Sukses

20 Cara Memutihkan Kulit Tangan yang Belang, Sehat dan Aman

Liputan6.com, Jakarta Cara memutihkan kulit tangan berguna jika sering terpapar sinar matahari. Kulit tangan termasuk bagian tubuh yang rentan terkena sinar matahari. Paparan ini membuat kulit tangan terlihat belang. 

Cara memutihkan kulit tangan bisa menjadi solusi untuk kulit yang belang. Ada sejumlah cara memutihkan kulit tangan yang bisa dilakukan. Cara memutihkan kulit tangan bisa dimulai dengan memberi perlindungan pada kulit, melakukan perawatan, dan menjaga pola makan sehat.

Melakukan cara memutihkan kulit tangan secara teratur akan mencerahkan sekalius menyehatkan kulit. Cara memutihkan kulit tangan ini juga terbilang aman dilakukan. Berikut cara memutihkan kulit tangan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(3/6/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

Cara memutihkan kulit tangan

Eksfoliasi kulit

Eksfoliasi kulit secara lembut dengan scrub buatan sendiri atau yang dibeli di toko dapat membantu mencerahkan warna kulit tangan dengan menghilangkan sel-sel keterampilan mati di permukaan. Tapi, berhati-hatilah untuk menghindari sinar matahari setelah melakukan eksfoliasi. Sel kulit mati dapat membantu melindungi dari sinar matahari. Setelah menghilangkannya, kamu akan lebih rentan terhadap sengatan matahari.

Menggunakan tabir surya

Tabir surya adalah produk wajib yang harus digunakan setiap hari. Oleskan 15 menit sebelum paparan sinar matahari dalam kondisi kulit kering. Aplikasikan kembali setiap 2 jam atau setelah berenang atau berkeringat. Pilih tabir surya dengan spf tinggi ketika berada di luar ruangan. Semakin tinggi peringkat SPF, semakin banyak perlindungan dari sinar UVB. Tabir surya juga harus menawarkan perlindungan dari radiasi UVA. Radiasi UVA tidak menyebabkan kulit terbakar, tetapi berkontribusi terhadap penuaan kulit dan peningkatan risiko kanker kulit.

Melindungi kulit dari sinar matahari

Cara terbaik untuk mencerahkan kulit tangan adalah dengan menghindari pemicunya, yaitu matahari. Lindungi kulit tangan dengan menggunakan topi dan pakaian pelindung matahari seperti sarung tangan dan pakaian lengan panjang.

3 dari 7 halaman

Cara memutihkan kulit tangan

Madu

Madu memiliki sifat pelembap yang sangat baik dan meningkatkan perbaikan jaringan. Madu tidak hanya melembutkan kulit dan membuatnya halus tetapi juga mengandung antioksidan yang membalikkan kerusakan kulit akibat sinar UV. Campur satu sendok makan madu dan satu buah perasa lemon. Oleskan campuran ini ke tangan. Cuci bersih dengan air setelah 10-15 menit. Lakukan dua kali seminggu.

Lidah buaya

Lidah buaya mengandung senyawa bioaktif yang menekan proses penggelapan kulit. Ini bisa mengurangi pigmentasi pada kulit. Campur dua sampai tiga sendok teh gel lidah buaya dengan satu sendok teh madu. Oleskan campuran ini di tangan dan biarkan selama 10 menit. Cuci bersih dengan air biasa. Untuk hasil terbaik, oleskan pasta ini di tangan dua hingga tiga kali setiap minggu.

Kunyit

Kurkumin pada kunyit dapat menghambat proses penggelapan kulit akibat sinar matahari. Ini menyebabkan produksi melanin berkurang, sehingga memudarkan warna cokelat di tangan. Campur satu sendok teh bubuk kunyit dan satu sendok teh susu. Oleskan pada kulit dan biarkan sampai mengering. Cuci tangan sampai bersih dengan air setelahnya. Lakukan ini sekali setiap minggu sampai belang di tangam menghilang.

Teh hitam

Teh hitam memiliki efek memutihkan kulit bila digunakan dari waktu ke waktu. Selain itu, konsentrasi tinggi antioksidan dalam teh hitam dapat membantu membuang racun yang menyebabkan noda.

Produk pencerah kulit

Banyak krim dan perawatan pencerah kulit sekarang tersedia di pasaran. American Academy of Dermatology merekomendasikan untuk mencari produk pencerah kulit yang mengandung salah satu bahan vitamin C, asam glikolat, retinoid seperti retinol, tretinoin, adapalene gel, atau tazarotene, asam kojic, dan asam azelaic.

Bahan-bahan aktif ini dapat membantu meringankan kulit cokelat atau gelap yang ada dengan mengelupas kulit dan mendorong pertumbuhan sel baru. Beberapa di antaranya juga dapat membantu memperlambat produksi melanin untuk membantu mencegah atau mengurangi bintik hitam.

4 dari 7 halaman

Cara memutihkan kulit tangan

Yogurt

Yogurt mengandung L-cysteine peptide, senyawa yang diketahui dapat menekan efek pigmentasi. Yogurt membantu membalikkan efek pigmentasi yang berlebihan dan memudarkan warna gelap dari tangan. Yogurt mengandung L-cysteine peptide, senyawa yang diketahui dapat menekan efek pigmentasi. Yogurt membantu membalikkan efek pigmentasi yang berlebihan dan memudarkan warna gelap dari tangan.

Tomat

Tomat kaya akan senyawa bioaktif yang disebut karotenoid yang berfungsi sebagai pelindung paparan sinar matahari. Mereka dapat mengurangi efek belang yang disebabkan oleh sinar UV matahari berbahaya. Haluskan dua buah tomat berukuran sedang untuk membuat pasta kental. Oleskan pasta ini di tangan. Biarkan selama 15 menit dan bersihkan dengan air. Lakukan dua kali seminggu.

Timun

Mentimun tidak hanya memiliki sifat melembapkan tetapi juga mengandung senyawa bioaktif yang menghambat aktivitas pigmentasi kulit. Iris setengah mentimun dan haluskan dengan blender. Tambahkan satu sendok makan gel lidah buaya ke dalamnya dan aduk rata. Oleskan campuran ini ke tangan, diamkan beberapa dan bilas. Oleskan sekali seminggu sampai belang di tangan menghilang.

5 dari 7 halaman

Cara memutihkan kulit tangan

Pepaya

Ekstrak pepaya bertindak sebagai exfoliant dan dapat membantu mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit. Ini membantu memudarkan pigmentasi di tangan. Haluskan pepaya menjadi bubur dan tambahkan satu sendok teh air lemon ke dalamnya. Aduk rata dan oleskan ke tangan. Bilas dengan air setelah 15-20 menit. Ulangi dua kali seminggu.

Kulit jeruk

kulit jeruk mengandung senyawa yang dapat menekan pigmentasi dan mengembalikan warna kulit. Campur satu sendok teh kulit jeruk bubuk, sejumput bubuk kunyit, dan satu sendok teh madu. Oleskan di tangan dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air dan lakukan dua kali seminggu.

Kentang

Jus kentang bekerja dengan baik untuk mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari. Kentang mengandung enzim yang disebut 'catecholase' yang membantu mencerahkan kulit dan menghilangkan flek hitam. Kentang adalah agen pencerah kulit alami.

Campur satu sendok teh jus kentang, satu sendok teh tepung beras, satu sendok teh madu, dan satu sendok teh jus lemon (opsional). Campur semua bahan menjadi pasta kental. Oleskan di tangan dan biarkan hingga kering. Cuci tangan sampai bersih. Lakukan dua kali seminggu.

 

6 dari 7 halaman

Cara memutihkan kulit tangan lewat makanan

Blueberry

Blueberry kaya akan antioksidan kuat yang melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit akibat paparan sinar matahari dan stres. Blueberry bahkan lebih kuat jika mereka adalah varietas liar. Mereka juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, yang dapat membantu mencegah keriput dari hari di pantai.

Semangka

Semangka mengandung banyak likopen yang menyerap radiasi UVA dan UVB. Setelah beberapa minggu setiap hari, konsumsi semangka yang berair, likopen pada akhirnya dapat bertindak sebagai tabir surya alami. Namun, para peneliti mencatat bahwa itu tidak selalu menggantikan tindakan perlindungan lainnya, seperti SPF dan pakaian pelindung matahari.

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kenari, biji rami, biji chia, dan rami semuanya mengandung asam lemak esensial omega-3. Ikan dan telur juga merupakan sumber lemak yang bersih dan ramah kulit ini. Tubuh tidak dapat membuat omega-3, jadi penting untuk mendapatkannya dari makanan. Omega-3 membantu menjaga integritas kulit dan juga anti-inflamasi. Omega-3 juga membantu tubuh secara alami mengatasi efek menghabiskan terlalu banyak waktu di bawah sinar matahari.

7 dari 7 halaman

Cara memutihkan kulit tangan lewat makanan

Wortel dan sayuran hijau

Tubuh mengubah beta karoten menjadi vitamin A, yang sangat penting untuk kesehatan kulit. Beta karoten memberikan perlindungan matahari alami setelah 10 minggu suplementasi teratur. Mengkonsumsi berbagai makanan yang kaya nutrisi ini membantu mendapatkan kuota harian sedikit lebih mudah. Wortel dan sayuran hijau seperti kangkung dan bayam adalah tambahan yang mengandung beta karoten yang bagus untuk makanan, bahkan smoothie untuk sarapan.

Teh hijau

Konsumsi teh hijau menyebabkan lebih sedikit tumor yang disebabkan oleh sinar UV pada tikus. Ini karena flavanol yang terkandung dalam teh hijau dan hitam yang dikenal sebagai EGCG. Studi hewan lain pada teh hijau menemukan bahwa teh hijau mengurangi kerusakan kulit dari sinar UVA dan melindungi dari penurunan kolagen. Kolagen adalah protein tubuh kita yang paling melimpah. Ini memberi kulit integritas dan kekencangannya.

Kembang kol

Kembang kol mengandung antioksidan kuat yang membantu melawan stres oksidatif dari radikal bebas. Selain itu, kembang kol juga merupakan makanan pelindung matahari alami berkat histidin. Asam alfa-amino ini merangsang produksi asam urokanat, yang menyerap radiasi UV.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS