Sukses

Alasan Mengapa Kita Harus Menghormati Orang Tua Ada 9, Simak Penjelasannya

Mengapa kita harus menghormati orang tua menjadi hal yang dianjurkan dalam berbagai agama.

Liputan6.com, Jakarta Mengapa kita harus menghormati orang tua menjadi hal yang dianjurkan dalam berbagai agama. Menghormati orang tua menjadi bagian dari norma kesusilaan yang harus dimiliki oleh seorang anak.

Alasan mengapa kita harus menghormati orang tua utamanya adalah karena orang tua merupakan pihak yang berjasa dalam mendidik anak-anaknya. Menghormati orang tua menjadi bentuk penghargaan anak terhadap orang tua yang telah mencurahkan kasih sayangnya dalam marawat anak sebaik mungkin. 

Menghormati orang tua merupakan salah satu tindakan baik yang dianjurkan dalam agama dan norma susila. Berikut ulasan Liputan6.com tengtang mengapa kita harus menghormati orang tua yang dilansir dari berbagai sumber, Kamis (15/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Mengapa Kita Harus Menghormati Orang Tua

1. Menjalankan Perintah Agama 

Mengapa kita harus menghormati orang tua diajarkan dalam berbagai agama. Agama selalu mengajarkan kepada kebaikan termasuk menghormati orang tua. Anak dianjurkan untuk bersikap baik dan mendoakan kedua orang tua mereka. 

2. Restu Tuhan Berkaitan dengan Restu Orang Tua

Alasan mengapa kita harus menghormati orang tua adalah untuk mendapat berkah dari Tuhan. Menghormati orang tua menjadi salah satu upaya yang dianjurkan untuk memperoleh keberkahan dari Tuhan. Dalam berbagai agama, restu orangtua menjadi jalan menuju pintu surga. 

3. Bentuk Ungkapan Rasa Terimakasih

Pengorbanan yang dilakukan oleh orangtua selama merawat dan mendidik anak juga menjadi salah satu alasan mengapa kita harus menghormati orang tua. Seperti seorang ibu mengandung dengan susah payah, kemudian berjuang melahirkan antara hidup dan mati. Tak hanya itu ibu juga tanpa pernah lelah terus menyusui sang buah hati selama dua tahun dengan ikhlas dan penuh kasih sayang. 

4. Bentuk Kasih Sayang Kepada Orang Tua

Menghormati orang tua juga merupakan bentuk kasih sayang kepada orang tua. Orang tua menyayangi anaknya tanpa balasana. Ayah dan ibu merawat anak-anaknya sejak dari kandungan sampai anak siap hidup mandiri.  

Ayah bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Hal itu dilakukan untuk keluarga terutama anak-anaknya supaya bisa memiliki kehidupan yang layak. Salah satu alasan mengapa kita harus menghormati kedua orang tua tak lain karena hal tersebut merupakan bentuk rasa sayang anak kepada ayah dan ibu yang telah membesarkan mereka.

3 dari 3 halaman

Alasan Mengapa Kita Harus Menghormati Orang Tua

6. Menghindari Penyesalan

Alasan mengapa kita harus menghormati orang tua selanjutnya adalah untuk menghindari penyesalan. Seorang anak tidak pernah menghargai dan menghormati orangtua, percayalah dia akan menyesal suatu saat nanti, hanya cucuran air mata yang dapat dilakukan. Maka demikian, menghormati orangtua adalah upaya yang sangat istimewa dalam menghindari penyesalan suatu saat nanti yang besar kemungkinan akan manusia rasakan. 

7. Jalan Menuju Pintu Surga

Seperti sudah dijelaskan, orang tua dalam berbagai agama dipercaya sebagai jalan menuju pintu surga. Oleh sebab itu, di berbagai agama menghormati orang tua menjadi salah satu bentuk ibadah. Seperti layaknya kegiatan ibadah lain, menghormati orang tua akan mendapat ganjaran berupa pahala, dan apabila dilanggar akan mendapat dosa.

8. Mendapat Hikmah

Dengan menghormati dan mematuhi orangtua, maka akan mendapatkan banyak hikmah dari Tuhan, yakni kunci masuk surga. Menghormati orang tua juga dapat memberi ketenangan hati, memperoleh rezeki yang banyak, dapat menghapus dosa besar, hingga dicintai dan disayangi oleh orang banyak.

9. Doa Kuat dari Orang Tua

Hubungan antara orang tua dan anak menyebabkan restu dari orang tua sangat berpengaruh pada hidup seorang anak. Salah satu alasan mengapa kita harus menghormati orang tua adalah untuk menjaga keridhaan orang tua, karena mereka adalah orang-orang yang memiliki doa paling kuat. Doa dari orangtua adalah doa yang mustajab. Sehingga jangan sampai membuat mereka marah atau kecewa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.