Sukses

Profil PT Tirta Investama, Ini Sejarah dan Inovasi dari AQUA

PT Tirta Investama atau yang lebih dikenal dengan AQUA, merupakan sebuah perusahaan pelopor air mineral dalam kemasan di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta PT Tirta Investama atau yang lebih dikenal dengan AQUA, merupakan sebuah perusahaan pelopor air mineral dalam kemasan di Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada 1973 dan kemudian menjalin kemitraan strategis dengan Danone pada 1998.

PT Tirta Investama memiliki visi ingin menjadi inspirasi kepada masyarakat Indonesia mengenai hidrasi yang sehat. Untuk mewujudkan visi tersebut, AQUA memproduksi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dan minuman ringan non karbonasi yang sehat dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Dalam menjalankan bisnisnya, PT Tirta Investama menerapkan nilai-nilai kemanusiaan, keterbukaan, kedekatan dan antusiasme. Nilai-nilai ini juga memandu setiap pengambilan keputusan dan cara pandang profesional Perusahaan.

Sampai saat ini, PT Tirta Investama telah melakukan berbagai macam inovasi yang membuat produk mereka tetap eksis sampai saat ini. tentu saja, eksistensi tersebut adalah sesuatu yang telah dibangun dalam proses sejarah yang panjang.

Berikut adalah sejarah dari PT Tirta Investama atau Aqua, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai seumber, Selasa (13/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah AQUA

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, AQUA didirikan pada 1973 oleh Tirto Utomo sebagai pelopor perusahaan air minum dalam kemasan pertama di Indonesia. Pabrik pertama AQUA pada saat itu didirikan di Pondok Ungu, Bekasi. Pada saat itu, Aqua dijual dengan kemasan botol kaca berukuran 950 ml, dan dijual dengan harga 75 rupiah.

Pada 1984, AQUA mendirikan pabrik keduanya di Pandaan Jawa Timur. Adapun tujuan pembangunan pabrik yang kedua ini adalah agar bisa lebih dekat dengan konsumen di wilayah tersebut.

Pada 1995, AQUA melakukan inovasi dengan menerapkan sistem produksi in line. Produksi in line adalah sistem pemrosesan air dan pemuatan kemasan yang dilakukan secara bersamaan. Sistem ini memungkinkan botol aku yang baru saja selesai dibuat dapat dengan segera diisi dengan air bersih sehingga lebih higienis.

Pada 1998, PT Tirta Investama menjalin kerja sama dengan Danone melalui Danone Asia Holding Pte.Ltd sebagai minority shareholder. Selanjutnya, Pt Tirta Investama, PT Aqua Golden Mississippi dan PT Tirta Sibayakindo sepakat untuk bersinergi sebagai Grup Aqua. Kemudian pada 2000, AQUA mulai mencantumkan logo Danone pada seluruh produk Aqua. Pada 2001, Danone meningkatkan kepemilikan saham di PT Tirta Investama, seingga Danone menjadi pemegang saham mayoritas Grup Aqua.

Sejak saat itu, AQUA terus berinovasi dan berkontribusi dalam berbagai kegiatan peduli lingkungan dan penyediaan air bersih di wilayah-wilayah yang sulit air.

3 dari 4 halaman

Inovasi

PT Tirta Investama dan Group AQUA terus melakukan inisiatif untuk bereksperimen dan berinovasi demi perubahan ke arah yang lebih baik. Adapun sejumlah inovasi yang telah dilakukan AQUA antara lain sebagai berikut:

Efisiensi Energi

Efisiensi energi yang telah diterapkan AQUA telah berhasil mengurangi konsumsi energi sebesar 2,13 kwh/botol.

Bahan Daur Ulang

Untuk membantu mengurangi sampah bumi, AQUA memanfaatkan bahan daur ulang untuk digunakan sebagai bahan kemasan kardus, sehingga semakin sedikit sampah kardus yang dihasilkan oleh pabrik.

Minyak Goreng Bekas

AQUA mengganti penggunaan solar di pabrik dengan minyak goreng bekas. Dalam waktu satu bulan, inovasi tersebut telah mampu mengurangi konsumsi solar rata-rata 3 ton per bulan atau setara dengan mengurangi karbon sebanyak 116 ton CO2/tahun.

4 dari 4 halaman

Prestasi

PT Tirta Investama sebagai bagian dari Grup AQUA, juga telah membuktikan diri dengan serangkaian penghargaan yang telah diraih dalam beberapa tahun terkahir, antara lain sebagai berikut:

Tahun 2020

Anugerah Proper Emas untuk dua Pabrik Danone-AQUA dan Anugerah Proper Hijau untuk delapan Pabrik Danone-AQUA dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia

Tahun 2019

Pabrik AQUA – Bekasi mendapatkan penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi (PSBE) 2019

Penghargaan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sulawesi Utara untuk Pabrik AQUA di Airmadidi sebagai apresiasi pada program CSR Danone-AQUA dinilai memberi andil dan sukses menunjang program pemerintah dalam memajukan pelestarian Magrove di Desa Bahowo.

Danone-AQUA dianugerahi Halal Award - Halal Top Brand untuk yang ketiga kalinya oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI)

Danone-AQUA mendapatkan Penghargaan Industri Hijau 2019 untuk 15 pabrik dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia melalui 15 pabrik

Tahun 2018

Halal Award – Halal Top Brand 2018 untuk kategori Air Minum dalam Kemasan dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) dan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Anugerah Proper Hijau untuk 10 Pabrik Danone-AQUA dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia

Penghargaan ProKlim (Program Kampung Iklim) Utama 2018 kepada Pabrik Danone-AQUA Wonosobo untuk Kampung Wisata Sayur “Cengkul”, Blederan.

Tahun 2017

Penghargaan Padmamitra untuk Kategori Bidang Difabel kepada Pabrik Danone-AQUA Klaten dari Forum CSR – Kesejahteraan Sosial bekerjasama dengan Kementerian Sosial.

Penghargaan Corporate Social Responsibility bidang kesehatan untuk Program WASH dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Penghargaan Innovative Solution on Conservation Program dalam mengembangkan Measurement, Reporting and Verification (MRV) System dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.