Sukses

10 Manfaat Daun Binahong dan Cara Mengolahnya dengan Benar

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun binahong memiliki kandungan nutrisi yang mengesankan. Binahong merupakan tanaman sukulen asli Amerika Selatan. Tanaman ini tumbuh invasif dan merambat di dahan pohon atau tembok. 

Manfaat daun binahong biasanya didapat dengan cara direbus atau dikonsumsi ekstraknya. Kaya akan vitamin dan mineralnya yang tinggi, manfaat daun binahong sudah digunakan sejak lama dalam pengobatan tradisional. Manfaat daun binahong kaya akan Glucan c, Karoten, Asam Organik, L-Arabinosa mucoplysacharida, D – Galaktosa, Asam Aldonat, dan Vitamin (A, B, dan C).

Mendapatkan manfaat daun binahong bisa membantu menyehatkan tubuh. Untuk mendapat manfaat daun binahong ada beberapa cara mengolahnya. Berikut manfaat daun binahong dan cara mengolahnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(5/7/2022).

2 dari 7 halaman

Manfaat daun binahong

Cegah kanker

Manfaat daun binahong bisa membantu mencegah kanker. Ini didapat berkat antioksidan karotenoid esensial seperti Betakaroten, zeaxanthin dan lutein. Antioksidan ini menetralkan radikal bebas berbahaya. Vitamin A yang terkandung dalam binahong juga memberi manfaat pencegahan kanker. Ditemukan bahwa konsumsi Vitamin A dan flavonoid memberikan perlindungan dari kanker paru-paru. Ada pula vitamin C yang ditemukan pada daun binahong. Vitamin C dikenal sebagai antioksidan kuat yang jauh lebih efektif untuk melawan radikal bebas.

Sehatkan mata

Manfaat daun binahong seperti vitamin A, Vitamin C, betakaroten, zeaxanthin dan lutein memberikan perlindungan ekstra dari radikal bebas. Bersama dengan Vitamin A daun binahong bisa sangat penting untuk penglihatan yang baik. Daun binahong kaya akan vitamin A yang bagus untuk mata. Tidak hanya daunnya tetapi batangnya adalah sumber vitamin A.

3 dari 7 halaman

Manfaat daun binahong

Sehatkan jantung

Antioksidan yang kuat efektif untuk melindungi kerusakan otot jantung dan bahkan kerusakan arteri dan saraf dari radikal bebas. Selain itu, serat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang menghambat aliran darah yang mengakibatkan penyakit jantung. Kalium pada daun binahong juga memainkan peran penting dengan mempertahankan kadar cairan darah. Ini juga membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Dengan demikian, daun binahong memberikan manfaat lengkap untuk jantung dan sistem kardiovaskular.

Cegah penuaan dini

Manfaat daun binahong sangat baik untuk mencegah penuaan dini. Ini karena daun binahong merupakan sumber Vitamin A dan Vitamin C yang melimpah. Binahong juga terbukti jauh lebih bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Vitamin A dan C sudah lama dikenal untuk menjaga kulit agar tetap sehat.

4 dari 7 halaman

Manfaat daun binahong

Cegah asam urat

Manfaat daun binahong bisa digunakan untuk menurunkan risiko, mencegah hingga mengatasi asam urat. Mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin akan membantu menurunkan kadar purin dalam tubuh. Kandungan flavonoid dari daun binahong memberikan manfaat berupa menghambat pembentukan purin penyebab asam urat.

Lancarkan pencernaan

Manfaat daun binahong menawarkan serat dalam jumlah besar, meningkatkan rasa kenyang. Serat makanan dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Selain itu, serat dapat memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah, yang dapat menurunkan risiko resistensi insulin, diabetes, dan gangguan metabolisme

5 dari 7 halaman

Manfaat daun binahong

Kuatkan ingatan

Kaya akan folat dan vitamin B-kompleks lainnya, daun binahong mendukung fungsi mental dan membuat otak tetap tajam. Tiamin, biotin, asam folat, dan vitamin B lainnya memainkan peran penting dalam kesehatan mental. Kekurangan vitamin B-12, misalnya, telah dikaitkan dengan risiko Depresi, kelelahan, anemia, dan paranoia yang lebih tinggi.

Kontrol gula darah

Daun binahong membantu mengontrol gula darah. Daun binahong kaya akan serat yang memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah. Ini dapat menurunkan risiko resistensi insulin, diabetes, dan gangguan metabolisme. Manfaat daun binahong mengandung senyawa alkaloid yang memiliki sifat hipoglikemik. Ramuan daun binahong dikenal memiliki khasiat menurunkan kadar gula darah secara optimal dan menjaga gula darah tetap stabil pada penderita diabetes mellitus.

6 dari 7 halaman

Manfaat daun binahong

Atasi jerawat

Kandungan antibakteri pada daun binahong bisa membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Manfaat daun binahong bisa didapat dengan mengonsumsinya secara rutin atau menggunakan produk yang mengandung ekstrak daun ini.

Antibakteri

Beberapa penelitian telah menunjukkan hasil yang menjanjikan antibakteri pada daun binahong. Daun binahong ditemukan baik untuk menghambar pertumbuhan Porphyromonas gingivalis, Prevotella intermedia, Mycobacterium tuberculosis, Streptococcus mutans, Bacillus cereus, Salmonella enteritidis, Escherichia coli, Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa dan Bacillus subtilis.

7 dari 7 halaman

Cara mengolah daun binahong

Jus daun binahong

Cara mengonsumsi daun binahong bisa dilakukan dengan cara mengolahnya menjadi jus. Daun binahong bisa ditambahkan pada jus buah favorit. Ambil secukupnya daun binahong, lalu tuang susu murni bila suka. Masukkan buah kesukaan. Blender hingga halus dan tambahkan madu (opsional) sebagai pemanis, bila suka.

Air rebusan daun binahong

Berikut cara mengolah daun binahong dalam bentuk air rebusan:

1. Gunakan 9-11 lembar daun bukan yang terlalu muda atau pun terlalu tua, lalu dicuci bersih.2. Rebus dengan api kecil bersama 2 gelas air, tunggu hingga air rebusan menjadi satu gelas.3. Minum ramuan ini dua kali sehari, pagi dan sore atau malam hari.

Langkah lain cara mengolah daun binahong kering, cukup diseduh dengan air panas. Semakin nikmat bila ditambahkan madu sebagai pemanis.

Selain itu, daun binahong bisa direbus bersama jahe supaya menambah sensasi cita rasa dan tidak merasa aneh dengan aroma daunnya. Kemudian disaring dan aduk bersama madu.

Tumis daun binahong

Bahan:

2 ikat binahong, daunnya saja

1 sdm kecap ikan

1 sdm saus tiram

3 cabai rawit atau keriting, sesuai selera (potong serong)

4 siung bawang putih dicincang halus

1 sdt minyak wijen (opsional)

1 sdm kecap manis

1/2 sdt lada

Bubuk penyedap rasa secukupnya

Gula jawa secukupnya

Garam secukupnya

Minyak goreng untuk menumis

Cara membuat tumis daun binahong:

1. Tuang minyak goreng, lalu tambahkan bawang putih cincang. Tumis hingga harum. Masukkan cabai dan tumis lagi hingga harum semerbak.

2. Masukkan gula jawa iris secukupnya, sesuai selera Anda. Aduk sebentar, hingga cukup meleleh. Lalu masukkan daun binahong yang sudah dicuci bersih.

3. Tuang saus tiram, kecap manis, minyak wijen, kecap ikan, garam dan bubuk penyedap.

4. Aduk dan diamkan sebentar tumisan daun binahong hingga matang. Koreksi rasa, angkat dan siap disajikan bersama nasi hangat dan lauk kesukaan Anda. Selamat mencoba.