Sukses

17 Tempat Wisata di Manado yang Alamnya Terkenal dan Wajib Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta - Manado adalah sebuah kota yang terletak di Pulau Sulawesi bagian Utara. Tempat wisata di Manado terkenal dengan alamnya yang begitu memesona dan candu bagi pengunjungnya. 

Tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal terdiri dari gunung, pantai, wisata bawah laut, danau, sungai, hingga taman nasionalnya wajib banget di kunjungi.

Lokasi tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal pun mudah dijangkau. Cocok banget untuk berwisata di akhir pekan bersama keluarga, teman, dan pasangan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tujuh belas tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal dan wajib dikunjungi, Jumat (27/5/2022).

2 dari 3 halaman

Tempat Wisata di Manado yang Alamnya Terkenal dan Wajib Dikunjungi

1. Gunung Tumpa

Tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal ini terletak di kelurahan Meras, kecamatan Bunaken dan bisa ditempuh sekitar satu jam dari pusat kota Manado dengan angkutan darat ini kita bisa melihat pempengunjungngan berupa pepohonan yang hijau dan kebun kelapa.

Pempengunjungngan yang luar biasa indah akan memanjakan mata, dengan pempengunjungngan alami yang menunggu untuk dijelajahi. Lokasi tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal ini wajib dikunjungi bagi wisatawan yang suka dengan fotografi.

Sedikit menanjak ke tempat yang tepat, para fotografer dan juga pendaki serta pencinta alam bisa menikmati pempengunjungngan yang indah dan juga menikmati alam yang segar, objek foto-foto yang menarik dan juga pepohonan yang rindang. Bagi para penggemar fotografi, bisa mendapatkan foto untuk matahari terbit dan juga matahari tenggelam.

2. Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken adalah tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal, yang berjarak sekitar tiga jam dari Manado dan terletak di kabupaten Minahasa Utara. Taman Nasional Bunaken juga menjadi salah satu situs warisan dunia yang di tetapkan oleh Unesco pada tahun 2005.

Banyak orang yang berwisata selam scuba atau scuba diving di tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal ini. Menyelam dengan teknik ini menggunakan peralatan berupa tabung oksigen, regulator, dan tangki. Maka, penyelam bisa lebih lama bernapas dalam air.

"Yup, menyelam scuba (scuba diving) merupakan salah satu jenis aktivitas menyelam yang paling populer. Scuba berasal dari kata Self-Contained Underwater Breathing Apparatus," tulis akun Instagram resmi Taman Nasional Bunaker di @ayoketamannasional_official, pada Rabu, 7 April 2021.

Keistimewaan tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal, Taman Nasional Bunaken yang memiliki luas 890,65 kilometer persegi ini terdiri dari ekosistem hutan bakau, padang laut, terumbu karang, dan ekosistem daratan/pesisir.

Hampir 97 persen merupakan habitat laut yang menghuni di kedalaman 1.566 meter di teluk manado, sedangkan sisanya tiga persen meliputi daratan seluas 75.265 Ha.

3. Arung Jeram Timbukar

Para penyuka olahraga ekstrim arung jeram pasti akan menyukai tempat tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal yang satu ini. Dari kota Manado menuju ke desa Timbukar, Minahasa hanya memakan waktu dua jam. 

Sesampainya di desa Timbukar, pengunjung bisa memilih paket yang ada, dan mulai mengarungi jeram di Sungai Nimanga sambil menikmati keindahan alam dan tebing di sebelah kanan dan kiri.

Dari tempat start menuju finish memakan waktu dua jam, berjarak sekitar 9 kilometer. Tentunya pengunjung bisa menikmati wisata kuliner yang disajikan di desa Timbukar juga. Penasaran mencoba?

4. Pulau Lembeh

Tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal pulau Lembeh terkenal dengan 95 titik penyelaman. Di pulau Lembeh menyuguhkan panorama indahnya laut dengan air berwarna biru, keindahan terumbu karang, dan pasir putihnya.  

Ada 88 spot untuk melakukan diving dan snorkeling di tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal ini. Biaya masuk Rp10 ribu dan sewa perahu Rp300 ribu.

Selain keindahan alamnya, puluhan kapal dan perahu berbagai ukuran bisa pengunjung temui saat mengelilingi Pulau Lembeh. Sebagai kota pelabuhan, Bitung disinggahi banyak kapal domestik maupun kapal asing.

Keindahan kawasan tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal ini bahkan mendorong Pemkot Bitung untuk menggelar Festival Pesona Selat Lembeh pada Oktober 2017 silam yang menyedot puluhan ribu wisatawan. Saat itu, Bitung juga ditargetnya menjadi kota pariwisata, selain kota pelabuhan oleh Wali Kotanya, Max Lomban.

5. Batu Dinding Kilo 3 Amurang

Tebing alami dengan ketinggian sekitar 90 meter ini memiliki bentuk yang sangat unik dan tidak seperti tebing-tebing alami pada umumnya. Permukaannya seperti jajaran balok yang bersusun bertingkat sehingga semakin ke atas semakin menonjol permukaan tebing.

Keunikan tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal ini yang menjadikan Batu Dinding pas menjadi destinasi wisata di Manado pengunjung. Kemegahannya semakin terlihat bila pengunjung melihatnya dari kejauhan. Bagi pecinta olahraga ekstrim panjat tebing, Batu Dinding bisa menjadi surga. Selain lintasannya yang sulit, tantangannya juga cukup menjanjikan. Siapa yang berani?

6. Danau Tondano

Danau Tondano termasuk satu dari 88 kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN). Tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal ini, termasuk satu dari tujuh danau yang tengah direhabilitasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat yang ditargetkan rampung pada tahun 2024.

Luas tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal danau Tondano sekitar 4000 hektar yang diapit gunung kaweng, gunung tampusu dan gunung masarang. Penampang alam danau Todano ini membuat wisatawan betah berlama-lama di sini dan menikmati pempengunjungngannya bersama keluarga, teman, sahabat, hingga pasangan.

7. Pantai Pulisan

Ingin mendapatkan pempengunjungngan yang komplet, mulai dari birunya laut, putihnya pasir di pantai, eksotisnya bebatuan hingga hijaunya bukit savanna? Pengunjung bisa melihatnya di tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal seperti Pantai Pulisan, Likupang.

Pantai ini diisi hamparan pasir putih dan pepohonan yang teduh. Lautnya juga membiru, dengan panorama alam bawah laut yang khas dengan koral yang indah dan berwarna-warni.

‘Goa’ di tengah laut tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal juga menjadi spot unik tersendiri yang jadi favorit untuk didatangi. Belum lagi pohon yang rindang, bebatuan karang yang kokoh dan bukit savanna di ketinggian yang memukau.

8. Pulau Siladen

Pulau Siladen sebagai tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal menyimpan keindahan bawah laut yang paripurna. Pulau Siladen merupakan pulau di Sulawesi Utara yang menjadi spot snorkeling unggulan. Bisa sampai ke lokasi ini, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 45 menit menggunakan perahu boat dari dermaga Kota Manado.

Harga sewa perahu boat untuk satu kali perjalanan sekitar Rp300 ribu, harga ini menjadi dua kali lipat jika pengunjung menyewa untuk pergi dan pulang di hari yang sama. Meski lebih mahal, pengunjung bisa menggunakan perahu boat untuk berkeliling Pulau Siladen mencari spot menyelam yang bagus.

Di tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal yang memiliki luas sekitar 31 hektar ini terdapat berbagai fasilitas wisata yang menarik, mulai dari kataraman (perahu beralas kaca), diving centre, penginapan dengan pempengunjungngan pantai, hingga warung makan yang menyediakan berbagai menu khas pesisir.

Alfred, seorang guide yang membuka jasa open trip Bunaken dan Siladen mewanti-wanti wisatawan dan tim Liputan6 pada 2015 lalu, “Kalau mau snorkeling jangan injak karang, nanti dia bisa hancur dan mati. Untuk menghidupkannya lagi kan butuh waktu yang lama.”

3 dari 3 halaman

Tempat Wisata di Manado yang Alamnya Terkenal dan Wajib Dikunjungi

9. Pulau Lihaga

Maldives-nya Manado, begitulah banyak orang menyebut Pulau Lihaga. Tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal seperti pulau ini memiliki pasir putih yang bersih, lembut, ombak tenang dan air yang sangat jernih. Mirip dengan pantai-pantai di Maldives.

Pulau ini juga merupakan salah satu tempat wisata Manado yang masih cukup jarang terekspos oleh wisatawan, itulah kenapa Pulau Lihaga wajib masuk dalam wishlist destinasi di tahun 2018 ini. 

10. Taman Bunga Tomohon

Masyarakat Tomohon adalah sebagian berprofesi sebagai petani bunga. Para penjual bunga berderet sepanjang jalan di sekitar tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal Pasar Tomohon atau yang dikenal sebagai kampung bunga. Lebih menarik lagi, setiap akhir bulan Juni hingga awal Juli diselenggarakan festival bunga.

Pada saat ini banyak pelancong dari luar negeri banyak yang menyaksikan acara ini. Melancong ke Tomohon tanpa menikmati Gunung Mahawu terasa tak komplit. Gunung ini menyajikan panorama yang luar biasa.

Objek tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal ini dapat dijangkau dengan kendaraan umum kurang lebih 25 kilometer dari Kota Manado. Banyak pelancong datang ke sini untuk camping, merasakan sejuknya udara pegunungan.

Tempat yang tak kalah asyik untuk bersantai adalah Danau Linou. Warna air danau ini selalu berubah-ubah tergantung pada cahaya dan prespektif ppengunjungngan kadang berwarna hijau, biru dan bening. Tak jauh dari Danau Linou terdapat sumber mata air panas. Namun air panas sedikit yang keluar saat musim kemarau.

Bisa pula mengunjungi tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal seperti situs rumah-rumah kayu tradisional yang dibangun untuk dijual, tepatnya di Desa Woloan. Rumah-rumah sistem knock down ini dirancang sedemikian rupa sehingga mudah dipasang bongkar dan dibangun lagi.

11. Pulau Manado Tua

Pulau Manado Tua letaknya masih satu kawasan dengan Pulau Bunaken, Siladen, Mantehage, dan Nani. Pulau Manado Tua adalah tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal yang menjadi salah satu gugusan pulau yang membentuk Taman Nasional Bunaken.

Seperti halnya dengan Bunaken, Pulau Manado Tua menyajikan pariwisata alam bawah laut yang juga menakjubkan dan sayang jika tidak pengunjung kunjungi.

Selain itu, di tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal seperti Pulau Manado Tua terdapat sebuah gunung yang bisa pengunjung daki. Di sini pengunjung juga bisa menemukan peninggalan-peninggalan bersejarah dan juga beragam tanaman dan hewan khas dari Manado.

12. Taman Laut Pulau Tumbak

Taman Laut Tumbak sebagai tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal bisa diadu dengan Bunaken dan Pulau Lihaga. Tempat yang berjarak sekitar tiga jam dari Manado dan terletak di kabupaten Minahasa Utara ini cocok untuk memuaskan hobi wisatawan yang menyukai wisata di bawah air.

Ada 20 spot diving dan snorkel di tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal Tumbak yang patut dicoba. Beberapa di antaranya adalah Napo Kipas, Bohaga Mangrove, Bohaga Kecil, Taman Karang, dan Pintu Samudra.

Meskipun memiliki keindahan yang luar biasa, tetapi wisata Manado yang terbaik taman laut Tumbak ini tidak terlalu dikenal oleh wisatawan umum.

Maka dari itu, pengunjung di wisata Manado yang terbaik ini bisa berwisata dengan tenang dan menikmati tempat yang indah dan juga menakjubkan ini. Meskipun begitu, jangan lupa untuk tetap berhati-hati karena mengingat adanya bahaya wisata air.

13. Taman Margasatwa Tandurusa

Taman Margasatwa Tandurusa adalah tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal. Taman ini terletak di Aertembaga, Bitung. Jaraknya sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Manado.

Di tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal Taman Tandurusa, wisatawan dapat bertemu langsung dengan koleksi fauna Sulawesi yang langka, seperti tarsius, kuskus bear, kakaktua hitam, kera hitam, toucan hornbills, dan elang laut.

Di dalam area taman margasatwa, Pengunjung akan disambut oleh suasana yang sejuk dan menyegarkan. Suara-suara binatang hutan, termasuk kicauan burung yang merdu, menciptakan nada-nada nyanyian yang indah. Di tempat ini, anak-anak dapat belajar untuk berinteraksi dengan alam sekitar, terutama hewan liar.

14. Air Terjun Kima Atas

Air Terjun Kima menjadi tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal, jaraknya hanya 15 km dari kota Manado. Pengunjung tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal ini hanya membutuhkan waktu tempuh 20 menit dengan kendaraan darat.

Air terjun ini terdiri dari tiga tingkatan dengan aliran air yang tidak terlalu deras membuat kita aman untuk berenang dan bermain air.

Setelah puas dengan berenang, bermain air, dan berfoto-foto lalu hanya ingin menikmati pempengunjungngan dan gemericik air, pengunjung bisa bersantai di sekitar lokasi air terjun yang memiliki banyak hidangan kuliner yang menarik untuk dicicipi.

15. Agrowisata Modoinding

Kesegaran udara dapat Pengunjung nikmati di daerah dataran tinggi Modoinding, tepatnya di Kabupaten Minahasa Selatan yang lokasinya tidak terlalu jauh dari wilayah Manado.

Modoinding merupakan tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal dengan kawasan perkebunan sayur-mayur yang dijuluki “Dapur Indonesia Timur” karena mensuplai kebutuhan masyarakat, bukan hanya di Sulawesi Utara, tapi sampai ke provinsi lain.Berada di ketinggian 1.000 meter dari permukaan laut, Modoinding mempunyai potensi agrowisata yang dilengkapi pempengunjungngan indah.

Selain kearifan lokal dan adat istiadat yang unik, tempat ini juga memiliki peninggalan prasejarah yaitu batu-batuan di pinggir kali Desa Wulurmaatus. Menariknya, Pengunjung juga bisa mencicipi berbagai wisata kuliner ekstrem, di antaranya daging ular.

16. Pantai Malalayang

Manado memiliki banyak wisata pantai yang menarik seperti tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal Pantai Malalayang. Lokasinya bisa ditempuh sejauh 4 km dari pusat kota. Ombak di pantai ini tidak terlalu kencang, sehingga Pengunjung bisa mengajak si kecil untuk bersantai sambil menikmati suasana.

Di Pantai Malalayang, pengunjung pun bisa menyaksikan keindahan matahari terbenam pada sore hari. Sambil berburu wisata kuliner, menikmati kebersamaan dengan keluarga akan sangat menyenangkan di destinasi wisata yang satu ini.

17. Desa Pulutan

Sekitar 40 km dari pusat kota Manado, pengunjung akan menjumpai sebuah desa wisata yang unik. Sebagian besar penduduk desa ini berprofesi sebagai perajin keramik. Desa yang bernama Pulutan tersebut tepatnya terletak di Kecamatan Remboken, Minahasa.

Di tempat wisata di Manado yang alamnya terkenal ini Pengunjung bisa menyaksikan proses pembuatan keramik dari tanah liat. Ada berbagai jenis benda aneka model yang terbuat dari keramik di tempat ini.

Selain belajar membuatnya secara langsung, Pengunjung pun bisa membeli dan membawa pulang benda-benda cantik ini langsung dari tempat asalnya. Mengajak anak untuk berlibur ke tempat ini tentu merupakan pengalaman tersendiri yang tak terlupakan.