Sukses

6 Wisata Kuliner Sidoarjo yang Menggugah Selera, Punya Cita Rasa Unik

Nikmati sajian aneka daging dengan kuah segar di Sidoarjo.

Liputan6.com, Jakarta Ketika berkunjung ke Sidoarjo, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa aneka sajian kulinernya. Wisata kuliner Sidoarjo dikenal punya cita rasa yang unik, membuat nafsu makan kamu semakin bertambah. 

Kota ini punya aneka wisata kuliner Sidoarjo yang bisa dibilang tak jauh berbeda dengan kota tetangganya, Surabaya. Walaupun begitu, ada beberapa di antaranya yang memang benar-benar khas dan cuma bisa ditemukan di Sidoarjo.

Rata-rata wisata kuliner Sidoarjo identik dengan sajian aneka daging dan hewan pesisir. Disajikan dengan racikan bumbu yang khas, wisata kuliner Sidoarjo bakal bikin kamu ketagihan.

Buat kamu yang sedang berkunjung ke Sidoarjo, kali ini Liputan6.com punya rekomendasi beberapa wisata kuliner Sidoarjo yang wajib kamu cobain, Jumat (18/10/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Rawon Gajah Mada

Sajian kuliner khas Jawa Timur adalah rawon. Di setiap sudut kota di Jawa Timur punya sajian rawon dengan masing-masing ciri khasnya. Begitu juga dengan rawon di Sidoarjo.

Wisata kuliner Sidoarjo rawon ini berbeda dengan yang lainnya. Rawon Gajah Mada ini disajikan dengan potongan daging yang ukurannya besar dan tentunya empuk. Ditemani dengan menu sampingan seperti tempe, sambal tauge, dan telur asin membuat rawonnya semakin nikmat.

Bila kamu penasaran dan tertarik mencoba sajian rawon dari Sidoarjo ini, kamu bisa datang ke JAlan Gajah Mada, Pekauman, Sidoarjo saat malam hari. Ya, Rawon Gajah Mada ini merupakan salah satu kuliner malam yang sangat diminati. Kamu bisa datang untuk menikmatinya mulai dari jam 21.30 hingga 03.00.

3 dari 7 halaman

Lontong Kupang Pak Misari

Selain rawon, wisata kuliner Sidoarjo yang harus banget dicobain adalah Lontong Kupang. Makanan ini merupakan sajian khas pesisir Jawa Timur. Maka tak heran, kalau makanan ini sangat disukai oleh semua orang di Sidoarjo.

Kupang merupakan sejenis kerang atau tiram. Namun kupang memiliki ukuran jauh lebih kecil daripada kerang atau tiram. Kupang biasanya hidup di pesisir pantai yang berlumpur.

Dalam satu porsi sajian Lontong Kupang terdapat kupang, lontong, kremes, dan sedikit kuah yang dicampur dengan petis serta bawang putih goreng. Apabila kamu berkunjung ke Sidoarjo, salah satu tempat untuk menikmati Lontong Kupang yang sudah terkenal adalah Lontong Kupang Pak Misari.

Lontong Kupang Pak Misari ini merupakan salah satu penjual masakan kupang yang sudah terkenal di Sidoarjo. Kupang di sini sangat digemari karena punya tekstur kupang yang kenyal, rasa petis yang nikmat, dan kuah gurih yang menyegarkan.

4 dari 7 halaman

Ayam Goreng Gringging Lombok

Kuliner Sidoarjo selanjutnya adalah Ayam Goreng Gringging Lombok. Makanan ini termasuk ke dalam golongan lalapan. Namun ayam goreng ini bukan sembarang makanan lalapan. Hal ini dikarenakan ayam gorengnya sangat empuk.

Menariknya lagi, pada sebagain tulang dari ayam goreng ini sangat lunak. Jadi kamu bisa memakannya juga. Menu pendampingnya adalah daun kemangi, timun, dan sambal yang menjadikan lalapan ini makin tersa lezat.

Apabila kamu penasaran dengan kenikmatan ayam goreng ini, kamu bisa langsung berkunjung ke Jalan Raya Tropodo No. 12B, Kepuhkiriman, Waru, Sidoarjo. Selain makanannya yang nikmat, kamu juga merasa nyaman dengan pelayanan yang cepat.

5 dari 7 halaman

Depot Langgeng

Aneka sajian daging selain rawon selanjutnya yang bisa kamu nikmati saat berkunnung ke Sidoarjo adalah Depot Langgeng. Depot Langgeng di Sidoarjo sangat terkenal dengan sajian sop buntutnya. Punya kuah yang bening, segar, dan tidak berbau amis ini sangat lezat.

Hal terpentingnya lagi, daging yang digunakan pada sop buntut ini juga empuk dan bumbunya meresap hingga ke tulang. Tak hanya sop buntut, di Depot Langgeng ini juga ada sajian lainnya yang tak kalah nikmat seperti iga bakar, iga penyet, dan aneka pepes.

Apabila kamu penasaran dengan sajian makanan di Depot Langgeng, kamu bisa langsing ke sini ramai-ramai bareng keluarga ke JAlan K.H Mukmin Nomor 67, Sidokare, Sidoarjo.

6 dari 7 halaman

Rujak Cingur Bu Nur Aini

Rujak Cingur merupakan makanan khas Surabaya. Walaupun begitu, Rujak Cingur Bu Nur Aini ini sangat direkomendasikan ketika berkunjung ke Sidoarjo. Rujak Cingur merupakan makanan yang terdiri dari potongan lontong, sayuran yang direbus, tahu, tempe, yang kemudian dilumuri dengan bumbu kacang.

Uniknya, rujak ini kerap ditambahkan cingur yang sudah direbus. Cingur artinya adalah moncong sapi. Di kota Sidoarjo sendiri, ada beberapa tempat makan yang menjual panganan ini. Salah satu yang paling digemari adalah Rujak Cingur Bu Nur Aini.

Letak rujak cingur ini tak jauh dari Bandara Juanda. Kamu harus cobain rujak cingur ini, yang sudah sangat terkenal dengan petis yang digunakannya yang ternyata adalah perpaduan dari tujuh macam petis.

7 dari 7 halaman

Lontong Kikil Sapi Pak Madekan

Sop kikil merupakan sajian kuliner yang cukup sulit dibuat. Hal ini dikarenakan bahan dasar pembuatan sop kikil adalah kikil sapi yang banyak mengandung lemak, bumbu, dan kuah yang pekat harus diatur dengan tepat agar tidak terlalu kental.

Buat kamu yang ingin menikmati sajian sop kikil, kamu bisa berkunjung ke warung makan Kikil Sapi Pak Madekan. Sop kikil di Sidoarjo milik Pak Madekan ini sudah sangat terkenal dengan kikilnya yang mepuk dan kuah segar.

Selain sop kikil, warung kaki lima ini juga menyajikan sup sum-sum tulang. Tak heran, walaupun hanya warung kaki lima, tempat makan Pak Madekan ini tak pernah sepi dari pengunjung. Apabila kamu ingin mencoba sajian kuliner ini, kamu bisa langsung menuju ke Jalan Raya Sepanjang Tani Nomor 2, Sepanjang, Taman, Sidoarjo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.