Sukses

12 Manfaat Daging untuk Kesehatan, Tingkatkan Massa Otot hingga Bantu Penyembuhan

Salah satu manfaat daging yang banyak dirasakan adalah sebagai sumber protein hewani.

Liputan6.com, Jakarta Selain memiliki cita rasa yang enak, manfaat daging juga baik bagi kesehatan. Daging menjadi salah satu bahan makanan hewani yang akrab dengan masyarakat Indonesia. Terdapat beragam jenis masakan tradisional Indonesia yang memiliki bahan utama daging, contohnya dendeng, rendang, sate, empal, dan masih banyak lagi. 

Daging banyak disukai kebanyakan orang karena rasa dan tekstur yang dimiliki. Berbeda dengan sayur atau bahan makanan nabati lainnya, daging memiliki rasa yang relatif lebih gurih meski tidak diberi bumbu. Penambahan rempah-rempah akan semakin menambah cita rasa yang sudah dimiliki oleh daging.

Dari zaman dahulu hingga sekarang, daging menjadi bahan makanan yang mewah karena harga daging relatif lebih mahal dibanding bahan makanan lain. Hal ini menyebabkan manfaat daging tidak dapat dirasakan oleh beberapa orang. 

Beberapa tahun kebelakang terjadi perdebatan apakah daging merupakan makanan yang menyehatkan atau sebaliknya. Sebab, konsumsi daging yang berlebih malah dapat meningkatkan risiko penyakit, seperti hipertensi dan kolesterol tinggi. Pada dasarnya, selama konsumsi daging dalam jumlah yang wajar, manfaat baik daging dapat dirasakan oleh tubuh. Berikut manfaat daging yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (27/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Daging

1. Sumber Protein

Salah satu manfaat daging yang banyak dirasakan adalah sebagai sumber protein hewani. Protein hewani menjadi asupan yang penting untuk membantu pembentukan sel memperbaiki sel tubuh yang rusak. Fungsi membantu pembentukan sel sangat diperlukan oleh anak-anak yang sedang dalam tahap pertumbuhan. Sedangkan fungsi memperbaiki sel yang rusak sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang sedang dalam proses pemulihan. 

2. Sumber Vitamin dan Mineral

Selain protein, daging juga mengandung vitamin B3, B6, B12, seng, zat besi, selenium, niacin, fosfor, kreatin, glutathione, taurin, dan kolesterol. Berbagai nutrisi ini diperlukan tubuh untuk. Mengkonsumsi daging secara seimbang dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh. 

3. Menguatkan Tulang Dan Gigi

Kandungan fosfor dan zinc pada daging terbukti memiliki manfaat yang baik untuk tulang. Pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan kedua kandungan ini akan mendukung pertumbuhan tulangnya menjadi baik. Sedangkan pada orang dewasa, fosfor dan zinc diperlukan untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi.

4. Meningkatkan Massa Otot

Bagi orang-orang yang sedang menjalani program pembentukan otot, daging menjadi bahan makan yang kerap dipilih untuk membantu meningkatkan massa otot. Kandungan protein dan asam amino yang cukup tinggi dalam daging berperan penting dalam pembentukan serat otot, sehingga otot menjadi lebih besar, padat, dan berisi. Hail ini akan menjaga badan tetap proporsional dan kencang, tidak lembek karena terlalu banyak  lemak daripada otot.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daging

5. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Meski mengandung lemak dan kolesterol, daging ternyata dapat membantu menjaga berat badan tetap ideal. Daging mengandung suplemen L-carnitine dan asam linoleat dapat membantu menurunkan berat badan dan menjaga kadar lemak dalam tubuh tetap stabil.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa seorang yang mengkonsumsi suplemen L-carnitine secara rutin dapat menurunkan berat badan lebih signifikan dibanding mereka yang tidak mengkonsumsinya. Asam linoleat terkonjugasi yang terdapat pada daging juga terbukti membantu penurunan lemak. Meski demikian, manfaat daging ini bergantung pada jenis daging sapi, porsi, dan cara pengolahannya.

6. Menyehatkan Kulit, Rambut, dan Kuku

Tidak hanya otot, asam amino dalam daging dapat membantu memelihara kesehatan kulit, rambut dan kuku. Asam amino membantu menjaga kelembaban kulit, kuku lebih sehat dan tidak mudah patah, serta rambut menjadi kuat, tidak mudah rontok dan makin berkilau.

7. Mengurangi Resiko Diabetes

Asam linoleat terkonjugasi dan L-carnitine pada daging juga dapat membantu menurunkan resiko penyakit diabetes. Asam linoleat terbukti mampu memaksimalkan sensitivitas hormon insulin sehingga kadar gula dalam darah menjadi stabil. Sedangkan, suplemen L-carnitine berguna memperbaiki kadar glukosa dalam darah, termasuk keseluruhan profil kolesterol pada pasien diabetes tipe 2

8. Meningkatkan Imunitas

Daging memiliki kandungan bernama karnosin. Karnosin merupakan salah satu jenis asam amino yang memiliki sifat anti-glikosilasi, yaitu dapat meminimalisir bahaya dari proses yang disebut glikasi atau suatu proses dalam tubuh yang dapat menimbulkan aterosklerosis atau penyempitan dan pengerasan pembuluh darah arteri akibat penumpukan plak di dinding pembuluh darah.

Karnosin juga dapat meminimalisir resiko berbagai penyakit kronis. Asam amino ini juga dapat membantu peningkatan daya tahan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit, serta menurunkan resiko peradangan dalam tubuh.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daging

9. Menyehatkan Jantung

Terdapat beberapa nutrisi dalam daging yang dapat membantu memelihara kesehatan jantung, seperti asam lemak DHA, Lipid, lemak trans, dan vitamin B12. Asupan lemak trans dan vitamin B12  yang seimbang secara klinis mampu mengurangi resiko penyakit jantung koroner dan kardiovaskular lainnya. Asam Lemak DHa juga membantu meminimalisir gangguan jantung. 

10. Mencegah Anemia

Zat besi merupakan nutrisi yang sangat diperlukan dalam proses produksi sel darah merah atau hemoglobin. Daging mengandung zat besi yang dapat mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah. Mengkonsumsi daging secara rutin dapat membantu produksi hemoglobin tetap stabil dan mencegah anemia.

11. Meningkatkan Kadar Oksigen Dalam Darah

Zat besi yang terkandung dalam daging juga dapat meningkatkan kadar oksigen dalam darah. Hemoglobin atau sel darah merah bertugas mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Produksi hemoglobin yang meningkat akan meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh. Sehingga tubuh menjadi tidak mudah lelah, lesu, lemas, dan pusing

12. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat daging yang terakhir adalah membantu proses pemulihan luka. Kandungan protein pada daging yang tinggi membantu memperbaiki sel-sel yang rusak. Vitamin dan mineral yang ada pada daging juga membantu mendistribusikan oksigen ke bagian tubuh yang terluka sehingga lebih cepat pulih. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.