Sukses

10 Manfaat Jus Seledri dan Timun, Segar dan Bisa Bantu Detoks Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jus seledri dan timun tak cuma menyegarkan. Seledri dan timun merupakan jenis sayuran yang kerap diolah menjadi jus. Keduanya pun bisa digabungkan menjadi jus yang sehat.

Tak kalah dengan buah, jus seledri dan timun punya rasa nikmat dan menyegarkan. Manfaat jus seledri dan timun aman dikonsumsi dalam porsi yang wajar. Jus sayuran ini mampu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh. 

Manfaat jus seledri dan timun didapat dari kandungan nutrisinya yang tinggi. Seledri dan timun juga mengandung antioksidan kuat yang baik untuk kesehatan. Manfaat jus seledri dan timun ini bisa diminum secara rutin sebagai minuman sehat.

Manfaat jus seledri dan timun ini sudah dikonsumsi banyak orang. Kamu bisa mencoba kesegaran dari manfaat jus seledri dan timun ini. Berikut manfaat jus seledri dan timun, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(13/5/2020).

2 dari 6 halaman

Manfaat jus seledri dan timun

Bantu hidrasi tubuh

Manfaat jus seledri dan timun dapat membantu menghidrasi tubuh. Seledri dan timun memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Kedua sayuran ini juga mengandung elektrolit seperti kalium, natrium, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium, dan seng yang membantu mengontrol cairan tubuh.

Minum jus seledri dan timun adalah cara nikmat untuk mencegah tubuh dari dehidrasi. Tetap terhidrasi sangat penting untuk menjaga usus sehat, mencegah sembelit, menghindari batu ginjal, dan banyak lagi.

Cegah kanker

Minum jus seledri dan timun dapat membantu mencegah kanker. Timun mengandung cucurbitacin yang dapat membantu mencegah kanker dengan menghentikan reproduksi sel kanker. sementara seledri mengandung flavonoid yang disebut luteolin. Penelitian mengungkapkan luteolin dapat membantu mencegah penyebaran sel kanker dan memicu kematian sel.

3 dari 6 halaman

Manfaat jus seledri dan timun

Bantu atasi bau mulut

Seledri dan timun memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur. Bau mulut biasa disebabkan oleh bakteri yang menumpuk di mulut. Minum jus seledri dan timun bisa membantu mengatasi bau mulut dan membuat mulut tampak segar dan sehat. Sifat anti bakteri dan anti jamur pada jus ini juga membantu menjaga kesehatan mulut. Minum jus seledri dan timun dapat mencegah masalah mulut seperti gigi berlubang atau peradangan gusi.

Bantu penurunan berat badan

Seledri dan timun juga rendah kalori dan tinggi serat. Minum jus ini dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan. Kandungan air dalam seledri dan timun juga bisa membantu penurunan berat badan. Manfaat jus seledri dan timun juga dapat meningkatkan metabolisme yang bisa membantu menurunkan berat badan.

4 dari 6 halaman

Manfaat jus seledri dan timun

Cegah peradangan

Seledri memiliki sekitar 25 senyawa anti-inflamasi yang dapat menawarkan perlindungan terhadap peradangan dalam tubuh. Timun juga dikenal akan efek anti-inflamasinya yang tinggi. Timun mengandung antioksidan, termasuk flavonoid dan tanin, yang mencegah akumulasi radikal bebas berbahaya dan dapat mengurangi risiko penyakit kronis. Konsumsi jus seledri dan timun dapat membantu mencegah berbagai peradangan dalam tubuh dan meningkatkan sistem imun.

Bantu detoks tubuh

Manfaat jus seledri dan timun juga dapat mendetoksifikasi tubuh. Polifenol dalam seledri membantu menghilangkan akumulasi racun dan radikal bebas dalam tubuh. Jus seledri mengandung dua mineral penting yaitu natrium dan kalium. Mineral-mineral ini bertindak sebagai pengatur cairan tubuh. Bersama dengan timun, jus ini mampu menghidrasi sekaligus mengeluarkan limbah berbahaya dari tubuh.

5 dari 6 halaman

Manfaat jus seledri dan timun

Kontrol tekanan darah

Antioksidan dalam seledri dan timun dapat membantu melemaskan dinding arteri dan meningkatkan aliran darah. Seledri sudah lama digunakan sebagai agen anti-hipertensi dalam pengobatan tradisional. Ekstrak daun seledri ditemukan dapat menurunkan kolesterol, trigliserida, dan LDL yang dapat memengaruhi tekanan darah. Seledri juga kaya akan nitrat, yang telah ditemukan dapat menurunkan tekanan darah.

Timun juga merupakan sumber kalium tinggi yang berperan dalam penurunan tekanan darah. Cucurbitacin dalam timun juga dapat membantu mencegah aterosklerosis.

Sehatkan kulit

Jus seledri dan timun juga dapat mendukung kesehatan kulit. Antioksidan dalam seledri dan timun dapat menjaga kesehatan kulit. Vitamin C dan A dalam seledri ditemukan menunjukkan efek anti-penuaan yang sangat baik. Seledri dan timun yang tinggi air dan elektrolit juga mencegah kulit dari dehidrasi. Kulit yang dehidrasi dapat menyebabkan garis halus, kusam, dan pengelupasan.

6 dari 6 halaman

Manfaat jus seledri dan timun

Kuatkan tulang

Timun mengandung vitamin K, D dan kalsium yang baik untuk tulang.Vitamin K membantu meningkatkan penyerapan kalsium. Bersama-sama, nutrisi ini dapat berkontribusi untuk kesehatan tulang yang baik. Seledri juga mengandung kalsium, fosfor, dan kalium yang mendukung kekuatan tulang.

Aman untuk diabetes

Seledri dan timun mengandung indeks glikemik rendah. Artinya sayuran ini memiliki efek lambat terkait kenaikan pada gula darah. Timun juga dapat berperan dalam mengendalikan dan mencegah diabetes. Timun mengandung zat yang dapat membantu menurunkan gula darah atau menghentikan peningkatan glukosa darah. Satu teori menyatakan bahwa cucurbitacins dalam mentimun membantu mengatur pelepasan insulin dan metabolisme glikogen hati.