Sukses

Takabur Artinya Sombong, Berikut Dampak Negatif dan Cara Menghindarinya

Takabur artinya sombong, yang merupakan salah satu sifat yang sangat dibenci oleh Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta Takabur artinya sombong, yang merupakan salah satu sifat yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Tidak hanya dibenci Allah, orang yang takabur biasanya juga akan dibenci oleh orang lain.

Takabur artinya adalah sifat dari seseorang yang membanggakan dirinya sendiri, merasa paling benar, dan sering menganggap remeh yang selain dirinya. Takabur artinya sombong, yang sering ditandai dengan sikap yang tidak menyadari bahwa dirinya sendiri juga memiliki kelemahan.

Ciri-ciri orang yang takabur dapat kita lihat secara jelas dari sikap orang yang bersangkutan. Tentu saja melihat ciri-ciri orang lain yang takabur lebih mudah. Lalu bagaimana jika kita tidak sadar kalau telah takabur, bagaimana cara mengetahuinya?

Sebelum lebih jauh membahas hal itu, berikut adalah ciri-ciri sifat takabur dan jenis-jenis sifat takabur, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (7/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ciri-Ciri dan Jenis Takabur

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, takabur artinya sombong. Dalam kitab lisanul Arab, antara lain disebutkan bahwa at-takabur wal istikbar berarti sombong atau berusaha menampakkan keagungan diri. Maka tidak mengherankan jika orang takabur ingin terus menampakkan dirinya di hadapan orang lain sebagai orang yang paling hebat dibandingkan lainnya dan memandang derajat orang lebih rendah. Adapun ciri-ciri sifat takabur adalah sebagai berikut:

1. Angkuh

Takabur artinya sombong. Orangnya yang memiliki sifat takabur biasanya terlihat angkuh secara lahiriah. Allah SWT berfirman dalam QS Luqman ayat 18, yang artinya:

"Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri."

2. Merendahkan dan Menjatuhkan Orang lain

Orang yang memiliki sifat takabur dalam hatinyya tidak pernah ada ketenangan, karena akan selalu ada gejolak. Ia selalu ingin untuk menjatuhkan orang lain.

"Dari Abdullah bin Mas’ud bin Malik r.a dari Nabi saw. beliau bersabda: Tidak akan masuk surga orang yang terdapat dalam hatinya sifat takabur (sombong) walaupun hanya seberat atom yang sangta halu sekalipun." (H.R Muslim).

Hadist tersebut merupakan sebuah peringatan untuk semua umat manusia untuk tidak bersifat takabur.

Sifat takbur dapat dibedakan menjadi dua jenis, yakni menolak kebenaran dan menganggap diri sendiri lebih baik dari siapa pun. Seseorang yang menolak kebenaran yang disampaikan orang lain, padahal ia tahu bahwa apa yang disampaikan orang tersebut benar, termasuk orang yang takabur. Apalagi jika ia menolak kebenaran tersebut karena orang yang menyampaikan kebenaran itu dirasa lebih muda atau lebih rendah kedudukannya dibanding dirinya.

Sifat takabur berikutnya adalah sikap yang menganggap diri sendiri memiliki keistimewaan yang melebihi orang lain. Selalu merasa dirinya paling lebih dibandingkan orang lain. Dengan itu, ia lalu bersikap congkak kepada sesama hamba Allah dan merendahkan mereka, karena menurutnya ia jauh lebih tinggi martabatnya.

Rasulullah saw  juga pernah bersabda yang artinya, “Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan manusia.” (HR Muslim).

3 dari 5 halaman

Penyebab Takabur

Takabur artinya sombong. Sifat ini kadang didorong oleh beberapa faktor. Sebagian besar faktor yang dapat menjadi seseorang bisa memiliki sifat takabur antara lain sebagai berikut:

a. Penampilan fisik yang menarik. Memiliki penampilan fisik yang menarik, baik itu cantik atau tampan, tentu sangat menyenangkan. Hanya hal ini sering membuat seseorang lupa diri sehingga menjadi takabur dan memandang orang lain yang tidak memiliki penampilan fisik semenarik dirinya, lebih rendah.

b. Ilmu dan kecerdasan juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab takabur. Menuntut ilmu memang wajib bagi muslim dan muslimah. Hanya saja, kadang ilmu yang kita miliki bisa membuat kita merasa lebih tahu dari siapapun dan merasa bahwa pendapat kita yang paling benar.

c. Garis keturunan juga bisa menjadi salah satu penyebab kita menjadi takabur. Hanya karena lahir dari keturunan bangsawan, orang takabur akan merasa bahwa hanya dirinyalah yang harus dihormati dan dimuliakan.

d. Harta juga menjadi salah satu faktor yang dapat membuat seseorang menjadi takabur atau sombong. Kekayaan yang melimpah kadang membuat seseorang menjadi takabur dan riya'. Bahkan banyak yang sampai berpikir bahwa hanya dirinya saja yang kaya.

Yang jelas, kelebihan yang kita miliki meski, baik itu ilmu, penampilan fisik, kekuatan fisik, harta, meski hanya sedikit dapat mendorong kita untuk bersikap takabur.

4 dari 5 halaman

Dampak Buruk Takabur

Seperti yang diketahui bahwa takabur adalah suatu sifat yang dibenci Allah. Tidak hanya itu, sifat takabur sebenarnya juga memiliki dampak yang buruk, terutama bagi orang yang bersangkutan. Adapun dampak negatif dari sikap takabur antara lain adalah sebagai berikut:

a. Orang takabur akan dengan mudah tertipu oleh perasaan dan pendapatnya sendiri.

b. Menjadi tidak sadar terhadap kedudukannya.

c. Keinginan untuk belajar dari orang lain menurun, sebab dia sudah merasa pintar jika dibandingkan orang lain.

e. Sifat takabur akan membatalkan pahala dari amal kebaikannya.

f. Sifat takabur akan membuat seseorang dibenci oleh orang lain.

g. Yang paling parah, takabur dapat menghalangi seseorang untuk masuk surga.

Di dalam sebuah hadis, Rasulullah saw pernah bersabda yang artinya, “Ada tiga golongan yang tidak akan diajak bicara oleh Allah, tidak disucikan oleh-Nya, dan baginya adzab yang pedih, (yaitu) orang yang sudah tua berzina, penguasa pendusta dan orang miskin yang sombong.” (HR Muslim).

5 dari 5 halaman

Cara Menghindari Sifat Takabur

Sifat takabur artinya bisa muncul pada siapa saja. Kadang, ia muncul tanpa disadari. Akan tetapi ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menghindari sifat takabur, antara lain sebagai berikut:

a. Memiliki rasa percaya diri memang penting, namun jangan berlebihan. Pahami bahwa setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk diri kita sendiri. Menyadari bahwa diri ini juga memiliki kekurangan, akan dapat menghindarkan dari sifat sombong.

b. Ingat lagi peristiwa sejara di mana orang-orang takabur seperti Firaun, telah dihancurkan oleh Allah SWT.

c. Kita juga harus sadar bahwa ilmu yang kita miliki sangatlah sedikit. Bahkan ilmu kita lebih sedikit dibandingkan dengan orang-orang di sekitar kita. Kita hanya paham sesuatu yang pernah kita lihat, kita baca dan kita dengarkan, selebihnya kita tidak mengerti.

d. Kita harus sadar bahwa fisik yang gagah, wajah yang tampan rupawan, cantik jelita adalah anugrah Allah dan sifatnya sementara.

e. Kita juga harus ingat bahwa harta yang kita miliki juga titipan Allah yang harus dijaga dan digunakan di jalan kebaikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.