Sukses

16 Macam-Macam Jamur yang Bisa Dimakan, Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Macam-macam jamur yang bisa dimakan ini rasanya enak, mudah ditemukan, dan punya banyak manfaat bagi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Jamur merupakan salah satu tumbuhan parasit yang bisa dikonsumsi oleh manusia, tetapi tidak semua. Ketahui macam-macam jamur yang bisa dimakan sebelum mulai mengolah atau membudidayakannya, ya!

Popularitas jamur di mata dunia tidak perlu diragukan lagi. Penduduk di Asia sampai Eropa menyukainya. Macam-macam jamur yang bisa dimakan ini biasa diolah menjadi menu makanan sehari-hari. Dijadikan tumisan, camilan krispi, dan lain-lain. 

Bukan cuma enak diolah menjadi masakan, macam-macam jamur yang bisa dimakan ini pun punya segudang manfaat kesehatan, loh. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam National Center for Biotechnology Information (NCBI) juga menyebut, jamur dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Berikut Liputan6.com ulas macam-macam jamur yang bisa dimakan dari berbagai sumber, Rabu (17/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Macam-Macam Jamur yang Bisa Dimakan

Jamur Tiram

Jamur tiram atau Pleurotus ostreatus adalah salah satu dari macam-macam jamur yang bisa dimakan. Memiliki tubuh buah berwarna putih dan bentuk tudungnya setengah lingkaran mirip cangkang tiram. Jamur ini bisa ditemukan di daerah hutan yang sejuk. Salah satu macam jamur ini memiliki protein yang tinggi, kaya vitamin dan mineral serta karbohidrat.

Jamur Morel

Jamur ini bisa ditemukan di sebagian besar wilayah Amerika Serikat dan biasanya tumbuh di pohon dengan kayu yang keras maupun area bekas terbakar.

Salah satu macam-macam jamur yang bisa dimakan ini memiliki bentuk tudung seperti sarang lebah dan berwarna abu-abu kekuningan.

Jamur morel ini terkenal mahal di dunia sehingga tidak dijual umum sebagai jajanan. Di Indonesia sendiri, jamur ini bisa ditemukan di Gunung Rinjani.

Jamur Chanterelle

Jamur Chanterelle atau Chanterelle emas adalah salah satu macam-macam jamur yang bisa dimakan. Memiliki warna kuning seperti emas. Bentuknya seperti corong dan memiliki tekstur yang kenyal.

Macam jamur ini memiliki rasa yang agak pedas namun tetap aman untuk dimakan dan memiliki bau seperti buah aprikot. Jamur ini banyak ditemukan di Eropa dam kandungan vitamin D, zat besi, vitamin B5, dan vitamin B3 yang tinggi.

3 dari 7 halaman

Macam-Macam Jamur yang Bisa Dimakan

Jamur Kancing

Jamur kancing atau Agaricus bisporus merupakan salah satu dari macam-macam jamur yang bisa dimakan dan sudah sangat biasa diolah di Indonesia. Jamur ini berbentuk bulat menyerupai kancing dan memiliki warna putih, krem, hingga coklat muda.

Jamur ini kerap digunakan sebagai pelengkap dalam pizza, omelette, dan kaserol karena rasanya yang menyerupai daging dan agak manis. Selain itu, salah satu dari macam-macam jamur yang bisa dimakan ini kaya akan vitamin dan potassium, pun juga rendah kalori sehingga cocok bagi orang yang sedang diet kalori.

Jamur Merang

Jamur merang atau olvariella volvacea adalah salah satu dari macam-macam jamur yang bisa dimakan. Jamur ini banyak dibudidayakan di Asia Tenggara dan Asia Timur. Memiliki bentuk bulat seperti telur dan berwarna coklat keabu-abuan. Jamur ini tumbuh baik pada merang dan jerami yang telah dibuat kompos.

Selain termasuk macam-macam jamur yang bisa dimakan, manfaat jamur ini pun cukup banyak. Mengandung banyak fosfor dan kalsium serta kandungan lemak yang rendah. Pengolahan jamur ini di Indonesia biasanya di masak sebagai pepes jamur, sup jamur, tumis jamur atau pun mie ayam jamur.

4 dari 7 halaman

Macam-Macam Jamur yang Bisa Dimakan

Jamur Kuping

Jamur ini mudah dikenali karena bentuknya yang menyerupai telinga manusia dan berwarna merah kecoklatan hingga hitam. Auricularia auricula atau jamur kuping ini memiliki tekstur seperti jelly.

Jamur kuping adalah salah satu dari macam-macam jamur yang bisa dimakan. Biasanya sebelum dikonsumsi, jamur ini dikeringkan dahulu, kemudian direndam dalam air sebentar. Manfaat yang dikandung jamur ini cukup banyak antara lain dapat mengurangi rasa sakit akibat luka bakar dan mengandung senyawa anti kanker.

Macam jamur satu ini, juga cocok untuk orang yang mengidap hipertensi karena jamur ini memiliki senyawa dengan sifat anti koagulan.

Jamur Landak

Jamur landak atau gigi manis merupakan salah satu dari macam-macam jamur yang bisa dimakan, masih berkerabat dekat dengan Chanterelle. Jamur ini memiliki bentuk yang tidak teratur, kadang tudungnya bergelombang dan atau datar kadang juga terbalik.

Jamur ini berwarna coklat tua dengan daging keputihan dan bercak oranye. Jamur ini bisa ditemukan di Asia, Eropa dan Amerika Utara. Jamur Landak memiliki tekstur renyah dengan rasa agak manis dan pedas.

Jamur Shimeji

Jamur Shimeji adalah salah satu dari macam-macam jamur yang bisa dimakan yang banyak ditemukan di Asia Barat maupun utara Eropa. Jamur ini dikonsumsi dengan cara dimasak dahulu karena saat mentah jamur ini memiliki rasa yang pahit. Jamur ini memiliki tekstur yang renyah dan rasanya agak pedas. Macam-macam jamur shimeji ini biasa dimasak tumis, sup maupun untuk campuran seafood.

5 dari 7 halaman

Macam-Macam Jamur yang Bisa Dimakan

Jamur Porcini

Jamur porcini atau Boletus edulis adalah jamur yang tersebar di utara Eropa, Asia, dan Amerika. Jamur porcini merupakan salah satu dari macam-macam jamur yang bisa dimakan, memiliki tudung besar berwarna kecoklatan.

Jamur ini biasa dimasak dengan pasta, sup, dan risotto. Jamur yang satu ini cukup sulit untuk dibudidayakan. Jamur porcini mengandung banyak antioksidan, serat, vitamin dan mineral.

Jamur Tudung Pengantin

Jamur tudung pengantin atau Phallus indusiatus adalah salah satu dari macam-macam jamur yang bisa dimakan. Memiliki bentuk unik menyerupai tirai yang memiliki banyak lubang seperti tudung.

Meskipun memiliki bau seperti bangkai, namun jamur ini banyak dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit kardiovaskular dan dipercaya berkhasiat untuk mata. Jamur ini tumbuh tersebar di daerah tropis dan biasanya diolah menjadi sup.

Jamur Kancing Cremini

Jamur cremini atau biasa disebut dengan crimini yang pada dasarnya masih pada jenis jamur Agaricus bisporus. Bedanya dengan jamur kancing putih adalah jamur creminidi panen di usia yang lebih tua.

Pada tahap ini jamur kancing sudah mulai menampakkan warna kecokelatan. Salah satu dari macam-macam jamur yang bisa dimakan ini punya rasa semakin kuat dan teksturnya semakin kencang jika dibandingkan dengan jamur kancing putih.

6 dari 7 halaman

Macam-Macam Jamur yang Bisa Dimakan

Jamur Kancing Portobello

Jamur kancing adalah salah satu dari macam-macam jamur yang bisa dimakan. Jamur portobello atau jamur kancing yang ada di pasaran merupakan versi tertua dari spesies Agaricusbisporus.

Ukurannya sudah semakin besar dan juga warna cokelatnya biasanya juga semakin menua. Jamur ini memiliki aroma paling kuat dibandingkan dua jenis sebelumnya, karena telah kehilangan sebagian kelembapannya.

Jamur Shitake

Jamur shitake atau Lentinula edodes merupakan salah satu jamur paling sehat dan paling lezat yang ada di dunia. Tekstur yang kenyal menyerupai daging membuat jamur ini cocok diolah menjadi berbagai macam hidangan.

Jamur shitake juga dikenal memiliki sifat antikarsinogenik dan antimikroba. Penelitian juga membuktikan bahwa jamur ini dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Hal inilah yang menjadikannya sebagai salah satu dari macam-macam jamur yang bisa dimakan.

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam jamur shitake meliputi tembaga, vitamin B5, vitamin B2, mangan, seng, vitamin B6, dan vitamin B3. Jamur shitake kering dianggap memiliki rasa yang lebih kuat dan nutrisi yang juga lebih tinggi.

7 dari 7 halaman

Macam-Macam Jamur yang Bisa Dimakan

Jamur Pom-Pom

Jamur pom-pom atau jamur surai singa (Hericium Erinaceus) merupakan salah satu dari macam-macam jamur yang bisa dimakan dan memiliki bentuk yang unik.

Meskipun bentuknya tidak biasa, tapi jamur ini masuk ke dalam daftar macam-macam jamur yang bisa dimakan. Studi sel menunjukkan bahwa jamur ini memiliki efek antiinflamasi, dapat melindungi saluran pencernaan, dapat melindungi sistem kardiovaskular, dan dapat menghambat metastasis kanker.

Jamur pom-pom memiliki tekstur kenyal seperti daging dan rasanya juga lezat. Selain diolah sebagai makanan, jamur ini juga tersedia dalam bentuk ekstrak yang umumnya tersedia dalam bentuk tablet.

Jamur White Truffle

Macam-macam jamur yang bisa dimakan berikutnya adalah jamur white truffle yang merupakan salah satu jamur termahal yang ada di dunia. Jamur ini memiliki harga rata-rata mencapai 6 ribu euro per kg atau setara dengan Rp 102 juta.

Jamur Enoki

Jamur enokitake atau enoki merupakan salah satu dari macam-macam jamur yang bisa dimakan dan telah banyak dibudidaya. Bentuknya menyerupai tauge dan berwarna putih.

Jamur ini biasa ada di masakan Korea, China dan Vietnam. Macam-macam jamur ini mengandung banyak serat dan protein serta vitamin.  Apabila ingin membudidayakannya sendiri di rumah, jamur ini membutuhkan lingkungan yang selalu sejuk.

Media yang digunakan bisa serbuk gergaji maupun bonggol jagung yang ditambah nutrisi. Pertumbuhan jamur ini di lingkungan yang lembab membutuhkan hingga 30 hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini