Sukses

Profil PT Oneject Indonesia, Produsen yang Memproduksi Alat Medis

PT Oneject Indonesia produsen alat medis, terutama Auto Disable Syringes.

Liputan6.com, Jakarta PT Oneject Indonesia adalah salah satu produsen alat medis, terutama Auto Disable Syringes. Sebagai pionir produsen AD syringe yang aman di Indonesia, PT Oneject Indonesia turut berkontribusi dalam mengurangi jumlah alat suntik standar, yang diproduksi dan didistribusikan di Indonesia. Hampir sebagian produk yang dimiliki oleh perseroan ini, dapat memimpin pasar AD syringe dengan pangsa pasar 90% di Indonesia.

PT Oneject Indonesia terus berkembang, tidak hanya di Indonesia, namun ke sejumlah negara-negara Asia dan siap memasuki pasar Eropa. Perusahaan ini selalu memastikan kualitas produk pada setiap tahap proses produksi, dimulai dengan pemilihan bahan baku kelas medis, proses pembuatan, hingga produk jadi.

Produk juga dimonitor dan dikendalikan oleh Departemen QC sesuai persyaratan ISO 9001: 2015 dan ISO 13485: 2016, serta bekerja sama dengan Departemen R&D untuk terus memantau peningkatan kualitas produk. 

PT Oneject Indonesia telah melakukan ekspansi, untuk memenuhi kebutuhan peningkatan unit produksi alat kesehatan. Bahkan pabrik kedua yang dimiliki oleh PT Oneject Indonesia ini, dijadikan sebagai pusat produksi alat suntik, dengan konsep sebagai area produksi Original Equipment Manufacturer (OEM) yang dipersiapkan untuk memproduksi beberapa alat kesehatan lokal. 

Pabrik kedua milik perusahaan ini, akan mendapat tambahan 900 juta Auto Disable Syringe (ADS), dan akan menjadi produsen ADS dan Safety Needle terbesar di Asia yang nantinya akan menampung kapasitas produksi total mencapai 1,2 miliar.

Berikut ini profil PT Oneject Indonesia yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (27/12/2022).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal PT Oneject Indonesia

PT Oneject Indonesia adalah pionir di Indonesia dalam mengampanyekan injeksi yang aman untuk mencegah penularan penyakit, melalui penggunaan kembali alat suntik bekas dengan memproduksi Auto Disable Syringe, sesuai dengan standar GMP (Good Manufacturing Practice) saat ini.

Pembangunan pabrik kedua PT Oneject Indonesia terletak di Bogor dan berjarak sekitar 50 km dari pelabuhan internasional Jakarta. Area yang dibangun seluas lebih dari 5.000 meter persegi, termasuk ruang kantor 4.000 meter persegi.

PT. Oneject Indonesia memiliki fasilitas modern dan mesin berteknologi tinggi yang diperlukan untuk menghasilkan perangkat medis dengan kualitas terbaik. Adapun pabrik pembuatan perseroan ini dilengkapi dengan Sandwich Insulated Panel untuk dinding, langit-langit dan partisi dan untuk ruang khusus yang bersih, kami menggunakan lantai Epoxy. Perusahaan ini juga berupaya menggunakan pintu dan jendela pembilasan tanpa sudut tajam.

Dengan menerapkan sistem HVAC untuk area produksi 100.000 area, perusahaan mencetak injeksi dan area produksi 10.000 area perakitan dan pengemasan blister.  Tak hanya itu saja, perseroan ini memiliki laboratorium sendiri untuk pengujian kualitas.

Dengan  pabrik baru PT Oneject Indonesia, diharapkan akan menjadi pusat produksi alat kesehatan yang berfokus untuk memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang memenuhi kebutuhan sektor kesehatan domestik dan pasar global. Ekspansi pabrik juga turut menyediakan lapangan kerja demi membantu pemulihan ekonomi bangsa.

 

3 dari 5 halaman

Produk PT Oneject Indonesia

Oneject AD Syringe adalah salah satu produk, yang menggunakan desain teknologi sederhana namun efektif dari Star Syringe Limited (UK). Setelah injeksi, maka plunger akan mengunci dan secara otomatis dan melumpuhkan sehingga alat suntik tidak dapat digunakan kembali. Desain ini bahkan disetujui dan disertifikasi oleh WHO/PQS pada semua AD Syinges dari PT Oneject Indonesia.

Berikut ini daftar produk dari PT Oneject Indonesia sebagai berikut:

- Auto-disable Syringe

a. K1 Auto Disable Syringe, dengan Oneject AD Syringe 0,5 ml

24 x 1" (25mm)

PQS-WHO no: EOO8/O19

b. K1 Auto Disable Syringe, dengan Oneject Hypodermic Syringe with Re-use Prevention Feature 1 ml

23G x 1" (25mm)

PQS-WHO no: EO13/O23

c. K1 Auto Disable Syringe, dengan Oneject Hypodermic Syringe with Re-use Prevention Feature 2 ml

23G x 1 1/4" (32mm)

PQS-WHO no:

d. K1 Auto Disable Syringe, dengan Oneject Hypodermic Syringe with Re-use Prevention Feature 5 ml

23G x 1 1/2" (38mm)

PQS-WHO no: EO13/O24

e. Auto Disable Syringe, dengan Oneject II AD Syringe 0,1 ml

27G x 3/8" (10mm)

PQS-WHO no: EOO8/O65

 

 

4 dari 5 halaman

Area Produksi PT Oneject Indonesia

 Hadirnya pabrik baru Oneject Indonesia, dapat memastikan pasokan jarum suntik untuk program vaksinasi di Indonesia akan terpenuhi oleh produk jarum suntik. Oneject yang direkomendasikan dan berstandar WHO (World Health Organization) dan memiliki TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) di atas 60% milik Oneject.

PT Oneject Indonesia berkomitmen untuk terus berinovasi menjadi industri alat kesehatan yang dapat selalu dimanfaatkan secara bersama. Dengan adanya perusahaan ini, masyarakat Indonesia akan selalu mendapatkan dukungan dalam segi kesehatan demi keberlangsungan kesejahteraan negara Indonesia.

Berikut ini pabrik dan area produksi miliki  PT Oneject Indonesia

Injection Molding

Merupakan salah satu proses produksi, yang akan dimulai di bagian pabrik dengan komponen plunger, barrel, hub jarum dan tutup jarum. Semua ini diproduksi menggunakan polyproylene yang berkualitas medis.

Printing

Setelah komponen diproduksi dan dibiarkan selama 24 jam, maka barel dicetak menggunakan tinta polidin.

Needles Assembly

Jalur perakitan jarum sepenuhnya, yang dilakukan secara otomatis dan merakit hub jarum, bisa dengan menempelkan kanula ke jarum hub, menguji kemanjuran jarum dan menutup jarum yang siap untuk perakitan, pada jalur perakitan jarum suntik atau untuk memisahkan kemasan.

Blister Packing

Oneject menggunakan metode kemasan blister, untuk setiap jarum suntik dan jarum di mana produk setelah dikemas blister, kemudian dikemas dalam karton rak 100 buah dan ditransfer ke kemasan karton untuk diberikan kepada klien.

E-Beam

Semua proses produksi, akan dimonitor dan dikendalikan secara konstan oleh departemen QC.

 

5 dari 5 halaman

Kegiatan PT Oneject Indonesia

1. Melakukan Ekspor 150 Juta Alat Suntik ke Ukraina dan NGO

PT Oneject Indonesia (Oneject), sebagai sister company PT Itama Ranoraya Tbk. (IRRA) yang merupakan produsen alat suntik terbesar Auto Disable Syringe (ADS) dan safety needles di Asia, telah melakukan mengekspor alat suntik sekali pakai atau ADS guna memenuhi kebutuhan NGO dan juga ke Ukraina, dengan total volume seluruhnya mencapai 200 kontainer atau 150 juta pieces alat suntik ADS.

2. Mengadakan Vaksin Massal vs Tenaga Medis

PT Oneject Indonesia sebagai satu-satunya pabrik yang memproduksi Smart Syringes di Indonesia, selalu mengedepankan kenyamanan setiap pasien dan keamanan bagi tenaga medis. Terobosan yang dilakukan oleh PT Oneject Indonesia, adalah dengan menghadirkan Smart Syringe yang merupakan salah satu cara untuk menekan terjadinya kecelakaan kerja seperti Needlestick Injury. 

3. PT Oneject Indonesia Bangun Pabrik Kedua di Bekasi

PT Oneject Indonesia yang merupakan produsen alat kesehatan, mulai mengembangkan konstruksi pabrik keduanya di Cikarang, Bekasi, dengan nilai total investasi mencapai Rp350 miliar. Pusat produksi baru ini diprediksi mampu menghasilkan 900 juta alat suntik sekali pakai atau auto disable syringe per tahun dan 1,2 miliar alat suntik dengan pengaman atau safety needle per tahun.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.