Sukses

20 Tempat Wisata di Jogja Dekat Malioboro yang Wajib Dikunjungi, Suasananya Nyaman

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Jogja dekat Malioboro bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin menikmati suasana Jogja. Pasalnya, Malioboro sendiri berlokasi di tengah-tengah kota Jogja  dan menjadi salah satu ikon wisata Jogja yang wajib dikunjungi. 

Dekat Malioboro juga ada beberapa destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari Tugu, Taman Sari, Alun-Alun Kidul, Pasar Beringharjo, dan destinasi lainnya tentu tidak boleh kamu lewatkan untuk menikmati syahdunya Jogja.

Tempat wisata di Jogja dekat Malioboro digemari oleh semua kalangan, dari anak muda hingga orang dewasa. Keindahan suasana kota yang syahdu penuh dengan nilai budaya, akan membuat liburanmu sangat berkesan dan tak akan terlupakan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (27/5/2022) tentang tempat wisata di Jogja dekat Malioboro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Jogja Dekat Malioboro

Titik Kilometer 0 Jogja

Tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang pertama yaitu Titik Nol Kilometer Jogja. Sebenarnya titik ini memang cuma perempatan jalan. Tetapi biasanya dijadikan titik pusat untuk berbagai kegiatan, mulai dari aksi damai, pertunjukan seni, sampai tempat untuk memajang karya seni. Titik Kilometer 0 Jogja ini merupakan ujung dari jalan malioboro. Baik di siang hari ataupun malam hari, banyak orang berlalu lalang di sini. Kamu juga tidak dipungut biaya untuk menikmati suasana di tempat wisata Jogja murah meriah ini.

Keraton Jogjakarta

Keraton Jogjakarta merupakan tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang populer dan wajib kamu kunjungi. Wisatawan bisa menemukan turis lokal maupun asing di sini. Bangunan di dalam keraton yang populer ini masih dipelihara dengan baik. Di sini juga ada sejumlah diorama yang menunjukkan detail kebuayaan Jojakarta di masa lalu.

Tugu Jogja

Tempat wisata di Jogja dekat Malioboro lainnya yaitu Tugu Jogja. Tidak perlu membayar, namun harus berhati-hati dan tidak mengganggu pengguna jalan lainnya. Itulah syarat mutlak yang harus dipenuhi bagi siapa pun yang ingin berfoto di Tugu Jogja yang ikonik ini. Suasana malam di lokasi ini juga sangat seru dengan sejumlah kafe dan angkringan tersebar di sejumlah titik.

Angkringan Kopi Joss

Angkringan Lik Man terkenal dengan kopi jos yang dimilikinya. Berlokasi tidak jauh dari Malioboro, atau tepatnya di Jalan Wongsodirjan, sebelah utara Stasiun Tugu Yogyakarta, angkringan yang satu ini tidak pernah sepi dari pengunjung, terlebih pada akhir pekan.

Kopi joss merupakan kuliner yang populer di Jogja. Kopi joss ini begitu istimewa karena disajikan dengan arang panas di dalam segelas kopinya. Kopi joss milik Lik Man sendiri sudah ada sejak 1967. Kamu bisa mengunjungi tempat wisata di Jogja dekat Malioboro ini mulai dari pukul 2 sore hingga 3 dini hari.

Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum sudah terkenal oleh para wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Bahkan Gudeg Yu Djum sudah memiliki cabang di beberapa titik kota Jogja. Gudeg Yu Djum dirintis oleh Alm. Djuwariah yang biasa dipanggil Yu Djum sejak 1950 silam. Pusat dari Gudeg Yu Djum terletak di Wijilan. Gudeg ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh dan aman untuk dibawa pulang.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Jogja Dekat Malioboro

Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul merupakan halaman belakang Keraton Kesultanan Yogyakarta. Di sinilah pohon beringin kembar yang legendaris itu berada. Biasanya wisatawan yang penarasan mencoba tradisi masangin, melewati kedua pohon raksasa itu dengan mata tertutup.

Alun-Alun Kidul menjadi pusat kegiatan warga di hari libur. Semakin malam pengunjungnya semakin ramai. Di sini kamu bisa menikmati jajan di lesehan atau mencoba becak dan odong-odong hias yang dihias dengan lampu warna-warni. Benar-benar semarak. Masuk ke kawasan alun-alun kidul ini tidak dipungut biaya.

Taman Sari

Taman Sari merupakan salah satu tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang wajib kamu kunjungi. Berlibur ke Yogyakarta belum lengkap tanpa menikmati keindahan arsitektur Kesultanan Yogyakarta. Salah satu situs yang paling tepat untuk menikmati seni arsitektur ini tentu saja Taman Sari. Pemandian putri-putri keraton ini memang eksotis. Kondisi bangunannya juga masih terjaga. Tak heran kalau sering digunakan untuk sesi pemotretan profesional atau pre-wedding. Tarif masuknya murah, hanya Rp 3.000 saja.

Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo merupakan tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang populer dan cocok bagi yang suka belanja. Pasar Beringharjo paling terkenal untuk kulakan atau belanja batik. Tak hanya itu, di tempat tempat wisata di Jogja dekat Malioboro ini juga tersedia berbagai macam kaos oblong, totebag, dress batik, pouch, seprai, sandal batik, jamu, sampai suvenir pernikahan. Harga produk yang dijual juga murah-murah, apalagi kalau pembeli jeli menawar.

Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg adalah tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang juga cukup populer. Lokasinya berada di sebelah selatan Pasar Beringharjo. Benteng ini merupakan bekas penjara bagi para pejuang tanah air yang kini dialihfungsikan sebagai museum. Bangunan peninggalan zaman kolonial ini bisa jadi objek wisata Jogja bernuansa sejarah sekaligus spot foto keren. Tarif masuknya hanya Rp3000.

Angkringan KR

Temat wisata di Jogja dekat Maliobor yang wajib disinggahi adalah angkringan. Angkringan adalah kuliner yang dijajakan dengan sebuah gerobak dorong untuk menjual berbagai macam makanan dan minuman di pinggir jalan. Salah satu angkringan di Jogja yang cukup terkenal adalah Angkringan KR. Angkringan ini berada di Jl. P. Mangkubumi, Gowongan, Jetis, Yogyakarta. Tepatnya didepan kantor Kedaulatan Rakyat. Angkringan ini menyediakan makanan seperti nasi kucing, aneka sate, minuman hangat dan es serta gorengan. Harganya mulai Rp 1.000 saja. Angkringan KR buka mulai pukul 4 sore sampai 5 dini hari.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Jogja Dekat Malioboro

Taman Pintar

Taman pintar adalah tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang cocok untuk keluarga. Di sisi ada Gedung Oval, Gedung Kotak, Gedung Planetarium, Gedung Paud, Theater 3D, dan Kampung Kerajinan di mana anak-anak bisa bermain sambil belajar. Pengunjung Taman Pintar bisa melakukan aktivitas kerajinan gerabah, lukis kaos, roket air, dan membatik yang bisa diikuti dengan membayar Rp13.000 sampai Rp50.000. Biasanya tempat wisata Jogja ini ramai dikunjungi keluarga di hari Minggu.

Taman Budaya Yogyakarta

Taman Budaya merupakan tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang tak kalah populer. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati aneka pertunjukan seni dan budaya. Mulai dari ketoprak hingga teater bernuansa surealis. Biaya masuk ke tempat tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang populer ini gratis.

Plengkung Gading

Tempat wisata di Jogja dekat Malioboro lainnya yang cukup dikenal adalah Plengkung Gading. Bangunan ini memiliki arsitektur berupa gapura yang menyerupai terowongan. Plengkung Gading berwarna putih dengan ukiran khas ini biasa dijadikan spot foto Instagramable oleh para wisatawan. Bangunan ini merupakan bagian dari Keraton Yogyakarta.

Oseng Mercon Bu Narti

Tempat wisata di Jogja dekat Malioboro selanjutnya adalah Oseng Mercon Bu Narti. Kuliner satu ini cocok bagi kamu pencinta makanan pedas. Oseng Merco Bu Narti berada di Jalan KH Ahmad Dahlan (sebelah barat RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta) ini. Oseng mercon berisi kikil, gajih, kulit, dan tulang muda ini punya rasa yang sangat pedas. Oseng Mercon Bu Narti buka dari jam 5 sore sampai tengah malam.

Soto Sampah

Soto Sampah dijuluki demikian karena memang memiliki rempah-rempah dan campuran di dalam soto yang beragam dan mirip sampah. Meski namanya tidak menggugah selera, soto ini punya cita rasa akan memanjakan lidah. Soto Sampah buka mulai dari pukul 7 pagi hingga setengah 3 pagi. Soto Sampah berada di Jalan Kranggan, Cokrodiningratan, Kota Yogyakarta.

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Jogja Dekat Malioboro

Taman Pelangi Monjali

Taman Pelangi Monumen Jogja Kembali alias Monjali adalah tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang populer. Monumen ini berada di Jalan Lingkar Utara Jojakarta itu tampil semarak dengan aneka bentuk lampion dan lampu warna-warni. Tarif masuk ke tempat tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang populer ini adalah Rp10.000,00 (weekdays), Rp15.000,00 (weekend).

Kebun Binatang Gembira Loka

Gembira Loka Zoo adalah tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang populer. Selain aneka koleksi konservasi hewan, kebun binatang ini memiliki berbagai wahana rekreasi yang menyenangkan. Para wisatawan dapat berinteraksi dengan koleksi satwa, kolam sentuh, kolam tangkap, terapi ikan, perahu kayuh, skuter air, atv, bumper boat, spedd boat, perahu katamaran, dan masih banyak lagi. Kebun binatang ini juga sudah dilengkapi fasilitas yang lengkap dan terjaga.

Sindu Kusuma Edupark (SKE)

SKE adalah tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang populer berupa sebuah taman bermain sekaligus wahana edukasi yang menyenangkan. SKE memiliki bianglala bernama cakra manggilingan dengan tinggi 48 meter. Daya tarik utama bianglala ini adalah persembahan bird eye view 360 derajat, para wisatawan  dapat melihat ke seluruh penjuru Yogyakarta. Bukan hanya bianglala yang ikonik, SKE juga memiliki wahana bermain lainnya yang tak kalah seru.

Soto Ayam Kampung Pak Dalbe

Di Jogja, ada soto ayam kampung yang berkuah jernih dengan rasa gurih manis. Cita rasa ini merupakan salah satu ciri khas wisata kuliner Jogja. Salah satu soto ayam kampung yang menjadi favorit di pagi hari yaitu Soto Ayam Kampung Pak Dalbe. Warung ini bertempat di Jl Sudirman dan Jl Affandi. Untuk harganya cukup murah, hanya dengan Rp 10.000 an saja kamu bisa menikmati cita rasa soto yang berbeda.

Gudeg Bromo Bu Tekluk

Gudeg bromo sudah ada sejak tahun 1984. Gudeg Bromo menyajikan gudeg basah yang disiram areh gurih ditemani oleh sambal krecek pedas dan berbagai lauk tambahan seperti ayam suwir, telur bacem, tahu, tempe, ceker hingga kepala ayam. Jika biasanya sambal krecek terbuat dari daging sapi, di sini sambal krecek diolah dari kulit daging kerbau sehingga tidak mudah hancur saat dimasak.

Gudeg Bromo buka dari pukul 11 malam sampai habis, biasanya hingga pukul 5 dini hari. Gudeg Bromo Bu Tekluk berlokasi di di Jl. Affandi No. 2A, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS