tempat wisata di Macau ini merupakan tempat ideal untuk dikunjungi bersama keluarga. Di paviliun ini terdapat beberapa panda raksasa, panda merah yang lucu, dan bermacam-macam monyet. Hewan-hewan ini paling aktif dan paling mudah dilihat di pagi hari, tetapi mereka juga akan muncul sekitar jam 2 siang, yang merupakan waktu makan.

8. Benteng Guia

Benteng Guia merupakan salah satu tempat wisata di Macau yang sangat menarik. bahkan sebelum sampai ke sana saja, kamu akan merasakan pengalaman menarik dalam perjalanan. Sebab untuk bisa sampai ke Benteng Guia, kamu harus melalui jalur hiking atau naik kereta gantung pendek.

Sesampainya di Benteng guia, kamu bisa melihat pemandangan yang mengesankan, bersama dengan meriam tua, kapel kecil dengan lukisan dinding yang terpelihara dengan baik dari tahun 1600-an, dan mercusuar setinggi 91 meter.

Di sana juga ada ruang bawah tanah yang bisa dijelajahi. Tidak hanya itu, di seluruh bagian benteng juga terdapat pameran dan foto yang merinci sejarah militer daerah tersebut.

6 dari 6 halaman

9. Pulau Coloane dan Pantai Hac Sa

Pulau Coloane adalah salah satu tempat wisata di Macau yang dianggap penting untuk dikunjungi. Tempat wisata di Maca ini sering memberikan kejutan bagi para pengunjungnya. Pulau Coloane adalah pulau yang memiliki hutan pinus, kebun eucalyptus, vegetasi tropis, dan tanah pertanian, serta memamerkan sejumlah pantai pasir putih halus yang indah.

Dari sekian banyak pantai yang bisa dikunjungi, yang paling populer adalah pantai Hac Sa. tempat wisata di Macau ini berada di sisi timur Pulau Coloane. Pantai lain yang perlu diperhatikan adalah Pantai Cheoc Van di ujung selatan pulau. Selain pantai, kamu juga bisa berkunjung ke Kuil Tham Chin yang terkenal dengan model kapal dari tulang ikan paus dengan kepala naga dari kayu.

10. Pulau Taipa dan Rumah Taipa

Pulau Taipa adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah selatan Macau. Antara Macau dan Pulai Taipa terdapat jembatan lengkung tinggi yang mengesankan. Pulai Taipa dulunya merupakan pos bea cukai Tiongkok untuk kapal yang berlabuh di Makau.

Tempat wisata di Macau itu dulunya juga merupakan pabrik kembang api tradisional. Di Pulau tersebut terdapat toko-toko yang menarik, bangunan kolonial Portugis, dan jalur balap kuda yang populer. Daya tarik lain dari tempat wisata di Macau ini adalah Kuil Buddha Empat Wajah dan Kuil Pak Tai, yang dibangun pada tahun 1844 dan terkenal karena dekorasinya yang kaya dan dua figur penjaga seukuran aslinya.

Dari sekian banyak kuil yang lebih kecil di pulau itu, Tin Hau adalah yang paling terkenal dan dibangun sekitar 180 tahun lalu. Selain itu, penting juga untuk berkunjung ke Rumah Taipa. Itu adalah rumah peninggalan kolonial yang telah dipugar dan telah beralih fungsi menjadi museum. Museum ini memiliki koleksi pajangan yang menarik termasuk furnitur khas rumah-rumah tua Macau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.