Sukses

Profil PT Patco Elektronik Teknologi, Produsen Produk Cetakan Injeksi

PT Patco Elektronik Teknologi adalah perusahaan yang terlibat dalam pembuatan pelapisan logam, dan baterai udara logam yang canggih.

Liputan6.com, Jakarta PT Patco Elektronik Teknologi adalah salah satu perusahaan, yang berlokasi di Cikarang Barat. Perseroan ini kemudian didirikan pada bulan Juni 1994 dan bergerak di bidang manufaktur yang mengkhususkan diri pada cetakan injeksi plastik presisi, perakitan elektronik, dan lilitan kumparan presisi.

Bersamaan dengan Sertifikasi ISO 9001/14001 & 13485, perusahaan ini kemudian mendapatkan status “Green Partner/Procurement” yang diberikan oleh pelanggan seperti Epson, Panasonic, Sony dan Omron. 

PT Patco Elektronik Teknologi merupakan bagian dari Senjaya Group, yang terlibat dalam pembuatan pelapisan logam, baterai udara logam canggih, serta distribusi sistem profesional dan penyiaran. Patco juga menyediakan layanan pembuatan kontrak untuk produsen peralatan asli (OEM), di bidang elektronik medis, elektronik konsumen, dan industri otomotif.

PT Patco juga memiliki strategi pertumbuhan, dalam mempromosikan kemampuan sebagai penyedia layanan manufaktur elektronik terkemuka dengan solusi ONE-STOP. Sejak berdirinya, perusahaan ini mendapatkan sejumlah penghargaan, salah satunya RESMED MOTOR TECHNOLOGIES, USA kategori Pemasok Teratas. 

Berikut ini produk dan layanan PT Patco Elektronik Teknologi yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (16/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal PT Patco Elektronik Teknologi

PT Patco Elektronik Teknologi, berlokasi di Cikarang Barat yang didirikan pada bulan Juni 1994. Perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur ini, mengkhususkan diri pada cetakan injeksi plastik presisi, perakitan elektronik, dan lilitan kumparan presisi. Bersamaan dengan Sertifikasi ISO 9001/14001 & 13485, perseroan ini kemudian mendapatkan status “Green Partner/Procurement” yang diberikan oleh pelanggan seperti Epson, Panasonic, Sony dan Omron.

PT Patco Elektronik Teknologi adalah bagian dari Senjaya Group, yang terlibat dalam pembuatan pelapisan logam, baterai udara logam canggih, serta distribusi sistem Profesional dan Penyiaran, Solusi Sistem Keamanan dan sistem Komunikasi. Perusahaan ini juga membentuk kemitraan manufaktur yang strategis, dengan jangka panjang pelanggan terdepan.

Beberapa sertifikat yang dimiliki oleh PT Patco Elektronik Teknologi adalah sebagi berikut: 

- ISO 13485 : Sistem Mutu Alat Kesehatan 2016

- Bersertifikat ISO 9001: 2015

- Bersertifikat ISO 14001: 2015

- Pemasok Hijau OMRON MANUFACTURING INDONESIA

- Produk Ramah Lingkungan

Beberapa penghargaan PT Patco Elektronik Teknologi sebagai berikut:

- Vendor Terbaik EPSON INDUSTRI INDONESIA

- Kualitas Terbaik YAMAHA MOTOR ELECTRONICS INDONESIA

- Penghargaan Pemasok Teratas RESMED MOTOR TECHNOLOGIES, USA

- Penghargaan Best Supplier OMRON MANUFACTURING INDONESIA

3 dari 4 halaman

Produk PT Patco Elektronik Teknologi

Adapun beberapa produk PT Patco Elektronik Teknologi, yang terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya: 

- Plastic Injection Molding (Cetakan injeksi plastik)

Produk cetakan injeksi palsatik ini adalah bisnis inti, yang memainkan peran pendukung untuk bisnis inti lainnya dari Coil Winding dan Plastic Component Assembly. Untuk jalur injeksi, PT Patco memiliki 108 unit mesin cetak injeksi plastik presisi, dari 20T hingga 650T termasuk 47 unit mesin cetak injeksi elektrik presisi tinggi, hemat energi, dan elektrik penuh.

- Plastic Injection Molding Product Part (Bagian produk cetakan injeksi plastik)

PT Patco menggunakan semua jenis bahan plastik dan grade seperti ABS, PBT, PC, PC-ABS, HIPS, PA, POM, PPE, PMMA, Elastomer, ABS+PBT, PS, PP, PET, PPO dalam proses produksinya. 

 

- Mechanism & Plastic Component Assembly (Mekanisme dan perakitan komponen plastik)

PT Patco mengoordinasikan dan mengumpulkan semua bagian, dari berbagai sumber internal dan eksternal melalui pengadaan global dan dukungan Teknik. Kami merakit mekanisme printer dot matrix,  serta melakukan perakitan unit Pengumpan Dokumen Otomatis (ADF), unit Pemindai dan unit Duplex untuk printer Inkjet.

- Rakitan Produk Printer 

Perusahaan ini memulai perakitan lengkap printer dot matrix untuk Epson, yaitu LQ-310 dan LQ-350

a. Dot Matriks LQ-310

b. Dot Matriks LQ-310

c. Dot Matriks LQ-350

d. Dot Matriks LQ-350

- Presisi Coil Winding

Perusahaan ini menyediakan layanan seperti

a. Coil Manufacturing untuk Relay

b. Defleksi York

c. Transformer

d. Ignition Coil

e. Core-less Coils.

- Bagian Gulung Coil

a. Relay Coil (Elektronik)

b. Koil Selenoid (Elektronik)

c. Melangkah Motor (Elektronik)

d. Balance Coil (Elektronik)

e. Koil Pengapian (Otomotif)

- Komponen Kesehatan

Merakit motor rotor dan stator, untuk motor berteknologi tinggi yang memiliki inersia rendah. Ada juga motor dua tahap, untuk mendukung peralatan perawatan kesehatan yang diproduksi oleh ResMed Motor Technologies, USA.

4 dari 4 halaman

Sistem Manajemen PT Patco Elektronik Teknologi

Setelah mengenal PT Patco Elektronik Teknologi dan beberapa produknya, maka tersedia sistem manajemen yang ada di perseroan ini.  

Presiden Direktur Lo Hengky Senjaya

Presiden Direktur Lo Hengky Senjaya, menjadi Presiden Direktur Patco pada 30 Juli 2012. Hubungannya dengan Patco dimulai pada Agustus 1997 sebagai pemegang saham. Dia adalah pendiri dan pemilik Senjaya Group yang berbasis di Indonesia, diantaranya:

- PT Senjaya Tunggal Sakti (Perusahaan Induk)

- PT Senjaya Bersama Utama (Distribusi Sistem Profesional dan Penyiaran)

- PT Senjaya Solusi Sekurindo (Total Security System Solution)

- PT Mitra Raharja Sejahtera (Investasi)

- PT Zensho Indonesia (“Rantai Restoran SUKIYA”)

- PT Motion Blue Indonesia (Hiburan)

Direktur LO Jason Senjaya

Lo Jason Senjaya adalah Direktur Patco per Januari 2019. Sebelum bergabung dengan Patco sebagai Direktur, Jason adalah komisaris Perusahaan dari tahun 2014 hingga tahun 2018. Jason bergabung dengan Grup Senjaya pada tahun 2014 dan terlibat dalam berbagai operasi Grup. Jason saat ini juga menjabat sebagai Direktur Perusahaan lain di Senjaya Group, yaitu:

- PT Senjaya Gobel Solusindo

- PT Senjaya Bersama Utama

- Perusahaan Solusi untuk layanan B2B dan layanan B2G

Direktur & CFO Pawan Kumar Birla

Pawan Kumar Birla adalah Direktur Keuangan Patco dan mengepalai Keuangan, Pengadaan, IT/MIS dan SDM. Dia bergabung dengan Patco pada Januari 2001 sebagai CFO dan dilantik menjadi Dewan Direksi Patco pada tahun 2003. Birla bekerja selama 9 tahun di posisi manajemen senior di Nugra Santana Group Indonesia. Birla juga mengepalai departemen keuangan dan komersial selama 6 tahun di perusahaan publik Birla Group di India dan 5 tahun di Grup Indo-Rama di Thailand. Birla adalah anggota non-praktisi dari Institute of Chartered Accountants of India dan memiliki gelar Bachelor of Commerce dari Shri Ram College of Commerce (SRCC), Universitas Delhi, India.

Direktur & COO Tadashi Otsuka

Tadashi Otsuka adalah Direktur Produksi Patco, yang mengepalai semua departemen produksi Perusahaan. Dia bergabung dengan Patco pada April 1997 dan selama beberapa tahun ditugaskan di perusahaan asosiasi Patco. Otsuka juga ahli dalam pengoperasian Coil Winding. Sebelum bergabung dengan Patco, Otsuka menghabiskan 16 tahun di KDN TRUST Group of Japan, pembuat lilitan kumparan terkemuka. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.