Sukses

Profil PT Nestle Indonesia, Sejarah Berdiri, dan Produknya

PT Nestlé Indonesia adalah anak perusahaan Nestlé SA

Liputan6.com, Jakarta - PT Nestle Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang produksi makanan. Nestlé Indonesia adalah anak perusahaan Nestlé SA, yang berkantor pusat di Vevey, Swiss. Nestle adalah perusahaan produksi makanan terbesar di dunia.

PT Nestle Indonesia berdiri sejak tahun 1971. Di Indonesia, Nestle mengoperasikan tiga pabrik yaitu Pabrik Kejayan di Jawa Timur untuk mengolah produk susu seperti DANCOW dan BEAR BRAND, Pabrik Panjang di Lampung untuk mengolah kopi instan NESCAFÉ, serta Pabrik Karawang di Jawa Barat untuk memproduksi DANCOW, MILO, dan CERELAC.

Produk-produk PT Nestle Indonesia adalah berupa kembang gula, coklat & snek, kopi, minuman, nutrisi anak dan keluarga, makanan pendamping asi, sereal sarapan, produk kuliner, minuman siap minum, dan nutrisi kesehatan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang profil PT Nestle Indonesia, sejarah berdiri, dan produknya, Minggu (11/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

PT Nestle Indonesia adalah Perusahaan Produksi Makanan

PT Nestle Indonesia berdiri sejak tahun 1971, tetapi kehadiran produknya sudah sejak 1873. Melansir dari situs website resmi Nestle, PT Nestle Indonesia hadir sejak abad ke-19. Nestlé Indonesia adalah anak perusahaan Nestlé SA, yang berkantor pusat di Vevey, Swiss.

Nestlé SA didirikan lebih dari 150 tahun lalu oleh ahli farmasi dari Jerman bernama Henri Nestlé. Sementara itu, PT Nestle Indonesia saat ini sudah mengoperasikan empat sentra distribusi dan bekerja sama dengan ratusan distributor di setiap provinsi Indonesia.

Nestle adalah perusahaan produksi makanan terbesar di dunia. Ini termasuk bagi PT Nestle Indonesia yang juga menjadi salah satu perusahaan produksi makanan dengan kualitas terbaik. PT Nestle Indonesia pun selalu berupaya membangun merek-merek yang bisa memenuhi kebutuhan konsumen.

PT Nestle Indonesia adalah salah satu perusahaan global yang popularitasnya di Indonesia mendekati sempurna. PT Nestle Indonesia atau Nestle disebut pula sebagai perusahaan terkemuka dalam bidang gizi (nutrition), kesehatan (health), dan keafiatan (wellness).

Dalam beroperasi melakukan kegiatan usahanya, PT Nestle Indonesia berpegang pada Nestlé Corporate Business Principles. Ini termasuk Prinsip-Prinsip Global Compact PBB tentang Hak Azasi Manusia, Tenaga kerja, Lingkungan dan Korupsi. Memastikan standar perilaku bisnis yang ketat dan mendukung pelestarian lingkungan.

3 dari 4 halaman

Sejarah Berdirinya PT Nestle Indonesia

Sejarah berdirinya Nestle bermula di tahun 1866, selang tujuh tahun kemudian PT Nestle Indonesia didirikan. Ini sejarah perjalanan Nestle menjadi perusahaan produksi makanan terbesar di dunia melansir dari situs website resminya:

1. Tahun 1866

Sepasang kakak dan adik dari Amerika, Charles dan George Page, membantu didirikannya Anglo-Swiss Condensed Milk Company. Dengan pasokan susu segar yang berlimpah di Swiss, mereka memanfaatkan pengetahuan yang telah mereka dapatkan di negara asal mereka untuk mendirikan pabrik susu kental manis pertama di Eropa di Cham.

2. Tahun 1867

Pendiri Nestlé, seorang ahli farmasi dari Jerman bernama Henri Nestlé, menciptakan produk 'farine lactée' (yang artinya tepung dan susu) di Vevey, Swiss.

Produk ini merupakan kombinasi susu sapi, tepung gandum dan gula, dan Nestlé menciptakannya bagi bayi-bayi yang tidak dapat menerima Air Susu Ibu, untuk mengatasi tingginya angka kematian bayi saat itu (logo sarang burung).

3. Tahun 1873

Nestlé secara resmi mulai hadir di Indonesia sebagai melalui impor susu kental manis MILKMAID, atau yang kemudian dikenal dengan nama TJAP NONA.

4. Tahun 1875

Henri Nestlé menjual perusahaan dan pabriknya di Vevey kepada tiga pengusaha lokal. Mereka mempekerjakan ahli kimia dan para pekerja ahli untuk meningkatkan produksi dan penjualan.

5. Tahun 1878

Persaingan ketat terjadi di antara Nestlé dan Anglo-Swiss, saat masing-masing perusahaan mulai menjual produk dengan jenis yang sama satu dengan lainnya: susu kental manis dan bubur bayi. Kedua perusahaan juga mulai memperluas penjualan dan produksi ke luar negeri.

6. Tahun 1882-1902

Pada 1882, Anglo-Swiss mengembangkan usahanya ke Amerika, namun meninggalnya George Page menghambat rencana tersebut. Pada 1902, perusahaan tersebut menjual usahanya di Amerika, yang kemudian membuka jalan untuk akhirnya merger dengan Nestlé.

7. Tahun 1904

Nestlé mulai menjual produk cokelat untuk pertama kalinya saat perusahaan mengambil alih penjualan ekspor Peter & Kohler. Henri Nestlé sendiri memegang peran kunci dalam pengembangan cokelat susu sejak 1875, saat ia memasok tetangganya di Vevey, Daniel Peter, dengan susu kental manis, yang digunakan oleh Peter untuk menciptakan produk cokelat komersial pertama pada 1880an.

4 dari 4 halaman

Produk-Produk PT Nestle Indonesia

PT Nestle Indonesia memiliki lebih dari 2.000 merek produk. Melansir dari situs website resminya, PT Nestle Indonesia mengusung misi “Good Food, Good Life” dengan memenuhi kebutuhan konsumen. Mulai dari ikon global hingga produk lokal favorit.

Produk-produk PT Nestle Indonesia adalah berupa kembang gula, coklat & snek, kopi, minuman, nutrisi anak dan keluarga, makanan pendamping asi, sereal sarapan, produk kuliner, minuman siap minum, dan nutrisi kesehatan.

PT Nestle Indonesia mengoperasikan tiga pabrik yaitu Pabrik Kejayan di Jawa Timur untuk mengolah produk susu seperti DANCOW dan BEAR BRAND, Pabrik Panjang di Lampung untuk mengolah kopi instan NESCAFÉ, serta Pabrik Karawang di Jawa Barat untuk memproduksi DANCOW, MILO, dan CERELAC.

Ini daftar produk-produk Nestle terkenal yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. KitKat Fingers

2. Nescafe Gold Kopi Instan Kopi Hitam 100G Jar

3. NESTLE KOKO KRUNCH Cereal 170g

4. Nestle GOLD CORN FLAKES Sarapan Sereal Jagung 275g

5. Nestle Cerelac Ayam Bawang 120gr

6. Nutren Diabetes Susu Bubuk Kaleng 400gr

7. Nestle Goodnes Susu UHT Kurma

8. Lactogrow 3 Vanila 1Kg

9. NESCAFE Kopi Minuman Kaleng Rasa Ala Cafe 220ml x 8pcs

10. NESCAFÉ CLASSIC Jar 200g

11. Milo 3 in 1 Active Go

12. Nestle Carnation Krimer Kental Manis 370g x 3pcs

13. NESTLE BEAR BRAND GOLD White Tea 140ml x 24pcs

14. Nestle GOODNES Susu UHT Full Cream 180ml

15. NESTLE DANCOW FortiGro Susu Bubuk Coklat Pouch 1kg

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.