Sukses

6 Potret Rumah Masa Kecil Presiden Jokowi, Sederhana dan Berusia Satu Abad

Rumah masa kecil Joko Widodo yang ditinggali olek kakek dan neneknya itu berusia 100 tahun

Liputan6.com, Jakarta Sebagai pemimpin negara serta orang nomor satu di Indonesia, tentu membuat Presiden Joko Widodo tak lepas dari sorotan publik. Baik dari kinerja hingga kehidupan pribadinya tak lepas dari perhatian masyarakat. Perjuangan dan kisah hidupnya sebelum menjadi Presiden selalu menarik untuk diikuti.

Mulai dari masa kecil, masa sekolah, pengusaha mebel, hingga terjun ke dunia politik yang mengantarkannya menjadi walikota, gubernur, dan Presiden Republik Indonesia berhasil menginspirasi masyarakat. Meski lahir dan besar di Solo, Presiden Jokowi diketahui menghabiskan masa mudanya di beberapa rumah yang ia tempati bersama dengan keluarganya.

Salah satunya ia menghabiskan masa kecilnya di Dusun Gumukrejo, Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali. Bangunan joglo yang ditempati menjadi spesial karena sejarah yang pernah terukir di rumah tersebut. Siapa sangka, rumah sederhana ini milik Wiroredjo dan Sani yang merupakan kakek dan nenek Presiden Joko Widodo.

Di rumah inilah, Presiden Jokowi menghabiskan masa kecilnya bersama ibundanya, Sujiatmi Notomiharjo dan adik-adik perempuannya. Berikut 6 potret rumah masa kecil Presiden Jokowi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (13/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Tampak tempat tinggal masa kecil Jokowi ini berupa rumah sederhana yang dindingnya terbuat dari kayu.

3 dari 7 halaman

2. Diketahui rumah ini berada di Boyolali. Menurut warga sekitar, bangunan ini sudah dipindahkan sebanyak empat kali, namun fasad rumah tersebut masih asli.

4 dari 7 halaman

3. Masuk ke dalam tak ditemukan perabotan, karena rumah tersebut saat ini sudah tidak dihuni.

5 dari 7 halaman

4. Bangunan rumah kayu yang menjadi saksi bisu masa kecil Presiden Joko Widodo itu telah berusia 100 tahun.

6 dari 7 halaman

5. Di samping rumah terdapat sebuah joglo yang masih baru dibangun sekitar 5 tahun lalu.

7 dari 7 halaman

6. Joglo yang diberi nama Joglo Wiroredjo saat ini sering digunakan untuk memfasilitasi warga sekitar, seperti ditempati untuk belajar mengajar hingga disewakan acara hajatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.