Sukses

Viral Wanita Kesurupan Nyai Ronggeng Saat Foto Prewedding, Bikin Merinding

Wanita berkebaya kesurupan tapi tetap sopan.

Liputan6.com, Jakarta Foto prewedding kerap dilakukan pasangan kekasih sebelum menyambut momen pernikahan. Tak heran jika banyak konsep foto prewedding disediakan untuk memenuhi keinginan setiap pasangan, seperti konsep adat Jawa yang sering digunakan. Jadi momen bahagia, foto prewedding sering meninggalkan kesan lain di luar dugaan.

Seperti kejadian yang tengah viral, seorang wanita mengalami kesurupan saat prosesi foto prewedding berlangsung. Kedua pasangan kekasih itu terlihat kompak mengenakan pakaian adat jawa. Si pria mengenakan beskap sang wanita mengenakan kebaya lengkap dengan selendang di bahu. 

Mulanya momen make up dan mengenakan kostum berjalan lancar. Bahkan sudah ada beberapa gambar diambil dalam sesi pemotretan prewedding tersebut. Pasangan kekasih yang tak disebutkan namanya itu kompak menunjukkan senyum mereka ke hadapan kamera. Namun selang beberapa saat, tiba-tiba wanita yang mengenakan kebaya merah itu tiba-tiba bertingkah aneh.

Sorot mata wanita itu seketika berubah hingga orang sekitar mengetahui ia sedang kesurupan. Nada bicara dan logatnya terlihat berbeda dan memperkenalkan diri sebagai seorang penari. Berikut selengkapnya Liputan6.com merangkum kisah wanita kesurupan saat prewedding itu melansir dari TikTok @deramakeup, Minggu (20/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kesurupan Nyai Ronggeng

Lewat unggahan video tersebut, diketahui pasangan yang melakukan sesi pemotretan prewedding itu berasal dari Bumi Pasundan. Pose menari menjadi awal mula wanita itu kesurupan. Meski sudah beberapa foto terabadikan, namun wanita itu tetap melanjutkan tariannya. 

Pemilik akun sempat menanyakan siapa sosok yang merasuki wanita berkebaya merah itu. Sebelumnya ia ditanya menggunakan bahasa Indonesia, wanita kesurupan menanggapinya dalam bahasa Sunda. 

“Aku panggil Nyai ya?,” kata pemilik akun. Menanggapinya, wanita yang tengah tak sadar itu mengiyakan menganggukkan kepala dengan tegas. 

Hingga diyakini wanita itu ternyata dirasuki oleh makhluk supranatural Nyai Ronggeng. Dalam legenda, Nyai Ronggeng adalah seorang bunga desa di daerah Kuningan, Jawa Barat. Wanita kesurupan itu bersegera melanjutkan gerak tariannya yang dalam video diiringi dengan lantunan tembang gamelan. 

3 dari 4 halaman

Pamerkan Ragam Gerak Irama Tarian

Selama kesurupan, wanita berkonde itu memamerkan setidaknya dua irama tarian Jawa. Saat terjadinya kesurupan, ia menunjukkan tarian lemah gemulai. Ia menunjukkan kelenturan tangan dan gerak kakinya layaknya tarian yang disuguhkan dalam kerajaan. 

Usai ditanya siapa jati diri yang merasukinya, wanita kesurupan saat prewedding itu memamerkan gerak tarian lain. Kali ini iringan gamelan tampak kompak dengan gerak tarian wanita kesurupan itu yang punya ritme cepat. Sang pengunggah video bahkan memuji kecantikan penari kesurupan itu.

“Cantik banget nyai yah,” kata pemilik akun. Wanita kesurupan itu bahkan tersenyum atas pujian yang ia terima.

4 dari 4 halaman

Nyai Ronggeng Pamit dengan Sopan

Usai menunjukkan kebolehannya dalam membawakan tarian Jawa, video yang telah ditonton lebih dari 6 juta kali itu sukses bikin heboh netizen. Terlebih saat wanita kesurupan di momen prewedding itu berpamitan. Nyai Ronggeng yang merasukinya berpamitan dan mengucapkan banyak terima kasih lewat bahasa Sunda. 

Seketika netizen salah fokus dengan kesopanan wanita kesurupan itu saat berpamitan. Sambil menunjukkan tangan salaman bergaya namaste, ia melontarkan kalimat yang dipuji sopan oleh netizen. Berikut rasa penasaran netizen lewat beragam komentar di akun TikTok @deramakeup.

“pamitnya sopan ya kak masyaallah 🥺,” komentar pengguna @vanilllaaaablue.

“aura nya beda iya GK sih pas dia nari keliatan cantik banget,” komentar pengguna @ryena37.

“Suara nya mirip Inces Syahrini lembut & sopan banget,” komentar pengguna @maganak.

“ini si bukan kemasukan ya.. jatuhnya mediasi leluhurnya mungkin,” komentar pengguna @hrismaaprilia.

“cwenya bisa ngontrol , cowonya mangil nyantai banget lagi,” komentar pengguna @mustikaamalia_.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.