Sukses

9 Cara Mengatasi Kemiskinan, Ciptakan Pekerjaan dan Kesadaran Umum Masyarakat

Liputan6.com, Jakarta Kemiskinan adalah salah satu keadaan yang dipandang sebagai ketidakmampuan dari sisi ekonomi, dalam memenuhi kebutuhan dasar manusia. Hal ini mencakup pangan dari aspek pemasukan untuk membeli makanan, dan bukan dari aspek pengeluaran. Kemiskinan juga memiliki kaitan erat dengan tingkat pendapatan, sehingga seseorang berada dalam fase kehilangan pendapatan dan aksesibilitas terhadap sumber daya pemenuh kebutuhan hidup, baik berupa pangan, sandang, papan, serta layanan hidup lainnya. Oleh karena itu, ada beberapa cara mengatasi kemiskinan yang bisa Anda lakukan sebagai individu, yaitu dengan melakukan donasi. 

Cara mengatasi kemiskinan juga bisa diatasi ketika mendapatkan pendidikan yang layak, menghilangkan ketimpangan gender, serta mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Kemiskinan identik dengan kelaparan, tempat tinggal yang tidak layak, tidak bersekolah, sehingga berdampak langsung pada perasaan kehilangan atas hak untuk hidup. Akan tetapi kemiskinan menjadi kunci keberhasilan pembangunan, sehingga kemiskinan menjadi trending issue di seluruh negara di dunia.

Pada prinsipnya kemiskinan adalah situasi yang perlu diatasi oleh pemerintah, karena fungsi pemerintah sebagai pengayom, sekaligus pelindung warga negara. Cara mengatasi kemiskinan bisa dilakukan dengan berbagai strategi, salah satunya strategi kebijakan yang berkelanjutan, baik itu dalam mendorong pembangunan aset, serta mampu menyediakan jaring pengaman sosial yang kuat dan efektif.

Berikut ini cara mengatasi kemiskinan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/11/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kemiskinan

1. Menciptakan kesadaran

Cara mengatasi kemiskinan bisa dilakukan dengan menciptakan kesadaran, di mana media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, sehingga bisa menggunakannya sebagai suara kebaikan sosial. Berbagi tautan di Facebook, Twitter, dan platform lain akan memungkinkan orang untuk belajar lebih banyak tentang kemiskinan global dan akan meningkatkan kesadaran umum akan masalah ini.

2. Ambil Tindakan Sendiri

Cara mengatasi kemiskinan juga bisa dilakukan dengan mengambil tindakan sendiri, tentu dengan beberapa cara sederhana yang dapat kita bantu sebagai individu, seperti mendanai pendidikan anak miskin atau dengan mensponsori keluarga miskin dan memengaruhi orang lain untuk melakukannya. Anda juga bisa mengumpulkan uang dan menyumbangkannya ke organisasi nirlaba juga dapat membantu.

3. Melakukan Donasi

Dengan menyumbangkan atau melakukan donasi, bisa membantu dalam melakukan banyak hal. Tidak selalu harus berbentuk uang, Anda juga bisa menyumbangkan buku kepada anak miskin atau membeli bahan makanan untuk keluarga miskin selama seminggu untuk membantu memerangi kelaparan. Menyumbangkan pakaian bekas, furnitur, dan perlengkapan mandi juga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin.

 

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kemiskinan

4. Menghilangkan Ketimpangan Gender

Cara mengatasi kemiskinan juga bisa dilakukan dengan menghilangkan ketimpangan gender, di mana dua pertiga dari penduduk dunia yang buta huruf adalah perempuan, rasio anak laki-laki dan perempuan harus dibuat setara dalam pendidikan dasar, menengah, dan tinggi. Anak perempuan yang masih bersekolah, lebih kecil kemungkinannya untuk menikah sebelum usia 18 tahun, sehingga menurunkan tingkat perkawinan anak sebesar 64 persen di seluruh dunia. 

5. Ciptakan Pekerjaan di Seluruh Duniame

Menurut Organisasi Perburuhan Internasional, 197 juta orang tanpa pekerjaan di seluruh dunia, sehingga cara mengatasi kemiskinan bisa dilakukan dengan menciptakan pekerjaan di seluruh dunia. Akan lebih banyak pilihan pekerjaan di suatu negara berarti lebih banyak cara untuk menghentikan kemiskinan. Oleh karena itu, dengan meningkatkan lapangan kerja, orang yang tidak melek huruf dapat diajari beberapa keterampilan agar mereka dapat dipekerjakan.

6. Meningkatkan Akses Sanitasi Layak dan Air Bersih

Cara mengatasi kemiskinan juga bisa dilakukan, dengan meningkatkan akses sanitasi yang layak serta air bersih. Akses terhadap air bersih dan sanitasi secara langsung, juga bisa mempengaruhi kesehatan dan pendidikan. Saat ini, 800 juta orang hidup tanpa akses air bersih dan 2,5 miliar hidup tanpa sanitasi yang memadai. Kamar mandi yang kotor membuat anak perempuan tidak dapat bersekolah, sehingga menghentikan mereka untuk menerima pendidikan. Kurangnya air bersih menyebarkan penyakit seperti diare dan kolera, yang merenggut nyawa lebih dari satu juta anak setiap tahun.

 

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kemiskinan

7. Mendidik Semua Orang

Cara mengatasi kemiskinan adalah dengan pendidikan, yang tentu membantu meningkatkan penghasilan individu untuk setiap anggota keluarga. UNESCO juga menunjukkan bahwa keterampilan membaca dasar dapat mengangkat 171 juta orang keluar dari kemiskinan ekstrem, yang pada akhirnya mengurangi total kemiskinan dunia sebesar 12 persen. UNESCO juga menyebutkan saat ini ada sekitar satu miliar orang dewasa buta huruf di dunia.

8. Strategi Individu

Orang yang memiliki keterampilan, pendidikan akan cenderung lebih kompetitif di pasar tenaga kerja, dan akibatnya akan memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami kemiskinan. Individu yang memiliki lebih banyak pendidikan, keterampilan, dan pelatihan biasanya lebih kompetitif dalam hal mendapatkan pekerjaan dengan gaji lebih tinggi, sehingga dapat mengurangi peluang individu  untuk mengalami kemiskinan. Selain itu, mampu mempersiapkan diri secara finansial ketika terjadi guncangan ekonomi, salah satunya menyisihkan sejumlah pendapatan setiap bulan untuk menghasilkan beberapa tingkat keamanan ekonomi jika diperlukan.

9. Strategi Kebijakan

Cara mengatasi kemiskinan adalah mengkaji apa yang dapat dilakukan pada tingkat kebijakan untuk mengurangi jumlah rumah tangga yang miskin. Setidaknya ada empat strategi luas yang dapat digunakan untuk mengurangi kemiskinan di tingkat nasional, negara bagian, dan lokal, yaitu kebutuhan untuk menciptakan pekerjaan dengan gaji yang memadai, meningkatkan aksesibilitas barang sosial dan publik utama. Selain itu kebijakan yang mendorong pembangunan aset, terutama yang sederhana, sangat penting, serta menyediakan jaring pengaman sosial yang kuat dan efektif sangat penting dalam mengatasi kemiskinan di tingkat nasional, negara bagian, atau lokal. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.