Sukses

OTG adalah Alat Penghubung Perangkat Lain, Ketahui Jenis dan Fungsinya

Liputan6.com, Jakarta - OTG adalah alat penghubung perangkat lain. OTG adalah singkatan dari On The Go. OTG adalah alat yang fungsinya mirip dengan USB (Universal Serial Bus). OTG adalah alat berupa kabel dengan dua konektor berbeda.

Melansir dari Computer Hope, OTG adalah alat dengan fungsi mirip USB, mereka berfungsi dengan “plug and play” yang memungkinkan komputer bisa berkomunikasi dengan periferal dan perangkat lain.

Dua konektor OTG adalah berupa port USB ponsel pintar dan port USB komputer. Ini membuat kelemahan dari OTG adalah tidak bisa menghubungkan dua ponsel pintar sekaligus karena bentuk konektornya.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang pengertian OTG, jenis-jenis OTG, dan fungsi OTG, Kamis (24/11/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

OTG adalah Alat Penghubung Perangkat Lain

OTG adalah singkatan dari On The Go dalam bahasa Inggris yang artinya dalam perjalanan. Dalam dunia teknologi, OTG adalah alat berupa kabel untuk disambungkan dengan sebuah perangkat, seperti ponsel pintar, tablet, laptop, komputer, mouse, keyboard, printer, flashdisk, dan lainnya.

OTG adalah alat yang memiliki fungsi mirip seperti kabel USB (Universal Serial Bus), ini standar bus serial untuk menghubungkan perangkat. Melansir dari Computer Hope, OTG adalah alat dengan fungsi mirip USB, mereka berfungsi dengan “plug and play” yang memungkinkan komputer bisa berkomunikasi dengan periferal dan perangkat lain.

Ponsel pintar yang bisa menggunakan OTG adalah android dan iPhone. Penggunaan OTG untuk iPhone, harus memastikan dengan cek kotak handset atau spesifikasi ponsel pintar tersebut di website resmi iPhone. Jika ada logo OTG, maka perangkat itu pasti mendukung atau support OTG.

OTG adalah alat dengan fungsi utama mampu menghubungkan perangkat satu dengan perangkat lain hingga alat untuk membaca data. Wujud OTG adalah alat dengan dua konektor, yakni port USB ponsel pintar dan port USB komputer. Kelemahan dari OTG adalah tidak bisa menghubungkan dua ponsel pintar sekaligus karena bentuk konektornya.

Kabel OTG rata-rata tidak memiliki kapasitas atau tidak ada memori penyimpanannya. Akan tetapi, Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, ada OTG yang berkapasitas. Ini berarti, OTG adalah alat yang sekaligus bisa menghubungkan dan menyimpan data seperti flashdisk (flashdisk OTG) atau harddisk (harddisk OTG). Kapasitas OTG mulai dari 64GB sampai 256GB.

Bagaimana cara menggunakan OTG?

Cara menggunakan OTG adalah mulailah dengan menghubungkan USB ke kabel OTG dan kabel OTG ke perangkat yang akan dikoneksikan. Kemudian, buka “File Manager” untuk membaca data yang diperlukan. Cari nama USB dan mulai salin atau pindahkan file yang diperlukan. Selesaikan dengan klik “remove USB” dan cabut USB.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Konektor USB OTG

OTG adalah alat dengan dua konektor yang berbeda. Ketika akan menggunakan OTG, perhatikan jenis konektor USB ponsel pintarnya. Pembelian OTG atau penggunaan OTG adalah sebagai alat penghubung harus disesuaikan dengan jenis konektor USB ponsel pintar yang akan digunakan.

Ada tujuh jenis-jenis konektor USB OTG yang perlu diketahui. Ini jenis-jenis konektor USB melansir dari Lifewire:

1. Jenis OTG Konektor USB Micro-A

USB 3.0 Micro-A adalah berupa dua colokan persegi panjang berbeda yang disatukan, yang satu sedikit lebih panjang dari yang lain. Colokan USB 3.0 Micro-A hanya bisa digunakan dengan soket USB 3.0 Micro-AB.

Ukuran USB 2.0 Micro-A sangat kecil dan berbentuk persegi panjang, mirip dengan USB Tipe A yang menyusut. Colokan USB Micro-A secara fisik bisa digunakan dengan soket USB 2.0 dan USB 3.0 Micro-AB.

2. Jenis OTG Konektor USB Micro-B

Konektor USB 3.0 Micro-B hampir mirip dengan colokan Micro-A USB 3.0 karena terlihat sebagai dua yang terpisah. USB 3.0 Micro-B bisa digunakan dengan soket USB 3.0 Micro-B dan soket USB 3.0 Micro-AB.

3. Jenis OTG Konektor USB Mini-A

Konektor USB 2.0 Mini-A berbentuk persegi panjang, tetapi satu sisinya lebih membulat. USB Mini-A hanya bisa digunakan dengan soket USB Mini-AB.

4. Jenis OTG Konektor USB Mini-B

Konektor USB 2.0 Mini-B berbentuk persegi panjang dengan lekukan kecil di kedua sisinya. USB Mini-B secara fisik kompatibel dengan soket USB 2.0 Mini-B dan Mini-AB. Tidak ada konektor USB 3.0 Mini-B.

5. Jenis OTG Konektor USB Tipe C

Konektor USB-C ini berupa colokan yang berbentuk persegi panjang dengan empat sudut membulat. 

6. Jenis OTG Konektor USB Tipe A

Konektor USB Standard-A berbentuk persegi panjang dan konektor USB yang paling umum digunakan. USB 1.1 Tipe A, USB 2.0 Tipe A, dan USB 3.0 Tipe A bisa digunakan secara fisik.

7. Jenis OTG Konektor USB Tipe B

Konektor USB Standard-B berbentuk persegi dengan lekukan tambahan di bagian atas, sering terlihat pada konektor USB 3.0 Tipe B. USB 1.1 Tipe B dan USB 2.0 Tipe B secara fisik bisa digunakan dengan stop kontak USB 3.0 Tipe B, tetapi USB 3.0 Tipe B tidak bisa digunakan dengan stop kontak USB 2.0 Tipe B atau USB 1.1 Tipe B.

4 dari 4 halaman

Fungsi OTG dan Penjelasannya

Fungsi utama dari OTG adalah alat yang mampu menghubungkan perangkat satu dengan perangkat lain hingga alat untuk membaca data. Ini penjelasan dari fungsi OTG yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Menggunakan Controller Game

Fungsi flashdisk OTG juga membuat kamu dapat menggunakan controller game. Dengan fitur OTG ini, kamu bisa menyambungkan smartphone dengan controller untuk main game. Apalagi, saat ini sudah banyak sekali emulator dan game PS2 yang tersedia untuk Android.

2. Membaca Data Menggunakan Card Reader

Selain itu, bisa menggunakan card reader dengan fungsi flash disk OTG ini. Dengan menyambungkan konektor USB OTG pada card reader kamu bisa langsung membaca data yang ada di dalam card reader tersebut.

3. Membaca Data di Harddisk Eksternal

Sejalan dengan fungsinya untuk membaca data menggunakan card reader, fungsi flashdisk OTG juga dapat digunakan pada harddisk eksternal. Sebagai media penyimpanan ekstra besar, kamu bisa langsung membaca data pada harddisk eksternal langsung pada smartphone. Tidak harus menggunakan PC atau laptop lagi.

4. Menambah Memori Smartphone

Fungsi flashdisk OTG adalah untuk menambah memori smartphone. Jika smartphone kamu tidak dibekali dukungan memori eksternal, flashdisk yang kamu hubungkan bisa digunakan sebagai memori tambahan untuk menyimpan file musik, foto atau video.

5. Smartphone dapat Mengisi Daya Layaknya Power Bank

Selain itu, fungsi flashdisk OTG lainnya adalah mengubah smartphone menjadi layaknya power bank. Apalagi, dengan banyaknya aplikasi smartphone yang semakin menguras baterai saat ini, tentunya kamu perlu baterai ekstra setiap saat.

Tidak hanya dapat mengisi daya smartphone lain, kamu juga bisa mengisi gadget seperti Action Cam hingga MP3 Player.

6. Menggunakan Mouse atau Keyboard Wireless di Smartphone

Dengan fitur Host Mode, smartphone yang mendukung USB OTG bisa digunakan sebagai media peripheral. Dengan menghubungkan konektor OTG ke smartphone, kamu dapat menggunakan keyboard dan mouse wireless untuk memudahkan dalam mengoperasikan smartphone.

7. Menyalakan Kipas Angin

Fungsi flashdisk OTG juga bisa untuk menyalakan kipas angin mini. Mini-USB fan yang biasanya digunakan untuk menangkal panas saat di tempat-tempat umum dengan bantuan smartphone ini bisa kamu pergunakan dengan flashdisk OTG.

Cukup dengan menghubungkan mini-USB fan yang kamu miliki ke konektor OTG, dan rasakan segarnya angin sepoi-sepoi yang dihasilkan.

8. Menyalakan Lampu Darurat

Selain menyalakan kipas angin, kamu juga bisa menyalakan lampu darurat dengan USB OTG. Dengan menyambungkan lampu led (mini-LED light) ke USB OTG, kamu bisa selalu diterangi cahaya tanpa takut gelap.

9. Mencetak Dokumen Langsung dari Printer

Fungsi flashdisk OTG lainnya seperti keyboard, printer dengan fitur USB Plug and Play bakal berfungsi dengan baik di smartphone Android. Kamu bisa mencetak dokumen secara langsung tanpa menggunakan PC.

Namun, untuk langsung mencetak beberapa foto dan dokumen sekaligus, kamu membutuhkan koneksi dengan pilihan mode PTP atau MTP.

10. Mengontrol Kamera DSLR

Kamera DSLR memiliki kemampuan menangkap gambar dengan sangat baik. Sayangnya, kamera tersebut memiliki layar yang kecil sehingga cukup menyulitkan ketika ingin mengecek hasil foto.

Dengan menyambungkan HP dan kamera DSLR-mu melalui OTG, kamu bisa memotret dengan kamera DSLR sekaligus mengecek tampilan gambar dari jepretan kamu secara langsung.

11. Menghubungkan Portabel CD Player

Jika kamu memiliki portable CD player, maka kamu juga bisa memanfaatkan flashdisk OTG ini untuk membaca CD. Kamu bisa membaca data pada CD di mana saja dan kapan saja dengan menggunakan USB OTG ini. Walaupun sebenarnya sudah jarang orang yang menggunakan CD portable ini.

12. Menghubungkan Eksternal Webcam

Di eranya smartphone selfie terbaik yang terus bermunculan, eksternal webcam barangkali sudah jadi hal yang langka digunakan. Tapi jika kamu punya webcam nganggur, kamu bisa menggunakan webcam bekas tersebut untuk menginspeksi suatu wilayah sempit dan gelap dengan mudah.

Cukup hubungkan eksternal webcam milikmu via konektor USB OTG, maka kamu siap memantau wilayah-wilayah sempit dan gelap di smartphone menggunakan aplikasi Camerafi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.