Sukses

15 Objek Wisata di Medan yang Paling Hits dan Wajib Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta Objek wisata di Medan menawarkan keindahan yang unik dan instagramable. Ibu kota Provinsi Sumatera Utara ini cocok untuk anak muda menikmati momen liburan mereka dengan latar belakang yang unik. 

Berbagai objek wisata di Medan terdiri dari berbagai bangunan unik yang dapat melambangkan keberagaman suku yang ada di Medan. Keberagaman etnis dan budaya di dalamnya seperti Suku Batak, Melayu, Jawa, Tionghoa dan etnis lainnya.

Objek wisata di Medan didominasi bangunan-bangunan yang unik dan bersejarah. Selain bangunan-bangunan bersejarah, berbagai bangunan tempat ibadah, hingga museum menjadi daya tarik utama Ibu Kota provinsi Sumatera Utara ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/11/2022) tentang objek wisata di Medan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Objek Wisata di Medan

Istana Maimun

Objek wisata di Medan yang pertama tentunya adalah Istana Maimun yang terkenal. Letaknya yang berada di pusat perkotaan Medan menjadikan museum ini menjadi salah satu destinasi wisata ikonik Kota Medan. Istana Maimun ini memiliki desain akulturasi tiga wilayah bagian, yaitu tradisional Melayu, Islam Timur Tengah, dan Eropa.

Dengan luas istana sebesar 2.227 m², ada 30 ruangan yang dapat kamu telusuri, serta 2 lantai dan 3 bagian istana yang dapat kamu jelajahi ketika berkunjung ke istana Maimun. Lokasinya ada di Jl. Sultan Ma’moen Al Rasyid No. 66, Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara.

Gedung Balai Kota Lama

Gedung Balai Kota merupakan kilometer nol di Medan. Objek wisata di Medan ini adalah bangunan kolonial yang terletak di Jalan Balai Kota, Medan, Sumatra Utara. Gedung ini dibangun pada masa Hindia Belanda tahun 1908 oleh Hulswit & Fermont dan direnovasi tahun 1923 oleh Eduard Cuypers, arsitek bangunan kolonial ternama lainnya di Hindia Belanda.

Museum Tjong A Fie

Objek wisata di Medan satu ini awalnya merupakan rumah dari pedagang besar yang murah hati dan senang membantu orang miskin pada zamannya, yaitu Tjong A Fie. Rumah besar ini memiliki ukuran sebesar 8.000 m² yang di dalamnya terbagi dalam 35 ruangan yang dapat kamu telusuri pada saat berkunjung. Kamu akan menemukan berbagai spot foto instagramable di museum ini.

Kampung Keling

Kampung Keling atau Kampung Madras adalah nama bagi sebuah kawasan seluas sekitar 10 hektare di Kota Medan. Kampung ini dulunya merupakan tempat komunitas India yang besar. Di kawasan ini terdapat kuil Hindu yang tertua di Medan, Kuil Sri Mariamman dan kelenteng terbesar di Medan, Vihara Gunung Timur; juga Masjid Jami dan Masjid Ghaudiyah yang dibangun oleh Muslim India.

3 dari 5 halaman

Objek Wisata di Medan

Masjid Raya Medan Al Mashun

Masjid Raya Al Mashun atau Masjid Raya Medan merupakan salah satu bangunan ikonik di kota Medan. Bangunan dengan arsitektur gaya Timur Tengah, India dan Spanyol yang menjadikan masjid ini tersohor hingga ke seluruh Indonesia.

Usia masjid yang lebih dari satu abad juga menjadi keunikan tersendiri. Kamu juga harus melihat interior masjid dan dekorasinya, yang pastinya akan membuat kamu takjub. Kamu bisa berfoto dengan latar belakang masjid ini. Lokasinya ada di Jalan Sisingamangaraja, Medan Kota, Medan, Kota Medan, Sumatera Utara.

Gedung London Sumatera

Gedung London Sumatra merupakan bangunan peninggalan zaman kolonial. Gedung ini dibangun dengan konsep arsitektur gaya Eropa dan gaya rumah-rumah yang ada di London pada masa abad ke-18 dan ke-19. Gedung London Sumatra yang berada persis di pusat kota, menjadi saksi bisu perkembangan Kota Medan dalam satu abad terakhir. Gedung ini masuk ke dalam salah satu daftar gedung bersejarah yang dijadikan sebagai cagar budaya oleh pemerintah Kota Medan.

Tjong Yong Hian Gallery

Objek wisata di Medan juga memiliki budaya Tiongkok yang cukup kental. Banyak terlihat budaya Tiongkok yang dibawa ke Medan dan perjalanan sejarahnya bisa kamu nikmati di Tjong Yong Hian Gallery. Selain menambah ilmu, kamu juga bisa menikmati berbagai spot foto yang instagenik di sini. Taman Kebun Bunga, yang berada di depan galeri adalah salah satu spot yang harus kamu tuju untuk berfoto. Lokasinya ada di Jl. Kejaksaan, Petisah Tengah, Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara.

4 dari 5 halaman

Objek Wisata di Medan

Graha Maria Annai Valengkanni

Graha Maria Annai Velangkani merupakan gereja dengan sentuhan Hindu yang digunakan beribadah oleh umat Katholik. Meski menjadi tempat ibadah, gereja ini terbuka untuk siapa pun. Gereja yang berlokasi di Tj. Selamat, Medan Tuntungan, Kota Medan, Sumatera Utara ini bisa dijadikan tempat berfoto yang instagramable.

Bahkan, karena keunikan bentuk arsitektural dan nilai budaya yang diusung, pihak pengelola tidak berkeberatan menyebut gereja ini sebagai salah satu objek wisata di Medan. Tentunya kamu harus menghormati tempat ibadah ini dan orang-orang yang akan beribadah.

Vihara Gunung Timur

Vihara Gunung Timur merupakan tempat ibadah warga Tionghoa Medan yang juga bisa menjadi pilihan objek wisata di Medan yang menarik. Para wisatawan bisa datang ke tempat ini secara gratis. Namun, yang perlu diperhatikan yaitu agar tidak mengganggu pengunjung yang tengah beribadah.

Lokasinya juga sangat strategis, berada di Jalan Hang Tuah nomor 16, Medan. Tak jauh dari tempat ini, kamu juga dapat menyaksikan keberadaan Kuil Shri Mariamman yang berjarak sekitar 1 km. Selain itu, Masjid Raya Medan juga dapat dengan mudah dijangkau dari lokasi ini.

Museum Negeri Sumatera Utara

Museum Negeri Sumatera Utara merupakan museum terbesar di Sumatra Utara yang berisi berbagai peninggalan sejarah budaya bangsa, hasil seni dan kerajinan dari berbagai suku di Sumatra Utara. Adapun, peninggalan lain seperti arca-arca peninggalan zaman Hindu-Budha, peninggalan batu nisan, Al-Qur'an, replika Masjid Azizi ada disini, dan juga perkakas zaman Kolonial Belanda juga dikoleksi.

Museum Rahmat International Wildlife dan Galeri

Kota Medan juga memiliki museum satwa yang diakui sebagai museum pertama di Asia Tenggara, yaitu Museum Rahmat. Objek wisata di Medan yang wajib kamu kunjungi ini memiliki bermacam-macam jenis satwa yang telah diawetkan.

Museum Rahmat memiliki 2000 hewan yang dikumpulkan dari berbagai negara. Destinasi wisata ini dapat menjadi media pembelajaran bagi kamu yang menyukai pengetahuan tentang binatang. Cocok sekali untuk wisata keluarga.

5 dari 5 halaman

Objek Wisata di Medan

Maha Vihara Maitreya

Maha Vihara Maitreya adalah Vihara terbesar di Indonesia. Vihara ini menjadi tempat peribadatan umat Budha. Menariknya, Vihara Maitreya juga dibuka untuk umum sekaligus menjadi objek wisata di Medan. Banyak wisatawan yang berkunjung untuk sekedar menikmati kemegahan vihara ini, ada juga yang tak lupa mengabadikan momen dengan berfoto.

Merdeka Walk Medan

Merdeka Walk dikenal sebagai pusat kuliner dan objek wisata di Medan. Ratusan hingga ribuan pengunjung selalu memadati kawasan pusat kuliner yang berada di tengah kota terbesar ketiga di Indonesia ini. Bagi pecinta kuliner, Merdeka Walk menyediakan puluhan gerai yang menjajakan berbagai makanan, baik makanan tradisional seperti soto Medan, sup buntut, pecal, gado-gado, ayam penyet dan bahkan western food, hingga makanan cepat saji seperti pizza, hamburger dan lainnya.

Danau Siombak

Danau Siombak adalah danau buatan yang terletak di Kelurahan Paya Pasir, Medan Marelan, Medan. Danau Siombak terletak di antara dua sungai, yaitu Sungai Deli dan Sungai Terjun. Danau ini merupakan bekas galian untuk pembangunan proyek tol belmera pada tahun 1980.

Air Terjun Dua Warna Sibolangit

Objek wisata di Medan yang juga menyajikan wisata alam yaitu Air Terjun Sibolangit. Air terjun ini memiliki ketinggian 1.270 meter. Jarak air terjun ini dengan pusat kota Medan sekitar 75 km. Warna air yang biru dan putih abu-abu ini tinggal pada satu ruang. Hal ini dikarenakan kandungan belerang dan fosfor. Adapun suasana yang terdapat pada air terjun ini dapat menghangatkan tubuh karena kandungan yang dimiliki tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.