Sukses

Profil PT Samudera Indonesia, Perusahaan Kargo dan Logistik

PT Samudera Indonesia adalah perusahaan pelayaran di bidang kargo dan logistik.

Liputan6.com, Jakarta - PT Samudera Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang pelayaran kargo dan logistik. PT Samudera Indonesia adalah perusahaan induk dari Samudera Indonesia dengan lebih dari tiga puluh anak perusahaan.

Perusahaan yang bergerak di bidang pelayaran ini disebut memiliki lebih dari 50 tahun pengalaman dalam layanan transportasi dan logistik terintegrasi serta didukung oleh jaringan global dan para ahli di dunia logistik.

Kegiatan usaha atau lini bisnis PT Samudera Indonesia adalah shipping, ports (menangani kontainer, bulk cargo, over-dimension, dan heavy duty cargo), logistics, services, shipyard (proyek docking dan pembuatan kapal), dan properti.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang profil PT Samudera Indonesia, sejarah berdiri, kegiatan usaha, dan anak perusahaannya, Minggu (18/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

PT Samudera Indonesia adalah Perusahaan Pelayaran

PT Samudera Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang pelayaran. PT Samudera Indonesia menjadi perusahaan transportasi kargo dan logistik terpadu yang sudah berdiri sejak tahun 1964 dan awalnya berdiri sebagai bisnis keagenan kapal pada tahun 1950.

Melansir dari situs website resminya, PT Samudera Indonesia adalah perusahaan pelayaran dan logistik yang terintegrasi dengan konektivitas global. PT Samudera Indonesia menyediakan solusi rantai pasokan dan ekosistem bisnis terpadu sebagai bagian dari logistic solution universe.

PT Samudera Indonesia adalah perusahaan induk dari Sumudera Indonesia. PT Samudera Indonesia berkomitmen memberikan solusi optimal dalam dunia logistik dan maritim dengan menggunakan layanan transportasi dan logistik terintegrasi.

Mereka tidak hanya melakukan proses pengangkutan barang secara efektif dan efisien, tetapi disertai dengan ketepatan waktu pengiriman yang akan menjadi solusi terintegrasi dalam dunia maritim.

PT Samudera Indonesia disebut memiliki lebih dari 50 tahun pengalaman dalam layanan transportasi dan logistik terintegrasi serta didukung oleh jaringan global dan para ahli di dunia logistik. PT Samudera Indonesia Tbk berkomitmen untuk memberikan solusi dan nilai lebih kepada pelanggan dan masyarakat dalam dunia logistik dan pelayaran.

Dijelaskan, kegiatan usaha atau lini bisnis PT Samudera Indonesia adalah shipping, ports (menangani kontainer, bulk cargo, over-dimension, dan heavy duty cargo), logistics, services, shipyard (proyek docking dan pembuatan kapal), dan properti.

3 dari 4 halaman

Sejarah Berdiri PT Samudera Indonesia dan Penjelasan

PT Samudera Indonesia adalah perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta sejak tahun 1999 dan Bursa Efek Singapura pada tahun 1997. Ini perusahaan yang didirikan Soedarpo Sastrosatomo pada tahun 1964 sebagai  perusahaan keagenan pengiriman.

Khususnya untuk yang memelopori pengiriman barang antar pulau di Indonesia, kargo spesial, proyek kargo berat, bongkar muat, galangan kapal, logistik pihak ketiga, industri dan pengiriman minyak & gas, serta investasi infrastruktur pelabuhan. 

Soedarpo Sastrosatomo sebagai pendiri perusahaan PT Samudera Indonesia, seorang tokoh revolusi di Indonesia yang pernah menjadi partisan politik dan bekerja di departemen luar negeri. Dikarenakan merasa tidak cocok dengan dunia birokrasi, Sodarpo mengundurkan diri dan menggeluti dunia bisnis.

Berbagai ancaman dan tantangan datang dari kondisi Indonesia yang saat itu masih berumur jagung. Namun, Soedarpo tidak lantas menyerah dari kekecewaan dan kesedihan ketika perusahaan mengalami kebangkrutan saat pemerintahan Orde Baru. Perusahaan PT Samudera Indonesia tetap bertahan dan membuktikan kekuatan Maritime Asia Hall of Fame dari Soedarpo.

Perusahaan PT Samudera Indonesia ini memiliki visi untuk menjadi perusahaan transportasi kargo terpadu terdepan dan terkemuka di pasar yang dilayani. Sedangkan misinya adalah untuk menyediakan transportasi kargo berkualitas tinggi untuk pelanggan mereka dengan menjunjung nilai-nilai perusahaan.

4 dari 4 halaman

Daftar Anak Perusahaan PT Samudera Indonesia

Ini daftar nama anak perusahaan PT Samudera Indonesia Tbk yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Samudera Shipping Line Limited

2. PT Samudera Terminal Indonesia

3. PT Samudera Sarana Logistik

4. PT Silkargo Indonesia

5. PT Masaji Prayasa Cargo

6. PT Samudera Perdana

7. PT Samudera Daya Mitra

8. PT Maruzen Samudera Taiheiyo

9. PT Cumawis

10. PT Samudera Agencies Indonesia

11. PT Samudera Indonesia Ship Management

12. PT Samudera Properti Indonesia

13. Ocean Shipping, Pte., Ltd. 

14. PT Samudera Perkapalan Indonesia

15. Foremost Maritime, Pte., Ltd.

16. PT Samudera Shipping Services

17. Samudera Shipping Line, (India), Pvt., Ltd.

18. Samudera Traffic Co., Ltd.

19. SILkargo Logistics, (Singapore), Pte., Ltd.

20. Samudera Intermodal Sdn. Bhd

21. Samudera Logistics DWC LLC

22. Samudera Cargo Service LLC

23. Prime Maritime DWC LLC

24. PT Samudera Shipping Indonesia

25. Shal Hawk Silkargo Sdn. Bhd.

26. PT Pelabuhan Samudera Palaran

27. PT Prima Nur Panurjwan

28. PT Perusahaan Bongkar Muat Tangguh Samudera Jaya

29. PT Samudera Sarana Terminal Indonesia

30. PT Masaji Kargosentra Tama

31. PT Masaji Tatanan Container

32. PT Samudera JWD Logistics

33. PT Samudera Asahi Shipping

34. PT Adib Cold Logistic

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.